Buku Catatan Perkembangan Siswa
13. Bintang meminta data golongan darah teman-temannya dari buku catatan di ruang UKS. Jenis data tersebut adalah .... * 5 poin A. sekunder B. primer C. tidak tetap D. tetap 14. Untuk mengetahui perkembangan belajar siswa, maka guru akan melaksanakan ulangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah .... * 5 poin A. bertanya langsung B. isian singkat C. pencatatan langsung D. tes
1. 13. Bintang meminta data golongan darah teman-temannya dari buku catatan di ruang UKS. Jenis data tersebut adalah .... * 5 poin A. sekunder B. primer C. tidak tetap D. tetap 14. Untuk mengetahui perkembangan belajar siswa, maka guru akan melaksanakan ulangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah .... * 5 poin A. bertanya langsung B. isian singkat C. pencatatan langsung D. tes
Jawaban:
13.A.Sekunder
14.D.Tes
Penjelasan:
MaafKalau Salah:)
Jawaban:
Jenis data tersebut adalah .... d. tetap
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah .... d. tes
2. ANAK-ANAK PEDULI LINGKUNGANKesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejakusia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadarantersebut. Semangat inilah yang mendasari Sekolah Dasar (SD) Avicenna Jagakarsa, bekerjasama dengan Medco Foundation, mengadakan kegiatan Avicenna Peduli Lingkungan.Salah satu bagian dalam kegiatan Avicenna Peduli Lingkungan adalah pengenalan danpengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim Green Pots Medco Foundationdan para guru SD Avicenna melatih para siswa untuk mengenal berbagai media tanam, metodemenanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot, perawatan tanaman,pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswa yang mengikuti kegiatanini dibekali dengan buku Lembar Kerja Siswa untuk mencatat dan memonitor perkembangantanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Mereka merupakansiswa kelas 4 dan kelas 5 SD Avicenna Jagakarsa. Siswa kelas 4 menanam tanaman sawi,sedangkan untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot dengan metode hidroponik.Berbagai dokumentasi tentang kegiatan para siswa dalam Avicenna Peduli Lingkungan disajikan.Anak-anak juga saling unjuk kreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkungan. Parasiswa dan guru pembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melaluilembaran testimoni yang disediakan.1.apa saja informasi yang kamu peroleh dari teks bacaan di atas? 2.tuliskan rangkuman bacaan berdasarkan informasi yang kamu dapatkan!
Jawaban:
1.Kesadaran untuk menjaga kelesatarian perlu di mulai sejak masih masa anak anak.
2.Keaadaran untuk menjaga kelestarian perlu dibagikan kepada anak anak sejak usia dini.
Penjelasan:
Semoga membantu♥~
3. soal ↑teks↓Kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejak usia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadaran tersebut. Semangat inilah yang mendasari suatu sekolah dasar di Jakarta mengadakan kegiatan "Peduli Lingkungan".Bagi sekolah dasar tersebut, kegiatan "Peduli Lingkungan merupakan bagian dari pelaksanaan misi sekolah tersebut, yaitu untuk membentuk makhluk sosial yang peduli terhadap kebangsaan dan pelestarian lingkungan. Sekolah ini bekerja sama dengan organisasi nirlamba yang biasa memiliki misi dan kegiatan-kegiatan di bidang lingkungan untuk masyarakat.Salah satu bagian dalam kegiatan "Peduli Lingkungan tersebut adalah pengenalan dan pengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim pelatih dari Peduli Lingkungan melatih para siswa untuk mengenal berbagai media tanam, metode menanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot, perawatan tanaman pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswa yang mengikuti kegiatan ini dibekali dengan buku LKS untuk mencatat dan memonitor perkembangan tanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Mereka merupakan siswa dari kelas 4 dan kelas 5. Untuk siswa kelas 4 mereka menanam tanaman sawi sedangkan untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot dengan metode hidroponik. Rangkaian kegiatan "Peduli Lingkungan" ini dimulai sejak bulan Oktober hingga November 2019. Pada akhir kegiatan, berbagai dokumentasi kegiatan para siswa dalam "Peduli Lingkungan" disajikan. Anak-anak juga saling unjuk kreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkunga. Para siswa dan guru pembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melalui lembaran testimoni yang disediakan.JANGANNNN NGAWURR!!!!
