Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Agama Kelas 10 Beserta Jawaban


Soal Agama Kelas 10 Beserta Jawaban

soal agama kristen kelas 10 semester 1 beserta jawabannya

Daftar Isi

1. soal agama kristen kelas 10 semester 1 beserta jawabannya


Kitab efesus dan kolose paulus menggambarkan suami sebagai


2. Selasa, 9 februari 2021 Assalamualaikum. Selamat pagi. *Awali dengan membaca Bismillah dan do'a sebelum belajar.* Untuk pembelajaran hari ini Tematik, mohon tulis soal beserta jawabnya di buku tematik yg rapi ! Nama: Kelas: Hari/Tanggal: 1. Tuliskan enam agama resmi di Indonesia beserta hari raya keagamaannya ! 2. Jelaskan tentang trikerukunan umat beragama ! 3. Apa manfaat gerak tubuh pada deklamasi puisi ? 4. Buatlah tiga judul puisi yang sesuai dengan gambar tersebut! 5. Jelaskan yang dimaksud inseminasi buatan! 6. Apa tujuan reboisasi ? 7. Apa manfaat bauksit ? 8. Dimana persebaran salah satu jenis rempah-rempah pada gambar disamping ? 9. Apa yang dimaksud sketsa dan apa kegunaannya? 10. Tuliskan macam-macam kerajinan dua dimensi yang dibuat dengan teknik tempel ! Terimakasih ♡ Semangat belajar ♡ NB: bila ada yg ditanyakan silahkan japri ibu ya!


Jawaban:

1. Agama Islam = Idhul Fitri, Idhul Adha, Tahun Baru Hijriyah, Isra Mi'Raj.

Agama Kristen = Natal, Paskah, Panthekosta, Hari Jumat Agung, Kenaikan Isa Almasih, Wafat Isa Almasih.

Agama Katolik = Natal, Paskah, Panthekosta

Agama Hindu = Nyepi, Saraswati, Galungan, Kuningan, Pagerwesi, Saraswati

Agama Budha = Waisak, Asadha, Kathina, Maghapuja, Ulambana

Agama Konghuchu = Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh, Cheng Beng, Peh Cun.

2. Nan rukun

3. dari deklamasi adalah untuk mengutarakan pemikiran atau kebijakan yang terdapat dalam suatu puisi disertai gaya dan gerak tubuh untuk memperkuat penyampaian, sehingga maksud dan nilai-nilai keindahan yang terucap keluar dan di dengar oleh orang lain

4. Terang benderang tanpa pepohonan

Kau siratkan makna keplontosan

Mungkin kulitmu rasakan panas

Keringatpun mengalir bebas

Air hujan mengalir deras

Basahi muka dan badanmu

Kuyupmu ancam anak cucuku

Basahmu rancang bencanaku

Gundulmu sebab keringku

Membuang air minumku

Gundulmu awal mula kegelapan

Sumber bencana alam

5. pada sapi (kawin suntik) adalah suatu cara atau teknik untuk memasukkan mani (spermatozoa atau semen) yang telah dicairkan dan telah diproses terlebih dahulu yang berasal dari ternak jantan ke dalam saluran alat kelamin betina dengan menggunakan metode dan alat khusus yang disebut 'insemination gun'

6. melakukan penghijauan kembali agar alam menjadi hijau dan biasanya dilakukan di hutan yang sudah menjadi gundul agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Hutan ini memiliki fungsi sebagai penyimpan cadangan air, pelindung manusia dan juga aneka satwa

7. dalam kehidupan sehari-hari antara lain : Membuat aluminium dalam pembuatan badan pesawat terbang dan perabotan rumah tangga. Membuat kemasan makanan dalam tin. Membuat struktur atap pabrik, rumah dan gedung

8. Maaf gak tau ini

9. merupakan sebuah gambaran kasar dan ringan yang dapat digunakan untuk bisa mengawali atau sebagai kerangka sebuah penggarapan karya lukis

10. kolase, mozaik, montase

Penjelasan:

Btw semoga bermanfaat:) maaf klo salah ini


3. Selasa, 9 februari 2021 Assalamualaikum. Selamat pagi. *Awali dengan membaca Bismillah dan do'a sebelum belajar.* Untuk pembelajaran hari ini Tematik, mohon tulis soal beserta jawabnya di buku tematik yg rapi ! Nama: Kelas: Hari/Tanggal: 1. Tuliskan enam agama resmi di Indonesia beserta hari raya keagamaannya ! 2. Jelaskan tentang trikerukunan umat beragama ! 3. Apa manfaat gerak tubuh pada deklamasi puisi ? 4. Buatlah tiga judul puisi yang sesuai dengan gambar tersebut! 5. Jelaskan yang dimaksud inseminasi buatan! 6. Apa tujuan reboisasi ? 7. Apa manfaat bauksit ? 8. dimana persebaran salah satu jenis rempah-rempah pada gambar disamping ? 9. Apa yang dimaksud sketsa dan apa kegunaannya? 10. Tuliskan macam-macam kerajinan dua dimensi yang dibuat dengan teknik tempel ! Terimakasih ♡ Semangat belajar ♡ NB: bila ada yg ditanyakan silahkan japri ibu ya!


