Cerita Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia
tugas bahasa indonesia menceritakan pengalaman pribadi yang paling menakutkan.Tolong bantu!
1. tugas bahasa indonesia menceritakan pengalaman pribadi yang paling menakutkan.Tolong bantu!
Saya bantu cuma sedikitya sama ngasih tips:
1.Cari ide cerita dulu maksudnya cari apa yg mau diceritakan
2.Tentukan judul misalnya Misteri Gambelan di Sekolah
3.Buat kerangka karangan biar tidak berulang-ulang
4.Tambahkan kata-kata penutup pada akhir cerita
5.Buatlah cerita paling menyeramkan dalam hidupmu
6.Kalau belum tahu apa yang mau diceritakan,bisa diambil dari pengalaman pribadi yang menurutmu menyeramkan..
Contoh cerita:
Misteri Gambelan di Sekolahku
Hari ini hari Sabtu.Aku bersama temanku sedang istirahat makan siang.Kami makan siang di depan Ruang Musik,disana ada tempat duduk.Kami mengobrol tentang beberapa hal-hal yang lucu.Tiba-tiba terdengar suara gambelan khas Bali.Lalu bulu kudukku merinding.Bunyi gambelan itu cukup lama terdengar,awalnya aku mengira ada orang yg memainkannya di Ruang Musik.Tapi setelah kulihat tidak ada siapa-siapa.Segera kuambil ancang-ancang lari.Aku secepat kilat berlari bersama kedua temanku.Ini merupakan pengalaman yang paling menakutkan yang tidak akan pernah kulupakan.
Demikian cerita saya,bila ada kesalahan ucapan atau kalimat mohon dimanfaatkan.Terima Kasih..
Semoga membantu..Selamat menulis cerita..
2. tulislah sebuah karangan yang menceritakan tentang pengalaman pribadi mu dalam 3paragraf.dalam bahasa indonesia.??tolong bantu dong-
Jawaban:
saya benah berki ke pasar iku ibu untuk mebeli ikan
ikuajfwooogwo naotw ugsohguw jufwoyywog
hsiigyiogoggogogsoggiogfh heiyeijfdiu ueufeitw
3. Ada yg bisa buatin cerita pengalaman pribadi tentang berenag bersama keluarga gk , dalam bahasa inggris ke indonesia
Last Sunday, I and my family went to local Swimming. It was "KOLAM RENANG JUNJUNG BUYAH". We went to there by a car. The car drove by my uncle, Mr. Jamil. We didn't forget to bring snacks to filling our stomach when the hungriness coming up.
Only 30 minutes, we arrived. This place was really warm and awesome. I can saw so many people jumped to the water and played water with their water-gun. Then, we looked for the locket and my father payed the ticket for us (5 people. They were: me, Nictya, Mr. Jamil, Mrs. Zizah, and Zeen.
4. Materi : Pengalaman PeribadiBahasa Indonesia3.6 Mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi.4.6 Menyajikan hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi secara lisan, tulis,dan visual.Mohon jawab donk plsss
Jawaban:
audio visual
Penjelasan:
maaf kalo salah semoga bermanfaat
5. ugas PB 6 Muatan Bahasa Indonesiaenuliskan Cerita Fiksi Berdasarkan Pengalaman Pribadi1. Tulikan pengalamanmu yang menurutmu paling menarik dan paling kamu sukal.2. Kemudian rencanakan sebuah cerita fiksi berdasarkan pengalaman pribadimu itul3. Tentukan judul ceritanya, tokoh-tokoh yang akan diceritakan.4. Buatlah kerangka jalan cerita dalam bentuk bahan yang berisi bagian awal, bagian tengah, danbaglan akhir cerita.5. Setelah itu, buatlah cerita dengan mengembangkan paragraf-patagraf berdasarkan kerangkacerita yang sudah kamu buat dalam bentuk bahan.
Jawaban:
1.pengalaman paling menarik adalah membuat cerita fiksi bersama teman teman
2.rencana cerita fiksi adalah
1.harus tau yg akan di ceritakan dan judulnya
3.SI KANCIL YG PINTAR(JUDUL)
KANCIL,HARIMAU,PEMBURU,DAN HEWAN LAIN"
4.