Jawaban:
menjadi manusia kita harus mempunyai kesadaran untuk menjaga lingkungan yang baik agar terawat dengan baik
4. PENGENALAN ISUNegeri Indonesia kaya akan tradisi dan ragam kesenian termasuk permainan tradisional. Buku Statistik Kebudayaan yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 mencatat setidaknya terdapat 424 permainan tradisional yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Ragam permainan tersebut sarat dengan nilai-nilai luhur, seperti kekompakan, kejujuran, dan mencintai alam.RANGKAIAN ARGUMENMayoritas permainan tradisional mengajarkan kebersamaan dan membangun relasi sosial karena tidak bisa dimainkan sendiri. Hingga kini sejumlah permainan tradisional masih hidup dalam masyarakat. Layang-layang merupakan jenis permainan paling populer, diikuti petak umpet, kelereng, congklak, dan main tali.Sekolah dan keluarga harus memberikan tempat untuk melestarikan permainan yang lahir dari kreativitas masyarakat dan alam sekitar tersebut. Apalagi, perkembangan teknologi dan internet, seperti gawai dan playstation yang lebih individual cara bermainnya perlahan-lahan mulai menggeser permainan tradisional dari dunia anak-anak.PERNYATAAN AJAKANOleh karena itu, kita perlu untuk melestarikan kembali permainan-permainan tradisional untuk mempertahankan kebudayaan kita yang hampir ditinggalkan oleh generasi-generasi muda saat ini, terutama bagi anak-anak. Permainan-permaian tradisional akan menjadi salh satu daya tarik bagi wisatawan, terutama wisatawan asing mancanegara.PENEGASAN ULANGPermainan tradisional memang sudah seharusnya mendapatkan perhatian khusus. Permainan tradisional, bagian dari kebudayaan kita. Kebudayaan yang memiliki nilai-nilai luhur akan diwariskan kepada generasi selanjutnya.Bacalah teks persuasi di bawah ini !Mewujudkan Sekolah yang Bersih, Asri, dan Bebas SampahLingkungan sekolah yang nyaman sebagai tempat belajar adalah lingkungan sekolah yang bersih, asri, dan bebas sampah. Selain nyaman untuk belajar, sekolah yang bersih, asri, dan bebas sampah pastinya tidak akan menjadi sarang kuman yang menyebabkan penyakit. Sampai saat ini di SMPN 1 sendiri, kesadaran para siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah masih kurang. Tak sedikit siswa yang belum tertib untuk membuang sampah pada tempatnya. Padahal, sekolah sudah menyediakan tempat sampah.Upaya yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan sekolah yang bersih, asri, dan bebas sampah yakni bisa kita lakukan dengan banyak cara. Cara yang paling mudah untuk dilakukan yaitu dengan mengadakan piket kelas, kerja bakti, dan membuang sampah pada tempatnya. Saat membuang sampah hendaknya sesuaikan pada jenis sampahnya, yakni sampah plastik, sampah daun, dan sampah kertas.Piket kelas dan kerja bakti bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekolah yang kotor. Kegiatan yang dilakukan pada saat piket kelas yakni membersihakan ruang kelas sedangkan pada saat kegiatan kerja bakti hal yang dilakukan yakni membersihakan seluruh lingkungan sekolah baik ruang kelas, taman sekolah, maupun halaman sekolah. Selain membersihkan ruang kelas dan halaman sekolah, kita bisa melakukan penanaman tanaman baik tanaman hias maupun tanaman obat untuk menghijaukan sekolah.Pemilahan sampah dapat kita lakukan dengan mendaur ulang dan menggunakan kembali sampah. Contohnya, kita dapat membuat pupuk kompos dari sampah dedaunan dengan dekomposer dan kita dapat membuat kerajinan tangan seperti pot tanaman ataupun hiasan-hiasan dari sampah plastik yang masih bisa digunakan. Dari kegiatan tersebut, kita sudah melakukan 3R. 3R sendiri berarti Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (daur ulang). Satu lagi upaya yang harus kita upayakan yakni Reduce (mengurangi), kurangilah penggunaan plastik saat membeli makanan atau minuman di kantin.Oleh karena itu, lakukanlah piket kelas, kerja bakti, dan membuang sampah dengan tertib. Dari halhal yang kita lakukan ini, maka kita dapat mewujudkan sekolah yang bersih, asri dan bebas sampah. Selain itu, kesadaran serta kerja sama warga sekolah sangat menentukan terwujudnya sekolah yang kita inginkan tadi. Maka, mari kita tumbuhkan kesadaran untuk menjaga kebersihan sekolah sejak saat ini1.Tentukan struktur teks persuasi diatas2.simpulkan teks persuasi tersebutburuan poin gede
Jawaban:
1. Contohnya, kita dapat membuat pupuk kompos dari sampah dedaunan dengan dekomposer dan kita dapat,mari kita tumbuhkan kesadaran untuk menjaga kebersihan sekolah sejak saat ini
2. kita harus menjaga kebersihan dan kurangilah penggunaan plastik saat membeli makanan atau minuman
semoga membantu
follow my
Jawaban:
1. Mewujudkan Sekolah yang Bersih, Asri, dan Bebas Sampah.
PENGENALAN ISU
Lingkungan sekolah yang nyaman sebagai tempat belajar adalah lingkungan sekolah yang bersih, asri, dan bebas sampah. Selain nyaman untuk belajar, sekolah yang bersih, asri, dan bebas sampah pastinya tidak akan menjadi sarang kuman yang menyebabkan penyakit.
RANGKAIAN ARGUMEN
Sampai saat ini di SMPN 1 sendiri, kesadaran para siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah masih kurang. Tak sedikit siswa yang belum tertib untuk membuang sampah pada tempatnya. Padahal, sekolah sudah menyediakan tempat sampah.