Jawaban:

1. Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu

2.Tri kerukunan umat beragama merupakan konsep nan digulirkan oleh pemerintah Indonesia dalam upaya menciptakan kehidupan masyarakat antar umat beragama nan rukun

3.untuk mengutarakan pemikiran

4. Ga ada gambarnya

5. Proses memasukkan sel sperma hewan jantan ke alat reproduksi hewan betina dg bantuan alat suntik

6. penghijauan kembali agar alam menjadi hijau

7. Membuat aluminium dalam pembuatan badan pesawat terbang dan perabotan rumah tangga.

8. Ga ada gambarnya

9. Sketsa merupakan sebuah gambaran kasar dan ringan yang dapat digunakan untuk bisa mengawali atau sebagai kerangka sebuah penggarapan karya lukis.

10. Montase, kolase, mozaik.

Penjelasan:

Semoga bener


4. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen Kelas/Semester : 5/2 Hari/tanggal : Jumat, 25 Februari 2022 Jawablah soal-soal berikut ini dengan lengkap! 1. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang perubahan diri? 2. Perubahan apa yang dialami Saulus sebelum dia menjadi Paulus? 3. Mengapa perubahan diperlukan oleh manusia? 4. Mengapa Allah disebut Roh? 5. Jelaskan tugas Roh Kudus ? 6. Buktikan 3 hal yang kamu rasakan disertai Roh Kudus ? 7. Sebutkan 2 contoh melayani secara jasmani? 8. Sebutkan 2 contoh melayani secara rohani? 9. Jelaskan arti melayani? 10. Sebutkan 5 resiko yang siap kita terima dalam melayani? Catatan : jangan ngasal yah please


jawabanya ada di atas

Penjelasan:

semogamembantujadikanyangtercerdas

5. KKG GUGUS II KIHAJAR DEWANTARA KECAMATAN SUNGAI BAHAR LEMBAR SOAL UJIAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) I TAHUN PELAJARAN 2021/2022 KURIKULUM 2013 Tema Kelas/Semester : 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) : VI (Enam ) 1 (satu/ganjil) Berilah tanda silang (x) pada a, b, c atau d pada jawaban yang benar pada lembar jawaban! PPKn KD 3.1. Menganalis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari 1. Percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan bentuk pengamalan sila ke ... A. 1 B. 2 C. 3 D.4 2. Siti memakai sepatu kulit yang dibuat oleh pengrjin sepatu di Bandung. Sikap Siti yang Menggunakan produk dalam negeri sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ke... A. B. 2 C.3 D. 4 3. Para pahlawan rela mengobankan jiwa dan raganya untuk kepentingan ... A Pribadi B. Kelompok C. Keluarga D. Bangsa dan negara 4. Sikap yang dapat ditunjukkan ketika ada teman yang berbicara saat musyawarah adalah... A. Menyela B. Mendengarkan C. Menyalahkan D. Menghina 5. Contoh pelaksanaan musyawarah di lingkungan masyarakat adalah... A. Membuat undang-undang C. Menentukan jadwal siskamling B. Memilih ketua kelas D. Menentukan tempat rekreasi keluarga 6. Dalam musyawarah ada berbagai pendapat yang disampaikan oleh peserta msyawarah. Sikap yang tepat yang harus dilakukan seorang pemimpin rapat... A. Mempertimbangkan dalam waktu lama C. Mencari titik temu secara bijaksana B. Menerima pendapat yang menguntungkan D. Menolak semua pendapat 7. Bunyi sila Pancasila sesuai lambang padi dan kapas adalah ... A. Ketuhanan Yang Maha esa C. Persatuan Indonesia B. Kemanusiaan yang adil dan beradab D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 8. Contoh tindakan yang sesuai dengan nilai Pancasila adalah ... A. Mengejek teman yang tidak mampu C. Memuji teman yang mendapat juara B. Mengajak teman membolos D. Memberi jawaban kepada teman saat ujian 9. Melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya merupakan pengamalan Pancasila yang dilambangkan dengan ... A. Bintang B. Rantai C. Kepala banteng D. Pohon beringin 10. Tidak memaksakan kehendak saat berdiskusi sesuai dengan lambang Pancasila ... A. Bintang B. Rantai C. Kepala banteng D. Pohon beringin​


Pertanyaan

1. Percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan bentuk pengamalan sila ke ..

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

2. Siti memakai sepatu kulit yang dibuat oleh pengrjin sepatu di Bandung. Sikap Siti yang Menggunakan produk dalam negeri sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ke...

A.

B. 2

C. 3

D. 4

3. Para pahlawan rela mengobankan jiwa dan raganya untuk kepentingan ...

A Pribadi

B. Kelompok

C. Keluarga

D. Bangsa dan negara

4. Sikap yang dapat ditunjukkan ketika ada teman yang berbicara saat musyawarah adalah...

A. Menyela

B. Mendengarkan

C. Menyalahkan

D. Menghina

5. Contoh pelaksanaan musyawarah di lingkungan masyarakat adalah...

A. Membuat undang-undang

B. Menentukan jadwal siskamling

C. Memilih ketua kelas

D. Menentukan tempat rekreasi keluarga

6. Dalam musyawarah ada berbagai pendapat yang disampaikan oleh peserta msyawarah. Sikap yang tepat yang harus dilakukan seorang pemimpin rapat...