6. ugas PB 6 Muatan Bahasa Indonesiaenuliskan Cerita Fiksi Berdasarkan Pengalaman Pribadi1. Tulikan pengalamanmu yang menurutmu paling menarik dan paling kamu sukal.2. Kemudian rencanakan sebuah cerita fiksi berdasarkan pengalaman pribadimu itul3. Tentukan judul ceritanya, tokoh-tokoh yang akan diceritakan.4. Buatlah kerangka jalan cerita dalam bentuk bahan yang berisi bagian awal, bagian tengah, danbaglan akhir cerita.5. Setelah itu, buatlah cerita dengan mengembangkan paragraf-patagraf berdasarkan kerangkacerita yang sudah kamu buat dalam bentuk bahan.
Jawaban:
kerangkanya aj gpp ya...
jadi gini..ntar paragraph 1 tentang waktu kejadian
ke 2 tentang proses terjadinya
ke 3 tentang keadaan sekita
yg ke 4 akhir peristiwa
7. Tuyas 1: Mengidentifikasi Ciri Surat PribadiPerhatikan contoh surat pribadi berikut!NuaiTeruntuk Sahabat Baikku, Vinadi SumatraJakarta, 15 Desember 2019Salam bahagia selalu,Hai Vin, apa kabar? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kabarmu juga baik-baik saja. Kitasudah lama ya tidak bertemu. Aku benar-benar sudah tak sabar ingin kembali bertemu denganmuuntuk sekadar bercerita tentang pengalaman-pengalaman kita. Pasti sekarang kamu tambahcantik dan dewasa. Aku mau bercerita tentang kehidupanku yang sekarang, aku betah sekaliunggal di tempat ini walaupun awalnya sangat susah untuk adaptasi. Maklumlah karena hirukpikuknya Jakarta yang sangat sesak dan kurang ramah.Aku sangat meridukanmu, Vin. Rindu dengan semua kehidupan dan kebiasaan di desa. Jugasangat rindu dengan teman-teman semua yang ada di sana. Saking kangennya, aku jadi bermimpibahwa semalam kita bermain bersama.Oh iya, kebetulan ada kabar yang baik untukmu. Kini aku sudah diterima di Universitas Indonesiadi jurusan kajian Perempuan. Aku berhasil bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pendaftaryang lain loh. Aku belajar dengan sangat giat untuk itu dan karena itu aku berhasil diterima diuniversitas yang dulu kau bilang sangat bagus ini.Vin, kamu harus belajar dengan sangat giat agar hidupmu diberi kemudahan. Jangan lupa pulauntuk berdoa supaya cita-citamu dikabulkan. Yakinlah aku senantiasa mendoakanmu dari sini.Aku akan tunggu kamu di sini. Dan kamu harus semangat, ya.Aku kira cukup sampai di sini dulu kabar dan harapan dariku. Semua keluargaku titip salam kepadamu.Semoga suskes selalu dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.Sahabatmu,lesInezJawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!1. Bagaimana ragam bahasa yang digunakan dalam surat pribadi di atas?Jawab:2. Apakah tujuan penulis menulis surat tersebut?Jawab:3. Apa saja bagian-bagian surat secara umum yang terdapat pada surat tersebut?Jawab:Apakah surat di atas bahasanya komunikatif?Jawab:5. Mengapa dalam menulis surat harus menggunakan bahasa yang komunikatif?Jawab:
Jawaban:
1.Bahasa sehari hari
2.Menanyakan kabar dan memberi kabar
3.unsur:
*Tanggal surat
*alamat surat
*Pembuka surat
*Pendahuluan
*Isi
*Penutup surat
*Nama pengirim
*Tanda tangan pengirim
4.Iya
5.Agar dapat berkomunikasi dengan jelas,dan agar pembaca mengerti apa yang pengirim katakan
8. tolong buatkan cerita pengalaman pribadi menggunakan bahasa Sunda ,, kalau bisa artikan ke dalam bahasa Indonesia. Minimal 6 paragraf , 1 paragrafnya 4 baris
unggal dinten abdi icalan di sakola kggo ngbntosan pun biang.abdi icaln gorengan rerencangan abdi sok maleser unggl dinten oge...setiap hr sy jualan di sekolah buat ngbntuin org tua/ibu.sy berjualan gorengn temn2 semua suka beli stiap hr