PERNYATAAN AJAKAN
Upaya yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan sekolah yang bersih, asri, dan bebas sampah yakni bisa kita lakukan dengan banyak cara. Cara yang paling mudah untuk dilakukan yaitu dengan mengadakan piket kelas, kerja bakti, dan membuang sampah pada tempatnya. Saat membuang sampah hendaknya sesuaikan pada jenis sampahnya, yakni sampah plastik, sampah daun, dan sampah kertas.Piket kelas dan kerja bakti bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekolah yang kotor. Kegiatan yang dilakukan pada saat piket kelas yakni membersihakan ruang kelas sedangkan pada saat kegiatan kerja bakti hal yang dilakukan yakni membersihakan seluruh lingkungan sekolah baik ruang kelas, taman sekolah, maupun halaman sekolah. Selain membersihkan ruang kelas dan halaman sekolah, kita bisa melakukan penanaman tanaman baik tanaman hias maupun tanaman obat untuk menghijaukan sekolah.Pemilahan sampah dapat kita lakukan dengan mendaur ulang dan menggunakan kembali sampah. Contohnya, kita dapat membuat pupuk kompos dari sampah dedaunan dengan dekomposer dan kita dapat membuat kerajinan tangan seperti pot tanaman ataupun hiasan-hiasan dari sampah plastik yang masih bisa digunakan. Dari kegiatan tersebut, kita sudah melakukan 3R. 3R sendiri berarti Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (daur ulang). Satu lagi upaya yang harus kita upayakan yakni Reduce (mengurangi), kurangilah penggunaan plastik saat membeli makanan atau minuman di kantin.
PENEGASAN ULANG
Oleh karena itu, lakukanlah piket kelas, kerja bakti, dan membuang sampah dengan tertib. Dari hal hal yang kita lakukan ini, maka kita dapat mewujudkan sekolah yang bersih, asri dan bebas sampah. Selain itu, kesadaran serta kerja sama warga sekolah sangat menentukan terwujudnya sekolah yang kita inginkan tadi. Maka, mari kita tumbuhkan kesadaran untuk menjaga kebersihan sekolah sejak saat ini.
2. Lingkungan sekolah yang nyaman sebagai tempat belajar adalah lingkungan sekolah yang bersih, asri, dan bebas sampah pastinya tidak akan menjadi sarang kuman yang menyebabkan penyakit. Cara yang paling mudah untuk menjaga lingkungan sekolah yaitu dengan mengadakan piket kelas, kerja bakti, membuang sampah pada tempatnya dan melakukan 3R yaitu Reduce , Reuse , dan Recycle. Oleh karena itu, lakukanlah piket kelas, kerja bakti, dan membuang sampah dengan tertib.
5. 1. Bacalah paragraf berikut ini!Pelikan adalah burung yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki kantung. Paruhnya yang meruncing panjangnya bisa lebih dari 30 cm. Paruh sebelah atas memiliki ujung yang bengkok membentuk kait. Pada paruh bagian bawah sampai tenggorokan terdapat kantung berupa kulit elastis, yang digunakan untuk menangkap ikan. Kakinya pendek dan pada jari-jarinya terdapat selaput yang memudahkannya berenang. Panjang tubuh pelican mencapai 1,5 m. Bentangan sayapnya antara 1,8 m sa,pai 2,7 m tergantung spesiesnya.Aspek yang dilaporkan dalam teks laporan hasil observasi di atas adalah..?A. Tempat hidup burung pelicanB. Cara berkembang biak burung pelicanC. Ciri-ciri burung pelicanD. Penangkaran burung pelicanE. Struktur tubuh burung peican2. Padatnya jadwal pelajaran di sekolah menyebabkan aktivitas siswa untuk belajartari tradisional di luar jam sekolah semakin sulit. Meski demikian, tari Remo, salah satu ikon produk seni dan budaya Jawa Timur, masih diminati anak-anak untuk belajar tari Remo, “kata Dini Ariati, pemimpin sanggar tari Remo, “Laboratorium Remo” di sela-sela pembukaan Festival Budaya di Surabaya.Judul yang tepat untuk wacana eksposisi di atas adalah….?A. Tari Remo Masih Diminati Anak-anakB. Tari Remo sebagai Seni Budaya Jawa TimurC. Festival Budaya di SurabayaD. Ikon Budaya Jawa TimurE. Belajar Tari Remo 3. Pola paragraf yang peletakan topik utamanya berada di akhir paragraf disebut..?A. DedukrifB. InduktifC. CampuranD. Induktif-DeduktifE. Deduktif-Induktif4. Berikut ini yang bukan ciri-ciri teks anekdot adalah….?A. Struktur teks orientasi-krisis-reaksi B. Memiliki pesan moral C. Memiliki unsur lucuD. Berbentuk ceritaE. Menggelitik5. Bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencari penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang mempunyai perbedaan kepentingan adalah pengertian dari..?A. Negosiasi B. Cerita singkat C. AnekdotD. Prosedur kompleks E. Pembuka6. Jenis pengembangan teks eksposisi yang rinciannya digolongkan dalam suatu objek ke dalam bagian-bagian disebut jenis pengembangan…?A. Definisi B. VerifikasiC. Klasifikasi D. Aktualisasi E. Ananlisis7. Sebuah tindakan yang akan dilakukan pertama kali supaya negosiasi berjalan lancar adalah dengan tindakan….?A. Membandingkan beberapa pilihan (opsi)B. Mengajak membuat suatu kesepakatanC. Menetapkan serta menegaskan lagi tujuan negosiasiD. Memberi alasan mengapa harus bjuat kesepakatanE. Mengevaluasi kekuatan dan/komitmen bersama8. Nyatanya, kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, contohnya seperti yang terjadi pada pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di kota Yogyakarta, hamper di setiap titik-titik yang menjadi alur pergerakan para pekerja dan pelajar untuk menuju lokasi tersebut sering kali mengalami kemacetan.Penggalan teks di atas merupakan teks eksposisi bagian?A. JudulB. SimpulanC. ArgumentasiD. TesisE. Gagasan utama9. Buku sejarah banyak yang mencatat bahwa Perang Dunia II dimulai karena Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939. Sumber-sumber konvensional menyalahkan pihak Jerman yang memulai perang yang paling mematikan sepanjang sejarah ini. Akan tetapi, tahukah Anda jika Jerman hanya melindungi warganya dari penyiksaan yang dilakukan warga Polandia pada bulan April tahun 1939. Kita dan dunia bahkan tidak tahu bahwa ada laporan yang menceritakan terjadi penganiayaan warga Jerman di perbatasan Danzig tanggal 13 April tahun yang sama. Ada banyak laporan penganiayaan, pengusiran, dan pembunuhan terhadap warga Jerman di seluruh wilayah Polandia. Data-data tersebut membuat saya berkesimpulan bahwa Jerman melancarkan serangan hanya untuk melindungi warga dan mengamankan wilayah mereka.Pronomina yang digunakan dalam teks di atas adalah sebagai berikut, kecuali….? A. Anda B. Warga C. Mereka D. Kita E. Saya10. Di bawah ini merupakan struktur teks eksposisi, kecuali…?A. PembukaanB. PendapatC. ArgumenD. PenutupE. Rangkuman11. Konflik dalam negosiasi biasanya terjadi saat memasuki bagian?A. OrientasiB. PenawaranC. PersetujuanD. PembelianE. Penutup
Jawaban:
A.PEMBUKAAN
MAAF KLO SALAH
6. Ayo Membaca3.7 dan 4.7 Bahasa IndonesiaBacalah teks berikut!Anak-Anak Peduli LingkunganKesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejakusia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadarantersebut. Semangat inilah yang mendasari Sekolah Dasar (SD) Avicenna Jagakarsa, bekerjasama dengan Medco Foundation, mengadakan kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan”.Bagi SD Avicenna Jagakarsa, kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan" merupakanbagian dari pelaksanaan misi sekolah tersebut. Guna membentuk makhluk sosial yangpeduli terhadap kebangsaan dan pelestarian lingkungan. Demikian juga bagi MedcoFoundation. Organisasi sosial ini mempunyai misi dan kegiatan-kegiatan di bidanglingkungan untuk masyarakat.Salah satu bagian dalam kegiatan "Avicenna Peduli Lingkungan" adalah pengenalandan pengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim Green Pots MedcoFoundation dan para guru SD Avicenna melatih para siswa untuk mengenal berbagaimedia tanam, metode menanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot,perawatan tanaman, pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswayang mengikuti kegiatan ini dibekali dengan buku Lembar Kerja Siswa untuk mencatat danmemonitor perkembangan tanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Merekamerupakan siswa kelas 4 dan kelas 5 SD Avicenna Jagakarsa. Siswa kelas 4 menanamtanaman sawi. Sementara untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot denganmetode hidroponik. Rangkaian kegiatan "Avicenna Peduli Lingkungan" yang dimulai sejak30 Oktober 2014 ini dipamerkan kepada para orang tua murid dalam acara "Workshop SDAvicennba Jagakarsa", 13 Desember 2014 lalu. Berbagai dokumentasi tentang kegiatanpara siswa dalam "Avicenna Peduli Lingkungan" disajikan. Anak-anak juga saling unjukkreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkungan. Para siswa dan gurupembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melalui lembaranAyo Berlatih3.7 dan 4.7 Bahasa IndonesiaBacalah kembali bacaan tersebut dengan saksama! Kemudian, jawablah pertanyaanberikut ini!1. Apa judul teks bacaan di atas?Jawab:2. Sebutkan kata kunci dalam teks bacaan di atas!Jawab:3. Apa saja informasi yang kamu peroleh dari teks bacaan?Jawab:4. Tuliskan rangkuman bacaan berdasarkan informasi yang kamu dapatkan!Jawab:
Jawaban:
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Penjajahan merupakan peristiwa yang menyedihkan karena rakyat yang dijajah mengalami ….
a. Pendidikan
b. Penindasan
c. Petualangan
d. Perjuangan
2. Dahulu banyak bangsa Eropa yang ingin menguasai Indonesia, antara lain dikarenakan ….
a. Indonesia mempunyai laut yang luas
b. Indonesia memiliki banyak harta karun di laut
c. Indonesia memiliki teknologi yang maju
d. Indonesia kaya akan rempah-rempah
3. Bangsa-bangsa di bawah ini pernah menjajah Indonesia, kecuali ….
a. Portugis
b. Belanda
c. Perancis
d. Jepang
4. Kedatangan bangsa-bangsa eropa ke Indonesia pada awalnya untuk ….
a. Berdagang
b. Penelitian
c. Mengabdi
d. Mencari kerja
5. Bangsa Belanda datang ke Indonesia pada tahun 1596 yang mendarat di Banten dipimpin oleh ….
a. Cornelis de Houtman
b. Vasso Da Gama
c. Pieter Both
d. Jan Pieterszoon
6. Daerah Maluku menjadi daya tarik bangsa Portugis untuk dikuasai, karena daerah tersebut merupakan penghasil ….
a. Tebu dan kopi
b. Emas dan perak
c. Cendana dan Jati
d. Cengkih dan Pala
7. Latar belakang bangsa-bangsa eropa ke Indonesia memiliki semboyan 3G, yaitu ….
a. God, Globe, Glory
b. Gold, Gospel, Glory
c. God, Gospel, Glory
d. God, Gold, Gospel
8. Penjajahan harus dihapuskan di dunia karena ….
a. Menyengsarakan rakyat
b. Membuat banyak negara baru
c. Menimbulkan budaya modern
d. Membuat negara yang dijajah cepat kaya
9. Benda-benda di bumi ini digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan sifatnya yaitu ….
a. Padat, angin dan panas
b. Padat, cair dan gas
c. Cair, beku dan uap
d. Padat, uap dan air
10. Benda yang memiliki sifat tidak mudah berubah bentuk jika dipindahkan adalah benda ….
a. Padat
b. Cair
c. Panas
d. Uap
11. Benda cair akan memiliki bentuk sesuai dengan ….
a. Warnanya
b. Rasanya
c. Wadahnya
d. Volumenya
12. Benda cair bisa merambat melalui serat-serat halus seperti pada benda yang berbahan ….
a. Besi
b. Emas
c. Kain
d. Kaca
13. Di bawah ini yang termasuk benda gas adalah ….
a. Oksigen
b. Detergen
c. Agar-agar
d. Bensin
14. Balon yang ditiup akan mengembang lebih besar, hal ini menandakan bahwa benda gas ….
a. Tidak dapat berubah bentuk
b. Hanya bisa berada dalam balon
c. Dapat menempati ruang
d. Bertambah banyak jika ditiup
15. Sistem tanam paksa yang diberlakukan Belanda pada rakyat Indonesia dinamakan ….
a. Rodi
b. Romusa
c. Land-Rente
d. Cultuurstelsel
16. Pemerintahan kolonial Inggris mengangkat Thomas Stamford Rafles sebagai Letnan Gubernur di Indonesia, kedmuan ia membuat kebijakan bahwa setiap tanah adalah milik negara. Sehingga setiap rakyat diharuskan untuk ….
a. Menjual sawahnya
b. Membayar pajak
c. Bercocok tanam
d. Membeli tanah
17. Berikut ini yang merupakan peristiwa membeku adalah ….
a. Perubahan kapur barus yang lama-lama menghilang
b. Air yang menguap karena dipanaskan
c. Air yang menjadi es di dalam kulkas
d. Mentega yang meleleh di atas wajan
18. Proses perubahan benda cair menjadi gas dinamakan ….
a. Menyublim
b. Menguap
c. Membeku
d. Mengembun
19. Santi mempunyai es krim, ia lupa meletakkannya di atas meja. Setelah berapa lama es krim tersebut sudah lumer dan meleleh. Hal ini termasuk peristiwa ….
a. Membeku
b. Menyublim
c. Mencair
d. Menguap
20. Salah satu tokoh Belanda yang menentang adanya tanam paksa adalah ….
a. Van Den Bosch
b. Herman W. Daendels
c. Douwes Dekker
d. Jan Pieterszoon
21. Sultan Ali Mughayat Syah adalah salah satu tokoh yang berhasil membebaskan rakyat dari usaha penguasaan bangsa Portugis di daerah ….
a. Banten
b. Cirebon
c. Tidore
d. Aceh
22. Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional, pemilihan tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya sebuah organisasi di awal pergerakan nasional yaitu organisasi ….
a. Perhimpunan Indonesia
b. Sarekat Islam
c. Indische Partij
d. Budi Utomo
23. Hal-hal berikut ini merupakan faktor internal adanya pergerakan nasional yang dilakukan rakyat Indonesia, kecuali ….
a. Kemenangan Jepang atas Rusia
b. Lahirnya golongan pelajar
c. Kesengsaraan rakyat yang berkepanjangan
d. Sejarah gemilang di masa lampau
24. Peristiwa sumpah pemuda terjadi pada tanggal ….
a. 27 Nopember 1908
b. 20 Mei 1908
c. 28 Oktober 1928
d. 17 Agustus 1945
25. Di bawah ini yang bukan merupakan isi dari sumpah pemuda adalah ….
a. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
b. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bernegara yang sama, negara Indonesia
c. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui berbangsa satu, bangsa Indonesia
d. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Bangsa Eropa pertama yang menjajah Indonesia adalah ….