A. Mempertimbangkan dalam waktu lama B. Mencari titik temu secara bijaksana

C. Menerima pendapat yang menguntungkan

D. Menolak semua pendapat

7. Bunyi sila Pancasila sesuai lambang padi dan kapas adalah ...

A. Ketuhanan Yang Maha esa

B. Persatuan Indonesia

C. Kemanusiaan yang adil dan beradab

D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

8. Contoh tindakan yang sesuai dengan nilai Pancasila adalah ...

A. Mengejek teman yang tidak mampu

B. Memuji teman yang mendapat juara

C. Mengajak teman membolos

D. Memberi jawaban kepada teman saat ujian

9. Melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya merupakan pengamalan Pancasila yang dilambangkan dengan ...

A. Bintang

B. Rantai

C. Kepala banteng

D. Pohon beringin

10. Tidak memaksakan kehendak saat berdiskusi sesuai dengan lambang Pancasila ...

A. Bintang

B. Rantai

C. Kepala banteng

D. Pohon beringin

Jawaban :

1.) A. 1

2.) C. 3

3.) D. Bangsa dan negara

4.) B. Mendengarkan

5.) B. Menentukan jadwal siskampling

6.) B. Mencari titik temu secara bijaksana

7.) D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

8.) B. Memuji teman yang mendapat juara

9.) A. Bintang

10.) C. Kepala banteng

Penjelasan

- Sila pertama pancasila dilambangkan dengan bintang berwarna emas.sila ini berbunyi "Ketuhanan yang maha esa" Itu artinya,bangsa Indonesia merupakan bangsa yg beragama,yaitu percaya kepada Tuhan yg maha esa.Bangsa Indonesia juga menjamin kebebasan bagi setiap warga negara dan penduduknya untuk menganut agama dan menjalankan ibadah sesuai keyakinannya.

-sila kedua pancasila di lambangkan dengan rantai emas yang berlatar belakang warna merah.Sila ini berbunyi "Kemanusiaan yang adil dan beradab".Itu artinya bahwa hakikatnya nilai sila kedua pancasila menitikberatkan pada nilai kemanusiaan.

-Sila ketiga pancasila dilambangkan dengan pohon beringin.Sila ini berbunyi "Persatuan Indonesia".Itu artinya bahwa hakikatnya yaitu persatuan dan kesatuan.perbedaan dalam masyarakat tidak menjadi penghalang untuk menciptakan persatuan.

-Sila keempat pancasila dilambangkan dengan kepala banteng.Sila ini berbunyi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikman kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwkilan".Itu artinya sila keempat mengandung nilai musyawarah dalam membuat keputusan bersama dan menghormati perbedaan.

-Sila kelima pancasila dilambankan dengan padi dan kapas.Sila ini berbunyi "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia".Ini artinya bersikap adil dengan menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.simbol padi dan kapas mempunyai makna bahwa keduanya merupakan kebutuhan dasar manusia,yaitu pangan dan sandang demi mencapai kemakmuran.

_________________________

Semogamembantu...