9. Bahasa Indonesia (KD 3.10)UraianKurikulumPilihan GandaIslan1-51-51-5Kurikulum KhususKurikulum 20131-51-51-5A. Pilihlah jawaban yang tepat!PARISPenggalan cerita berikut untuk soal nomor 1-3.Dewi membaca cerita fiksi "PengalamanPertama Naik Kereta Api". Cerita tersebutberkisah pengalaman pertama tokoh utamabernama Farida naik kereta api saat berkunjungke rumah neneknya. Tokoh utama ketiduransehingga tidak bisa turun di stasiun tujuan.Pengalaman tokoh utama tersebut miripdengan pengalaman pribadi Dewi. Liburan tahunlalu, Dewi dan keluarganya naik kereta api saatberkunjung ke Malioboro. Dewi sangat gembirakarena pertama kali naik kereta api.Persamaan antara cerita fiksi tersebut denganpengalaman pribadi Dewi adalah .a. Ketiduran saat naik kereta api.Naik kereta api pertama kali.C. Ketertarikan naik kereta api.d. Liburan ke Malioboro.2.Peristiwa yang sesuai dengan isi ceritaadalah ...a. Dewi pernah ketiduran saat naik keretaapi.b. Farida naik kereta api bersama orangtuanya.C. Dewi naik kereta api saat mengunjungiMalioboro,d. Farida naik kereta api saat berkunjungke Malioboro.3. Latar suasana pada cerita tersebut adalahC. bahagiad. khawatirPenggalan cerita berikut untuk soal nomor 4dan 5.Siang tadi Tania mendengarkan beritatentang gerhana Bulan. Menurut narasumber,gerhana Bulan akan terjadi nanti malam. Nadiapun mempersiapkan peralatan untuk mengamatigerhana BulanMalam harinya Nadia bersama keluarganyaduduk di halaman untuk menyaksikan gerhanaBulan. Lama Tania menunggu, tapi tidakterlihat apa-apa di langit. Tania sedih. la gagalmenyaksikan fenomena alam itu yang cukuplangka itu4. Konflik dalam cerita tersebut adalah ...a. Tania gagal menyaksikan peristiwagerhana Bulanb. Tania takut menyaksikan preistiwagerhana Bulan.Tania tidak bisa menyaksikan Bulanpurnama.d. Tania ketiduran saat gerhana Bulanterjadi.5. Peristiwa tersebut terjadi pada ....a. pagi dan siang harib. siang dan sore haric. sore dan malam harid. siang dan malam hariPIRLSC.a takutb. sedih(112)Tokoh Ponjelajah Angkasa Luar
Jawaban:1.b , 2c ,3c , 4a, 5d
Penjelasan:
10. SOAL EVALUASI BAHASA INDONESIABacalah materi atau teks yang berjudul Desa Wisata Kasongan dibuku Bupena 60 ialu isilah soal soal diBawah ini1 Menurutmu pengalaman pribadi apakah yang digunakan untuk membuat cerita tersebut?2. Tulislah Tokoh Tokoh yang terdapat dalam certa tersebut3. Tulisian waktu dan tempat kejadiannya!
Jawaban:
ceritanya mana
Penjelasan:
-----.....-----
11. Bahasa Indonesia (KD 3.10)• Ayo, mengerjakan soal-soal di bawah ini dengan tepat!1. Apa yang dimaksud dengan teks fiksi?Jawab:2. Sebutkan contoh-contoh teks fiksi!Jawab:3. Sebutkan unsur-unsur cerita pendek (cerpen)!Jawab:4. Mengapa cerpen termasuk teks fiksi?Jawab:5. Bagaimana cara mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam teks fiksi dengan pengalamanpribadi?Jawab:: TOLONG DI JAWAB SECEPATNYA|:
Jawaban:
1) teks fiksi = karta sastra yang berisi cerita yang bersifat angan angat ,fantasti atau tidak nyata
2)contoh teks fiksi =Dongeng,Novel,Legenda
3)unsur unsur cerpen= intrinsik=Tema,tokoh dan penokohan,alur,latar,sudut pandang,gaya bahasa,amanat
4)mengapa cerpen termasuk teks fiksi?karena berasal dari khayalan penulis
5)kita harus mempelajari reaksi penulis ketika mengalami peristiwa
12. Bahasa Indonesia kelas 10 pandai diskusi.Berikut ini kalimat yang menceritakan pengalaman pribadi adalah....A. Pada awal masuk sekolah, aku bertemu dengan teman-teman baru. Aku berkenalan dengan ikhlas. Kami menjadi sahabat baik sampai sekarang.B. Dalam keadaan matang, buah mangga kaya akan vitamin C, A, dan kalsium. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar ditambah sumber nutrisi lain, buah ini dapat membantu memperkuat tulang.C. Setelah musibah terjadi di Sumatera Utara, masyarakat kini lebih menyadari betapa pentingnya kelestarian hutan dan keseimbangan ekosistem.D. "Belum ada upaya yang dilakukan untuk menertibkan penambangan ilegal. Hal ini menjadi kewenangan pemerintah kota dan kabupaten, " kata Syaiful.E. Dengan adanya teknologi pengolahan limbah, seharusnya tidak terjadi lagi pencemaran lingkungan akibat pembuangan limbah sembarangan.JAWABNYA TELITI YA!