7. 2 Petunjuk : Baca dan cermati kasus pembelajaran IPA di bawah ini ! Pak Rahmat seorang guru kelas VI di SD Merdeka. Hari ini akan mengajar IPA pada topik Rangkaian Listrik Seri dan Rangkaian Listrik Paralel. Untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar berlangsung dengan baik, pada pertemuan sebelumnya Pak Rahmat telah menugaskan kepada para siswanya untuk mempersiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan tiap kelompok karena dalam pembelajarannya beliau ingin menerapkan pendekatan induktif dengan metode eksperimen dan diskusi. Harapannya agar para siswa memperoleh pemahaman tentang konsep rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel lebih melekat pada pikirannya, terbiasa menyampaikan gagasan, juga mereka terampil mempraktekannya. Sebagai guru yang baik Pak Rahmat memulai pelajaran dengan menyampaikan salam, mengecek siswa yang tidak hadir saja agar tidak menyita waktu. Kemudian beliau menyampaikan tujuan pelajaran secara lisan, dan menuliskan materi ajar yang akan dipelajari di papan tulis dengan huruf kapital yang jelas. Kemudian Pak Rahmat menempelkan gambar rangkaian listrik sederhana, rangkaian listrik seri, dan rangkaian listrik paralel pada papan tulis yang telah dipersiapkan pada kertas manila sebelumnya, juga menuliskan dan menjelaskan perbedaan rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel secara rinci. Agar materi pelajaran tersebut dirasakan manfaatnya, maka Pak Rahmat menerangkan beberapa penggunaan rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih mengkonkritkan penjelasannya, Pak Rahmat juga mendemonstrasikan ketiga jenis rangkaian listrik tersebut dengan meminjam peralatan dan bahan dari dua kelompok. Sebagian besar siswa terkagum-kagum memperhatikan penampilan Pak Rahmat tetapi tidak seorangpun dari mereka yang menyalin gambar dan mencatat hasil pengamatannya, mereka hanya membuka-buka buku ajar IPA yang dipinjamnya dari perpustakaan. Sebagian kecil siswa menyalin gambar, mencatat pengamatannya, bahkan mempertanyakan mengapa ketika Pak Rahmat mendemonstrasikan rangkaian listrik nyala lampu begitu terang dan dengan sekejap bohlam yang dipakai selalu putus. Pak Rahmat tidak memberikan tanggapan, tetapi menyuruh siswa untuk mencobanya nanti pada tiap kelompok. Selama kegiatan kelompok berlangsung, para siswa sibuk melakukan praktek penyusunan rangkaian listrik, sebagian besar meniru apa yang dilakukan Pak Rahmat, tetapi nampak kebingungan tidak tahu apa yang harus diamati dan dicatatnya. Sementara sebagian kecil menunjukkan bentuk rangkaian secara kreatif, dan membuat catatan dengan lengkap. Sewaktu siswa melakukan percobaan, Pak Rahmat berkeliling menghampiri tiap kelompok, tetapi ia tidak bicara apa-apa, hanya manggut-manggut menunjukkan persetujuannya. Pada akhir pelajaran, Pak Rahmat mengajukan pertanyaan ke seluruh siswa, apa menurut kalian yang menjadi ciri khas rangkaian seri dan rangkaian paralel? Tujuh orang perwakilan kelompok memberikan jawabannya masih keliru, ia merasa kecewa. Kemudian kepada perwakilan kelompok yang dipandang memberikan jawaban tepat, ia minta menunjukkan percobaannya ke seluruh kelas, bagus... bagus... kata Pak Rahmat tanpa meminta penegasan mana yang rangkaian seri dan mana yang paralel. Sekian saja pelajaran IPA kali ini anak-anak, coba kalian di rumah masing-masing buat rangkaian listrik dengan menggunakan 3 pasang lempeng seng dengan paku besi, masing-masing tancapkan pada kentang, kemudian rangkai dan hubungkan dengan lampu kecil. Hasilnya nanti laporkan kepada Bapak pada pelajaran IPA yang akan datang. Pertanyaan: 1. Jika Anda memperhatikan kasus pembelajaran IPA di atas, tuliskan lima kelemahan utama pembelajaran yang disampaikan Pak Rahmat! 2. Jika Anda diminta memperbaiki pembelajaran IPA yang disampaikan Pak Rahmat, tuliskan satu rumusan masalah sesuai dengan pendekatan dan metode pembelajaran yang ingin dikembangkan Pak Rahmat! 3. Jika Anda yang akan mengajarkan topik tersebut di kelas yang sama, susunlah langkah-langkah pembelajaran yang akan Anda tempuh mulai dari membuka pelajaran, melaksanakan kegiatan inti, sampai dengan penutupan pelajaran. Untuk setiap langkah, uraikan secara jelas apa yang dilakukan oleh guru dan murid. Berikan alasan singkat untuk setiap langkah yang Anda cantumkan. Alasan tersebut dapat bersumber dari teori yang Anda kuasai atau dari pengalaman Anda sendiri sebagai guru. 25 10 65 Buku Panduan Tugas Akhir Program Program Sarjana FKIP Edisi ke-12 hal 104
Jawaban:
56 cm dan 45 dengan cara 13cm
8. LEMBARAN KERJA SISWABacalah kutipan berikut, tentukan jenis bukunya, dan berikan alasan-alasannya. Diskusikan dalamkemlomok untuk menjawabnya!Kutipan 1Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telahmenjadi bagian dan budayaIndonesia (khususnya Jawa). Y ang merupakanwarisan nenek moyang bangsa Indonesia sejakdahulu kala. Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangankerajaan Majapahit dan kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan perkembangan batikbanyak dilakukan pada masa-masa kerajaa nMataram, kemudian pada kerajaan Solo danYogyakarta. Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi turun menurun, sehingga kadangkalasuatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu.Kutipan 2"Setiap han Aisyah tidurnya jam 10 malam d an bangun setiap jam 01, sungguh keistiqomaanyang luar biasa Ukhty. Dia selalu menangis dalam ibadahnya apalagi waktu mahallulqiyam.Sungguh Aisyah mempunyai keistimewaan yang tersimpan di dalamnya" ucapan Virdamengakhiri cenitnya. Kisah yang Virda cent akan tak membuatku lega akan tetapi membuat sayasemakin penasaran dengan sosok Aisyah, sungguh aku sangat mengaguminya. Aku menyimpanberibu pertanyaan kepadanya, tapi saya tetap tutup mulut sampai pelatihan berakhirKutipan. Janis buku. alasan1
Jawaban:
ya sama kelompompok kamu tentuin jawabanya
Penjelasan:
maaf kalo salah
9. 1). Tuliskan pengalaman pribadimu, baik yang berkesan, menyedihkan, maupun menggembirakan. Tuliskan dalam tiga paragraf!Perhatikanlah puisi berikut untuk soal no. 2 dan 3. SamudraMenatapi ombak yang bergulung-gulungBagai berkejaranSejauh mata memandang seperti tak berbatasBurung-burung beterbanganKapal-kapal dengan layar terkembangTerlihat di samudra yang luasAlam ternyata sangat indahSumber kehidupansemua itu ciptaan-Nya yang harus kami jaga Karya Kevin Andi Pratama Sumber: Kompas Anak, 6 April 20082). Makna yang dapat kamu ambil dari puisi tersebut adalah ....3). Berdasarkan isi puisi tersebut, nada, suasana, dan iramanya yang tepat adalah ....4). Tulislah pengalaman pribadimu tentang apa saja !5). Jelaskan pendapatmu tentang cara mem bacakan Pembukaan UUD 1945, Janji Siswa, dan Doa !6). Jelaskan pendapatmu tentang manfaat mem baca dan mengomentari buku dongeng !Catatan :a.Soal ditulis beserta jawabanb. Pengumpulan tugas lebih cepat lebih baikc. Jgn tunda smpai besok ap yg dpt dikerjakan hari initolong jawab kan donk kak
Jawaban:
no 2 adalah sumber kehidupan
Jawaban:
nomer 1. berdasarkan pengalaman diri sendiri
10. 1. Teks yang berisi pernyataan-pernyataan yang mendorong seseorang untuk mengikuti ajakan atau bujukan, harapan atau keinginan-keinginan, ataupun imbauan penulis adalah teks .... A. persuasi B. eksplanasi C. argumentasi D. deskripsi 2. Secara tersurat (eksplisit), kalimat persuasif biasanya ditandai oleh kata-kata berikut, kecuali .... A. jangan B. harus C. meski D. hendaknya 3. Struktur teks persuasi yang benar adalah .... A. rangkaian argumen, pengenalan isu, pernyataan ajakan, penegasan kembali. B. rangkaian argumen, pernyataan ajakan, penegasan kembali, pengenalan isu. C. pengenalan isu, penegasan kembali, rangkaian argumen, pernyataan ajakan. D. pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, penegasan kembali. 4. Paragraf berikut yang merupakan kutipan teks persuasi adalah .... A. Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya. B. Bertepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP se-Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se-Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara ini digunakan sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek. C. Penyebab seseorang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur. Misalnya, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi sayur dan buah, dan kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang. D. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu. 5. Perhatikan kutipan teks berikut! Menurut para ahli kesehatan, hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur dan sering terlambat makan. Mereka pun kurang mengonsumsi sayur dan buah; juga kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang. Simpulan cuplikan teks tersebut adalah .... A. Hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan adalah sering terlambat makan. B. Hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan adalah pola makan yang tidak teratur. C. Agar tidak mengalami gangguan pencernaan, kita harus makan dengan pola makan sehat dan seimbang. D. Mereka pun kurang mengonsumsi sayur dan buah; juga kurang memperhatikan gizi makanan. 6. Berikut adalah langkah-langkah untuk merumuskan simpulan, kecuali ... A. Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks itu. B. Memahami hubungan logis antarbagian penting teks itu. C. Mencatat ulang antarbagian penting teks itu. D. Membaca keseluruhan isi teks. 7. Kalimat berikut yang merupakan pendapat adalah .... A. Lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan. B. Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja. C. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja. D. Kita bisa bertanggung jawab atas pilihan kita tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari. 8. Kalimat yang merupakan fakta adalah .... A. Kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi. B. Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja. C. Mereka yang terjerumus melakukan hubungan seksual sebelum menikah, mungkin saja karena tidak memiliki iman. D. Kita bisa bertanggung jawab atas pilihan kita tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari. 9. Dari deretan kata berikut yang merupakan kata-kata penghubung yang argumentatif adalah .... A. dan, sebab, atau, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu. B. jika, atau, karena, dengan demikian, sebaiknya, oleh karena itu. C. dan, sebab, karena, alangkah baiknya, atau, oleh karena itu. D. jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu. 10. Kata-kata yang digunakan sebagai kata kerja mental adalah .... A. berdasarkan data..., merujuk pada pendapat..., seperti yang dinyatakan oleh.... B. seperti diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, menduga. C. jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu. D. dengan demikian, oleh karena itu, berpendapat, berasumsi, menyimpulkan.
Berikut jawaban jawaban soal di atas:
Teks yang berisi ajakan bujukan, harapan, keinginan, ataupun himbauan penulis adalah teks A. Persuasi.Secara tersurat, kalimat persuasif biasanya tidak ditandai oleh kata kata C. Meski.Struktur teks persuasi yang benar adalah D. Pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, penegasan kembali.Paragraf yang merupakan kutipan teks persuasi adalah paragraf C. Penyebab seseorang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur. Misalnya, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi sayur dan buah, dan kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.Simpulan dari cuplikan teks di atas adalah C. Agar tidak mengalami gangguan pencernaan, kita harus makan dengan pola makan sehat dan seimbang.Langkah langkah yang tidak dilakukan dalam merumuskan simpulan adalah C. Mencatat ulang antarbagian penting teks itu.Kalimat yang merupakan pendapat adalah D. Kita bisa bertanggung jawab atas pilihan kita tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari.Kalimat yang merupakan fakta adalah B. Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat.Yang merupakan kata kata penghubung argumentatif adalah C. Jika, sebab, karena, dengan demikian, sebaiknya, oleh karena itu.Yang digunakan sebagai kata kerja mental adalah B. Seperti diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, menduga.Pembahasan
1. Teks persuasi adalah teks yang menyatakan dorongan, bujukan, dan ajakan untuk meyakini pembaca agar megikuti harapan dan keinginan keinginan penulis.
2. Biasanya secara tersurat kalimat persuasif ditandai dengan kata kata seperti:
JanganHendaknyaHarusnya3. Dalam menulis teks persuasi harus sesuai dengan struktur yang ada, yakni:
Pengenalan isuRangkaian argumenPernyataan ajakanPenegasan kembali4. Kutipan teks persuasi ditandai dengan kata saran, kata ajakan, kata rujukan, kata kerja mental, dan kata hubung argumentatif.
5. Simpulan merupakan ringkasan atau pernyataan secara singkat yang menggambarkan seluruh isi teks atau paragraf. Berikut cara menentukan simpulan:
Mencari dan menggabungkan kalimat sebab-akibat atau akibat-debab dari dalam teks atau paragraf.Mencari ide pokok.Menentukan kalimat utama dan kalimat simpulan.6. Berikut ini adalah langkah langkah menentukan kalimat simpulan:
Mencatat bagian bagian penting dalam teks.Memahami hubungan logis antarbagian penting dalam teks.Membaca isi teks secara keseluruhan.7. Kalimat pendapat adalah kalimat yang biasanya ditandai dengan kata:
BisaMungkin sajaMenurut8. Kalimat fakta adalah kalimat yang biasanya ditandai dengan data angka, hasil penelitian dan observasi atau jumlah yang benar benar terjadi.
9. Kata hubung argumentatif adalah kata hubung yang menguatkan argumen sebelumnya. Contoh kata hubung argumentatif:
JikaSebabKarenaDengan demikianAkibatnyaOleh karena itu10. Kata kerja mental adalah kata kerja yang menunjukkan tingkah laku.
MemprihatinkanMemperkirakanMengagumkanMendugaPelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian dan penjelasan teks persuasi https://brainly.co.id/tugas/14163675Materi tentang kata hubung argumentatif https://brainly.co.id/tugas/15047134Materi tentang kata kerja mental https://brainly.co.id/tugas/4202572-----------------------------
Detail jawaban
Kelas: -
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab: Teks Persuasi
Kode: -
#TingkatkanPrestasimu
Posting Komentar untuk "Buku Catatan Perkembangan Siswa"