_________________________


6. PTS KELAS VIII SMP NEGERI 58 SURABAYA SEMESTER GENAP TP. 2020... (P58 8AB PPKN (DWI SAGITARINI W)) MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PKn) KELAS : VIII (DELAPAN) HARI / TANGGAL : Rabu, 3 Maret 2021 WAKTU : 07.00 - 08.30 (90 menit) JUMLAH SOAL : 25 soal Tata Tertib Peserta Penilaian Tengah Semester Berbasis Daring : 1. Siswa hanya bisa mengerjakan sebanyak satu kali 2. Nama yang muncul dalam database adalah nama pemilik akun 4. Selama Penilaian Tengah Semester Berbasis Daring berlangsung peserta dilarang: a. Menanyakan jawaban soal kepada siapapun b. Bekerja sama dengan peserta lain c. Memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal d. Memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain e. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain. Hai ALEXANDRA, ketika Anda mengirim formulir ini, pemilik dapat melihat nama dan alamat email Anda. Wajib diisi 1.NAMA LENGKAP Alexandra Wahyudi 2.NO ABSEN 04 3.KELAS 8 A 8 B 8 C 8 D 8 E 8 F 8 G 8 H 8 I 8 J 4.Setiap warga negara memiliki hak, kewajiban, dan kedudukan yang sama di depan hukum. Contohnya adalah hak mengeluarkan pendapat, kebebasan beragama, perlindungan dan kepastian hukum, serta bebas dari perlakuan tidak manusiawi. Hal tersebut merupakan contoh perwujudan sikap positif yang berkaitan dengan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada nilai .... (4 Poin) A. Kemanusiaan B. Kesamaan Derajat C. Ketaatan hukum D. Keseimbangan 5.Organisasi pemuda yang merupakan organisasi nasional pertama meletakkan semangat kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan merupakan ujung tombak awalnya kebangkitan nasional. Oragnisasi Pemuda yang pertama kali berdiri pada masa pergerakan nasional adalah …. (4 Poin) A. Jong Java B. Jong Minahasa C. Budi Utomo D. Trikoro Darmo 6.Sebagai wujud rasa bangga kita pada Indonesia, maka memajukan bangsa Indonesia bagi seorang pelajar dimulai dengan belajar. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu bersikap .... (4 Poin) A. Mau bekerja keras B. Menorehkan prestasi diberbagai bidang C. Tidak mengenal putus asa D. Sekolah setinggi-tingginya 7.Perhatikanlah nama-nama tokoh berikut ini! 1. Wahidin Sudirohusodo. 2. Sutomo. 3. Suwardi Suryaningrat. 4. Cipto Mangunkusumo. Siapakah tokoh-tokoh perintis Kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia…. (4 Poin) A. 1, 2, dan 3 B. 2, 3, dan 4 C. 1, 3, dan 4 D. 1, 2, dan 4 8.Sebagai pemuda Indonesia sudah seharusnya memiliki penghayatan sikap kebangkitan nasional. Berikut ini yang BUKAN merupakan penghayatan kebangkitan nasional untuk generasi muda ialah…. (4 Poin) A. Meskipun keluarganya tidak mampu menyekolahkannya, Toni tidak patah semangat dan berusaha mencari beasiswa sehingga dia sekarang bisa sekolah. B. Tuti begitu senang dengan budaya dari negara Korea, bahkan pakaian dan logat bicaranya identik dengan budaya negara Korea. C. Danu sangat tertarik dan ingin mengembangkan padi yang tahan hama karena tanaman padi milik ayahnya sering diserang berbagai macam hama. D. Rani dan Nia sangat suka memasak, bahkan mereka mengikuti kursus memasak pada sore hari sepulang sekolah. 9.Perhatikanlah pernyataan dibawah ini! 1. Mempelajari tarian daerah yang sesuai minat sebagai upaya untuk melestarikannya. 2. Menggunakan produksi luar negeri karena kualitasnya terjamin. 3. Menjaga kelestarian alam Indonesia. 4. Menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara, dimana pun kita berada. Dari pernyataan diatas, perilaku yang menggambarkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia ditunjukkan pada nomor…. (4 Poin) A. 1, 2, dan 3 B. 1, 3, dan 4 C. 2, 3, dan 4 D. 1, 2, dan 4 10.Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau kaum bangsawan, yaitu Sultan Hasanuddin di Sulawesi Selatan, Sultan Ageng Tirtayasa di Banten, Tuanku Imam Bonjol di Sumatera Barat, Pangeran Diponegoro di Jawa Tengah. Namun perjuangan rakyat untuk mengusir penjajah belum berhasil dikarenakan oleh... (4 Poin) A. peralatan yang digunakan masih sanggat sederhana B. bersifat nasionalisme dan teroganisasi dengan baik C. peralatan perang yang digunakan kalah modern dengan musuh D. bersifat kedaerahan dan belum terorganisasi secara modern


Jawaban:maaf klo salah

Penjelasan:

1.a

2.d

3.b

4.b

5.a

6.a

7.d

8.c

9.d

10.d


7. SMK NEGERI 1 JONGGATAlamat Jalan Raya Praya-Mataram Km.09 Aik Ampat Desa Jelantik KecJonggat Kabupaten Lombok Tengah EmailKode Pos 83561SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL TP. 2020/2021Rope ofMata PelajaranKelasBidang KeahlianHari/TanggalWaktuNama SiswaPendidikan Agama IslamXTKJ.: 07.30 - 07: Yusric:1. Sebutkan salah satu cara berhusnuzan kepada Allah Swt !!!2. Tuliskan 3 Contoh yang menunjukkan hokum bacaan ikhfa' haqiqi!3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan mujahadah an-nafs !!!4. Tuliskan bunyi surah al- hujurat ayat 10 beserta artinya dengan baik dan benar !!5. Sebutkan 4 manfaat dan hikmah berperasangka baik IIIJAWABAN0.0 Ji​


1. jika kita tertimpa musibah maka ingatlah bahwa Allah hendak meningkatkan iman kita.

2. انت. انتما. أنتم.

3. mujahadah an nafs artinya menjaga diri dari perbuatan yang mudharat , seperti pembunuhan, pencurian, penipuan dan lainnya.

4.

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَ صْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَا تَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

"Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat."

(QS. Al-Hujurat 49: Ayat 10)

5. 4 manfaat husnu dzan

1. membuat hati tenang

2. sabar dalam beribadah

3. jika diuji maka akan bersabar

4. mendatangkan pahala


8. ahuasA cama1 EMBAR SOAL UJIAN SEMESTER GENAPSMP NEGERI PADANOSIDIMPUANTARON PELAJARAN 2020/2021Pendidikan Agama Islam dan Budi PekertiMata PelajarunLX / GenapKelas SemesterI.SOAL PILIHAN GANDAPilihlah jawaban yang paling benar dari alternatif a,b,c ayau diOadha dan qadar sering disebut dengan sebutan....b NasibTakdir2. ukurand KetentuanBerikut ini yang merupakan contoh takdi muallaq yaitu2.bumi berbentuk bulat b. umur atau usia seseorang kepandaian seseorang a verjadinya kama waSantun meliputi dua hal, yaknia. santun dalam ucapan dan santun dalam perbuatan b. santun dalam hati dan menjaga perasaan oranglain c. bertingkah laris baik dan ramah d rendah hati kepada orang lain dan lemah lembutMenahan diri dari pesbuatan jelek, serta merasa sangat tidak yummy hati kalau melaksanakan perbuatantercela ialah pengertiana percaya diri b. Santunc. optimis d. Malu5. Berikut ini yang bukan merupakan ketentuan seorang penyembelih adalaha beragama Islamb. membaca basmalahc. berusia minimal 17 tahun d. menyembelih dengan sengajaAlat penyembelih yang diperbolehkan ialah alat yang terbuat daria. tulang b. kuku c. Gigid. Besi7. Dalil perintah berkurban ialaha. An-Nas ayat 1-3b. Al-Falaq ayat 1-3 c. Al-Ikhlas ayat 1-3 d. Al-Kautsar ayat 1-38. Hukum melakukan akikah ialaha. fardhu 'ainb. fardhu kifayah C. sunah muakkadahLarangan dalam berqurban antara laind. sunah gahiru muakkadaha. Orang yang berqurban makan daging qurbannyac. Orang yang berqurban menjual sebagian dari daging qurbanb. Hewan qurban hanas yang sehatshalat Idd. Waku menyembelih sesudah10. Kebiasaan atau adat istiadat yang dilakukan turun temurun oleh masyarakat, dan mengandung ajaranajaran Islam disebuta. Budaya Islam b. Gaya Islam c.Tradisi Islam d.Prinsip Islam11. Tulisan Arab yang mengandung nilai seni disebuta. Koreografi b.Sinematografi c.Fotografid.Kaligrafi12. Sikap yang tepat kepada sesama mukmin adalaha. Saling menolong supaya mendapat pujian b. Saling membantu supaya dianggap anak salehc. Saling bekerja sama untuk berbuat jahat d. Saling menghormati dan menghargai13. Toleransi kepada nonmuslim dibolehkan dalam hal-hal berikut, kecualia ekonomib. Ibadahc. politikd. Sosial14.5. Sebagai wujud toleransi kepada sesama muslim jika ada salah seorang anggota masyarakat muslimmengalami kesulitan maka warga yang lain hendaknya ...a membantunya b. menegurnyac. membiarkannya d. Membicarakan15. Apabila pembaca al-Qur'an mendapati tanda waqaf saktah maka ...a harus berhentibharus berhenti sejenak, tanpa mengambil nafasc. boleh berhenti boleh diterus d. harus terus, tidak boleh berhentiII. SOAL ESSAY1. Sebutkan pengertian takdir mubran dan takdir muallaq beserta contohnya!2. Sebutkan manaat dari tata krama!3. Jelaskan tata cara penyembelihan secara tradisional!4. Sebutkanlah ketentuan hewan-hewan yang boleh dijadikan qurban!5. Sebutkanlah hikmah pelaksanaan qurban​


Jawaban:

1. Takdir

2. kepandaian seseorang

3. santun dalam ucapan dan perbuatan

4. malu

5. berusia minimal 17 tahun

6. besi

7. Al-Kautsar 1-3

8.

Penjelasan:

maaf


9. TUGAS IPS KELAS 7(A s/d F)Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat!1. Sebutkan sebab-sebab kemunduran Majapahit2 Jelaskan teori-teori masuknya kebudayaan Hindu - Budha di Indonesia3 Sebutkan cin-cini candilanggam Jawa Timur4 Sebutkan contoh candi Hindhu dan candi Budha di indonesia5 Sebutkan kitab-kitab peninggalan kebudayaan Hindhu-Budha beserta pengarangnya6 Jelaskan perbedaan patung Hindhu dan Budha dan berikan contohnya7. Jelaskan pengaruh kebudayaan Hindhu Budha di bidang agamaB Jelaskan pembagian strata sosial dalam agama HindhuSebutkan prasasti prasasti peninggalan Matararn Kunal10. Sebutkan raja-raja yang pernah memimpin Kerajaan Majapahit(Dikerjakan pada kertas follo dan dikumpulkan 1)Guru Mapel​


Jawaban:

1. A) Tidak adanya pembentukan dari pimpinan baru (tidak ada kaderisasi)

B) Gajah mada ialah patih amangkubumi dengan memegang seluruh jabatan yang paling penting. Dia tidka memberikan kesempatan untuk generasi penerus supaya dapat tampil dan sesudahnya ia meninggal gajah mada tidka mempunyai pengganti yang cakap dan berpengalaman pula.

C)Perang diantara saudara yang melemahkan kekuatannya pula, misalnya seperti pada perang paregreng yang lalu memicu adanya malapetaka guna rakyat serta para kaum bangsawan pula dan melemahkan kekuatan dan tidka adanya persatuan pula.

2.Teori Brahmana oleh JC. Van Leur,Teori Waisya oleh N.J Krom,Teori Ksatria oleh C.C Berg, Mookerji, dan J.C Moens,Teori Arus Balik oleh F.D.K Bosch,Teori Sudra oleh Van Faber

3.Candi berbentuk ramping dan atapnya merupakan perpaduan dari tingkatan.

Reliegnya timbul sedikit dan hiasan lukisannya berbentuk simbolismenyerupai wayang kulit.

Puncak candi berbentuk kubus.

Candi terbuat dari batu bata.

4. Contoh candi Hindu adalah Candi Prambanan, Candi Gedong Songo, Candi Penataran, Candi Cangkuang, Candi Gebang, dan Candi – candi di kawasan Dieng. Contoh dari Candi Hindu adalah Candi Borobudur, Candi Plaosan, Candi Kalasan, Candi Sewu, Candi Sari, Candi Banyunibo, Candi Sumberawan, Candi Muara Jambi, Candi Muara Takus, Candi Biaro Bahal, dan Candi Jabung.

5.A) Kitab Mahabarata

Kitab Mahabarata dikarang oleh Resi Wiyasa.

B) Kitab Bharatayuda

Kitab Bharatayuda  dikarang oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh

C)Kitab Ramayana

Kitab Ramayana dikarang oleh Mpu Walmiki

D)Kitab Arjuna Wiwaha

Kitab Arjuna Wiwaha  dikarang oleh Mpu Kanwa

E)Kitab Asmarandana

Kitab Asmarandana  dikarang oleh Mpu Darmaja

F)Kitab Sutasoma

Kitab Sutasoma dikarang oleh Mpu Tantular

G) Kitab Negarakertagama

Kitab Negarakertagama dikarang oleh Mpu Prapanca

6.Perbedaan patung Hindu dan Buddha dapat dibedakan berdasarkan relief patung, fungsi patung. 


10. Quiz Agama sdAssalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh, Sebelum kita mulai pelajaran nya kita baca doa Masing-masing Berdoa dalam hati mulai,berdoa hati selesai kita mulai pelajaran ya Soalnya ada 14 essay mapel kita adalah Pendidikan Agama kelas 3 jadi kalian boleh di jawab dengan jujur dalam bulan Ramadhan ini jangan curang dan berbohongNOTE:1.JANGAN LIAT GOOGLE2.JANGAN LIAT BUKU YAITU: BUKU PAKET, LKS DAN BUKU CATATAN AGAMABATAS WAKTU:TIDAK ADA1.Sebutkan 5 contoh Sikap cinta terhadap lingkungan! 2.sebutkan 3 contoh sikap setia kawan! 3.sebutkan 5 solat fardhu beserta jumlah rokaat nya! 4.tulislah niat solat subuh dan maghrib!5.Sebutkan 5 sifat-sifat mustahil Allah beserta Artinya!6.jumlah Rokaat solat ashar adalah.....Rokaat7.solat maghrib dikerjakan pada waktu setelah?8.sesungguh nya Allah itu indah dan menyukai? 9.Arti sifat fana adalah?10.solat yang wajib di kerjakan di namakan solat? 11.solat yang dikerjakan pada saat terbit fajar adalah sholat?12.seseorang yang tidak setia kawan maka akan mempunyai....teman13.kita harus menyanyi binatang karena binatang juga merupakan?14.sebutkan nama-nama malaikat dan beserta tugas nya! ini bukan tugas Cuman Quiz Selamat kerjakan​


Jawaban:

Jawaban

1.-Membuang sampah pada tempatnya

-Menanam tumbuhan dan merawatnya dengan

baik

-Menghemat energi listrik

-Menghemat air

2.tak datang jika ada maunya,tidak memanfaatkan salah satu,saling sayang,saling menjaga

3.Subuh:2 rakaat

Zuhur:4 rakaat

Ashar:4 rakaat

Maghrib:3 rakaat

Isya:4 rakaat

4.Subuh:“Ushalliy fardha-ssubhi rak'ataini mustaqbilal-qiblati adaa-an imaaman lillahi ta'ala.” Yang artinya, “Aku berniat sholat fardhu Subuh dua rakaat menghadap kiblat imam karena Allah Ta'ala.”

Maghrib:“Ushalliy fardhal-maghribi tsalatsa raka'atin mustaqbilal-qiblati adaa-an ma'muman lillahi ta'ala.” Yang artinya, “Aku berniat sholat fardhu Maghrib tiga rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala.”

5.Mumatsalatu lil hawaditsi = Menyerupai makhluknya.

Qiyamuhu Bighayrihi = Berdiri dengan yang lain.

Ta'addud = Berbilang – bilang (lebih dari satu)

Mautun = Mati.

Shamamun = Tuli.

6.4 rakaat

7.dilakukan ketika senja atau matahari terbenam.

8.Keindahan

9.Fana artinya lenyap atau rusak dalam Islam.

10.Shalat Fardhu

11.Shalat Fajar

12.Musuh dan akan di jauhi teman

13.Karena binatang adalah mahkluk hidup yng harus kita jaga

14. 1.Malaikat Jibril

Bertugas menyampaikan wahyu Allah SWT dan meniupkan roh ke dalam janin.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail bertugas memberi rezeki kepada mahluk hidup. Selain itu, malaikat Mikail bertugas mengatur panas, hujan, dan tanaman yang ada di bumi.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil ditugaskan untuk meniup terompet sangkakala di hari kiamat dan hari kebangkitan.

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail memiliki tugas untuk mencabut nyawa mahluk hidup.

5. Malaikat Raqib

Mencatat semua amal baik manusia selama hidup.

6. Malaikat Atid

Mencatat semua amal buruk manusia semasa hidup.

7. Malaikat Munkar

Menanyakan manusia di dalam kubur tentang keburukan-keburukan yang dilakukan semasa hidup.

8. Malaikat Nakir

Menanyai manusia di dalam kubur tentang kebaikan-kebaikan yang dilakukan semasa hidup.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka.

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga.

Penjelasan:

Semoga benar quis nya

jangan lupa jadikan jawaban terbaik/tercedas


11. KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GAZAL TP. 2020/2021JENJANG : SMP KELAS : VIII (DELAPAN)MAPEL/TEMA : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BP JUMLAH SOAL : 30KURIKULUM : Kurikulum Darurat (Dalam Kondisi Khusus) BENTUK SOAL : 25 PG, 5 URAIANNoKompetensi DasarMateriIndikator SoalLevelKognitifNomorSoalBentukSoal13.3 Memahami makna beriman Kepada kitab-kitab Allah SWTMeyakini kitab-kitabAllah, mencintaiAl-Qur’anDisajikan sebuah ilustrasi tentang turunnya wahyu Allah SWT.Peserta didik dapat menemukan nama malaikat yang dimaksud dalam ilustrasi tersebut dengan benarC.31PGDisajikan nama-nama kitab-kitab Allah SWT. Peserta didik dapat mengurutkan sesuai dengan urutan yang benar turunnya kitab-kitab tersebut.C.32PGDisajikan beberapa pernyataan. Peserta didik dapat memilih pernyataan yang menjelaskan tentang keistimewaan kitab suci Al-Qur’an.C.53PGDisajikan tentang beberapa hal. Peserta didik dapat mengidentifikasi tentang pokok-pokok ajaran yang terkandung di dalam kitab suci Al-Qur’an.C.44PGDisajikan sebuah ilustrasi dari kisah seorang nabi.Peserta didik dapat menemukan nama sebuah bukit dalam ilustrasi tersebut dengan benar. C.45PGDisajikan beberapa kata.Peserta didik dapat mengembangkan kata tersebut menjadi sebuah ilustrasi tentang prilaku yang mencerminkan keimanan dan kecintaan kepada kitab suci Al-Qur’anC.27Uraian23.1 Memahami QS. Al-Furqan : 63 Dan QS. Al-Isra : 27 dan hadits Terkait tenntang rendah hati, Hemat dan hidup sederhanaRendah hati, hemat dan sederhana, mem-buat hidup lebih muliaDisajikan beberapa pernyataan tentang prilaku seseorang, peserta didik dapat memilih prilaku yang sesuai dengan QS. Al-Furqan ayat 63 C56PGDituliskan sebuah ayat Al-Qur’an.Peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut dengan benar.C37PGDisajikan sebuah ilustrasi tentang prilakuhidup hemat.Peserta didik dapat menyimpulkan isi ilustrasi tersebutC48PGDituliskan sebuah ayat Al-Qur’anPeserta didik dapat menemukan bacaan mad thobi’i, mad wajib muttasil, mad aridl Lissukun dan mad iwadl dengan benarC426Isiansingkat33.5 Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran.Menghindari minuman keras, judidan pertengkaranDisajikan terjemahan QS.Al-Maidah : 91Peserta didik dapat menyimpulkan makna dari ayat tersebut.C49PGDituliskan potongan ayat Al-Qur’an, peserta didik dapat menemukan jawaban dari potongan ayat yang bergaris bawahC310PGDisajikan terjemah QS. Al-Maidah ayat 90yang belum lengkap, Peserta didik dapat melengkapinya dengan benar.C328Isiansingkat43.7 Memahami tata cara salat sunah berjemaah dan munfaridsalat sunah berjemaah dan munfaridDisajikan macam-macam sholat berjama’ah dan munfarid.Peserta didik dapat menentukan jenis-jenis shalat sunnat yang dilaksanakan secara berjamaah C311PGDisajikan tata cara pelaksanaan sholat sunnah.Peserta didik dapat melakukan tata cara sholat Idul FitriC312PGDisajikan sebuah cerita pelaksanaan sholat sunnah.Peserta didik dapat menganalisa pelaksanaan sholat DuhaC413PGDisajikan nomor dan nama ayat Al-Qur’anPeserta didik dapat menemukan dasar perintah untuk melaksanakan sholat tahajutC414PGDisajikan makna dan pengertian sholat sunnah tasbih.Peserta didik dapat menemukan jumlah bacaan tasbih dalam solat tasbihC515PGDisajian makna sholat sunnah rawatib.Peserta didik dapat menampilakan sholat sunnah rawatib gair muakadC429URAIAN53.8 Memahami tata cara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawahMacam-macam sujudDisajikan tata cara sujud.Peserta didik dapat melakukan tata cara sujud syukurC316PGDisajikan sebab-sebab sujud.Peserta didik dapat menentukan sebab-sebab sujud syukurC317PGDituliskan bacaan sujud.Peserta didik dapat menemukan bacaan sujud sahwiC618PGDituliskan sebuah hadits tentang sujudPeserta didik dapat menemukan dasar pelaksanaan sujud tilawahC619PGDisajikan nama dan nomor ayat Al-Qur’an.Peserta didik dapat menetapkan ayat-ayat sjdah dalam sujud tilawahC420PGDisajikan rukun sholat.Peserta didik dapat memilih rukun sujud tilawahC421PGDisajikan ilustrasi cerita tentang sebab dilakukannya sujud sahwi.Peserta didik dapat menentukan bacaan sujud sahwi C330URAIAN63.11 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani UmayahPertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa bani UmayyahDisajikan ilustrasi sejarah Daulah Bani Umayyah.Peserta didik dapat menemukan nama pendiri Daulah Bani Umayyah di DamaskusC622PGDisajikan deskripsi perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah.Peserta didik dapat menentukan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Bani UmayyahC323PGDisajikan nama-nama amir Bani Umayyah di Andalusia.Peserta didik dapat menemukan nama amir Bani Umayyah di Andalusia yang mengalami pesatnya perkembangan il​


Jawaban:

maaf sebelumnya kak, ini soalnya mana ya?


12. 1. Pancasila sebenarnya telah dikenal sejak zaman dahulu terutama sejak zaman Majapahit pada abad ke-14. Pendapat ini dikemukakan oleh Darji Darmodihardjo, SH dengan bersumber dari kitab . . . . *A. Kitab Sutasoma dan Arjuna WiwahaB. Kitab Nagara Kertagama dan SutasomaC. Kitab Arjuna Wiwaha dan BaratayudhaD. Kitab Barata Yudha dan Sutasoma2. Dasar negara Indonesia yaitu Pancasila disepakati oleh para pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal . . . . *A. 18 Juni 1945B. 18 JuLi 1945C. 18 Agustus 1945D. 18 September 19453. Cornelius beragama Kristen dan Ahmad beragama Islam. Keduanya bermain dengan baik dan bersahabat dengan baik. Sikap yang ditunjukkan oleh Cornelius dan Ahmad adalah sikap membina kerukunan antar umat beragama. Sila Pancasila yang sesuai dengan kerukunan umat beragama adalah . . . . *A. Sila PertamaB. Sila KeduaC. Sila KetigaD. Sila Keempat4. Di bawah ini bentuk sikap yang termasuk ke dalam penerapan sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab adalah . . . . *A. Membina dan membentuk dengan pemeluk agama lainB. Mengedepankan sifat mufakat dalam pelaksanaan musyawarahC. Menjaga persatuan dan kesatuan antar wargaD. Memberikan bantuan dan pertolongan kepada para korban bencana alam5. Perhatikan ilustrasi permasalahan berikut ini! Pada rapat RT 01 terjadi perbedaan pendapat antara warga selatan dan warga utara. Kedua kelompok warga bersikukuh mempertahankan pendapatnya sehingga rapat RT 01 mengalami kebuntuan. Menghadapi permasalahan tersebut, ketua RT 01 sebagai pemimpin rapat mengambil keputusan untuk menunda rapat. Pak RT 01 memanggil setiap perwakilan kelompok selatan dan utara untuk membahas permasalahan tersebut dalam rapat kecil. Sikap yang ditunjukkan oleh Pak RT 01 merupakan cerminan sila keempat Pancasila. Permasalahan yang dihadapi oleh Pak RT 01 menunjukkan Pancasila sebagai pandangan hidup yang berfungsi . . . . *A. Memberikan arah dan tujuan yang bisa dicapai sesuai cita-cita bangsaB. Memberikan cara dan kemampuan untuk menyaring informasi-informasi negatifC. Memberikan gagasan yang tentang kehidupan yang baikD. Menjadi pedoman bagi setiap orang untuk menyelesaikan masalah dan tantangan hidup6. Menurut UUD 1945 yang diamandemen, kekuasaan negara yang tertinggi berada di tangan . . . . *A. RakyatB. MPRC. PresidenD. DPR7. Kebebasan menyatakan pendapat boleh dilakukan dalam bentuk-bentuk sebagai berikut, kecuali . . . . *A. Unjuk rasa secara besar-besaranB. Menentang kebijaksanaan pemerintahC. Menyatakan keberatan atas putusan hakimD. Memfitnah orang yang sedang terlibat perkara8. Pada masa Orde Baru, prakteknya budaya demokrasi Pancasila mengalami penyimpangan. Hal ini disebabkan . . . . *A. Berkembangnya budaya kritisB. Kuatnya pengawasan masyarakatC. Berkembangnya budaya KKND. Berkembangnya budaya membangun9. Di bawah ini yang bukan merupakan penyebab hilangnya kedaulatan suatu negara adalah . . . . *A. Suatu wilayah negara memisahkan diri dari kesatuan suatu negara dan kemudian menyatakan kemerdekaannyaB. Suatu negara kalah perang, sehingga kekuasaan pemerintahan dipegang oleh negara penaklukC. Suatu negara tidak termasuk dalam keanggotaan di Perserikatan Bangsa-BangsaD. Suatu negara bergabung dengan negara lain untuk membentuk suatu federasi10. Dalam rapat OSIS, kesempatan mengemukakan pendapat harus diberikan kepada . . . . *A. Semua Peserta RapatB. Ketua OSISC. Pembina OSISD. Perwakilan KelasTOLONG DI JAWAB KAKAK KAKAK SOALNYA SEKARANG HARUS DI KUMPULIN...​


Penjelasan:

kitab Sutasoma dan Arjuna wiwaha


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Soal Agama Kelas 10 Beserta Jawaban"