A ini jawabanku........A udah pasti kan menceritakan pengalaman diri sendiri di sekolah
13. 1. buat cerita pribadi tentang hak dan kewajiban terhadap tumbuhan (PKN)2. buat tabel kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam ( IPA)3.buatlah tabel pekerjaan sesuai dengan lingkungan tempat tinggal (IPS)4. membuat laporan hasil wawancara bahasa buku (wawancara jenis pekerjaan) ( BAHASA INDONESIA)mohon bantuannya banget..makasi!
1 hak tumbuhan adalah tidak boleh dirusak Dan selalu dijaga buat cerita ya Dari pengalaman Di atas y , maaf kalo salahWinda setiap sore hari pergi ke taman dekat rumahnya. Ia selalu menjaga tumbuhan di
taman itu demi kebaikan bersama. Suatu hari,
ia dirayu Fany untuk memetik bunga di taman itu untuk bermain masak - masakan. Tapi, Winda menolaknya. Winda berkata kepada Fany. Fany, kita tidak boleh memetik bunga
sembarangan. Tumbuhan jika kita petik sembarangan (untuk hal yang tidak perlu)
akan merugikan orang lain dan kita seperti
hilangnya keindahan dan keasrian suatu tempat. Jadi, kita harus bisa menjaga kelestarian tanaman.
SEMOGA MEMBANTU
14. Para remaja di Indonesia kini tengah menyukai novel teenlit. Kalimat sanggahan yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah...A.Para remaja di Indonesia saat ini memang menyukai teenlit karena menceritakan dunia remaja B.Para remaja di Indonesia menyukai teenlit karena isi cerita dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis C.Teenlit memang menarik,tetapi tidak semua remaja menyukainya.Ada beberapa remaja yang lebih memilih novel dengan bahasa lebih berat D.Novel yang menarik remaja pasti dibuat oleh penulis yang sangat cerdik dalam mengolah kata-kata menjadi sebuah cerita sehingga menarik untuk dibaca
C.Teenlit memang menarik,tetapi tidak semua remaja menyukainya.Ada beberapa remaja yang lebih memilih novel dengan bahasa lebih berat
15. Kerjakan soal-soal berikut!Muatan Bahasa Indonesia KD 3.10Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 - 5!Kerang Lautsiswa kelas 6 akan mengadakan pepisahan dengan melakukan karya _________(1) Mereka akan berwisata ke pantai Pangandaran. Setibanya di pantai, para siswa yang didampingi guru bermain pasir dan bermain di pinggir pantai. Lani mengumpulkan kerang-kerang yang berada di pantai dan membawanya pulang.Lani berencana untuk membuat hiasan kamar dari kerang-kerang yang ia bawa pulang tersebut1. Kata yang tepat untuk melengkapikalimat di atas adalah________________2. Teks di atas bercerita tentang _______________________________________3. Tulislah tujuan wisata siswa kelas 6 pada cerita di atas!4. Adakah pengalaman pribadi atauorang di sekitarmu yang mirip dengancerita di atas? Tulislah persamaan danperbedaannya!5. Tulislah pengalaman pribadimu yangberkaitan dengan tempat wisata!
Jawaban:
1.pariwisata
2. kelas 6 yang mengadakan perpisahan
3.perayaan perpisahan kelas 6
4.guru, teman sekelas
5.kelas kami mengadakan ujian kelulusan
tapi syukurlah sudah selesai lalu guru mengumumkan kelas kami akan ketempat wisata
candi Borobudur semua orang terlihat gembira setelah ujian yang menyusahkan ini pariwisata akan dilaksanakan setelah beberapa Minggu
lalu hari itupun tiba kami melihat banyak hal contoh nya:patung,realief,gajah, rusa, dll bahkan ada orang luar negeri yang datang ke sini semua nya tampak bersenang senang lalu pariwisata pun usai
Penjelasan:
semoga bermanfaat
maaf kalau ada yang salah
Posting Komentar untuk "Cerita Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia"