Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 14-16


Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 14-16

Jawaban bahasa Indonesia halaman 14-16 kelas 9

Daftar Isi

1. Jawaban bahasa Indonesia halaman 14-16 kelas 9


Bahasa Indonesia halaman 14-19 kelas 9 adalah menyimpulkan informasi laporan percobaan dari laporan tentang Venus, kelelawar, dan rantai makanan di Antartika. Pada kolom sebelah kanan, menggunakan kata atau frasa benda (nomina) untuk mengidentifikasi informasi yang telah dikumpulkan sebelumnya

Pembahasan

Frasa nomina adalah kalimat yang terdiri dari beberapa kata yang membentuk kelas kata benda.

Laporan tentang Venus yaitu

1. Venus adalah planet dalam sistem tata surya kita.

Catatan informasi: pengertian planet Venus.

2. Venus sama besarnya dengan bumi.

Catatan informasi: Ukuran planet Venus.

3. Venus adalah planet.

Catatan informasi: Jenis planet Venus.

4. Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman.

Catatan informasi : Warna planet Venus.

5. Venus merupakan planet kedua dari Matahari antara Merkurius dan Bumi.

Catatan indormasi: posisi planet Venus.

6. Venus mengedari Matahari selama 235 hari Bumi.

Catatan informasi Waktu peredaran planet Venus

7. Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi.

Catatan informasi: Waktu rotasi planet Venus.

8. Venus sangat tua dan berbatu.

Catatan informasi: Kondisi planet Venus.

9. Langitnya oranye dengan kilatan cahaya petir.

Catatan informasi: Keadaan langit planet Venus.

Pelajari lebih lanjut

Pengertian teks laporan percobaan dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/30289716

Laporan tentang kelelawar dan rantai makanan dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/16461520

Latihan kebahasaan kata tugas pada teks Tikus dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/16928080

----------------------------------

Detail tambahan

Kelas: IX

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Melaporkan Hasil Percobaan (bab 1)

Kode kategori: 9.1.1

#JadiRankingSatu


2. Jawaban bahasa indonesia halaman 14-16 kelas 9 kelalawar merupakan mamalia


Jawaban:

Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang dapat terbang, dan berasal dari ordo Chiroptera dengan kedua kaki depan yang berkembang menjadi sayap.

Penjelasan:

Nama ilmiah: Chiroptera

Lama hibernasi: 183 hari

Tingkatan takson: Ordo

Klasifikasi lebih tinggi: Scrotifera

TERIMAKASIHDANSELAMATBELAJAR~~


3. Jawaban soal bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 tabel halaman 14-16


Frasa nomina adalah rangkaian kata yang terdiri dari dua kata atau lebih dan memiliki modifikator atau inti yang berasal dari kelas kata benda atau nomina.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan catatan informasi dalam bentuk nomina atau frasa nomina dari teks laporan Venus, Kelelawar, serta Rantai Makanan di Antartika. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Venus

Venus adalah planet dalam sistem tata surya kita. (Catatan informasi: Pengertian planet Venus)Venus sama besarnya dengan bumi. (Catatan informasi: Ukuran planet Venus)Venus adalah planet. (Catatan informasi: Kategori planet Venus)Warnanya oranye kekuninigan dengan beberapa kehitaman. (Catatan informasi: Warna planet Venus)Venus merupakan planet kedua dari Matahari antara Merkurius dan Bumi. (Catatan informasi: Lokasi planet Venus)Venus mengedari Matahari selama 235 hari Bumi. (Catatan informasi: Periode revolusi planet Venus)Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi. (Catatan informasi: Periode rotasi planet Venus)Venus sangat tua dan berbatu. (Catatan informasi: Kondisi planet Venus)Langitnya oranye dengan kilasan cahaya petir. (Catatan informasi: Kondisi langit planet Venus)

Kelelawar

Kelelawar merupakan mamalia. (Catatan informasi: Kategori kelelawar)Mereka satu-satunya mamalia yang dapat terbang. (Catatan informasi: Kemampuan kelelawar)Ada lebih dari seribu jenis kelelawar seperti kelelawar vampir, kelelawar telinga-panjang, kelelawar ekor-tiga, dan kelelawar buah. (Catatan informasi: Jenis kelelawar)Kelelawar tampangnya mirip tikus. Saat terbang bersama, mereka seperti tikus terbang. (Catatan informasi: Penampilan kelelawar)Beberapa kelelawar makan darah, buah, ikan, dan kaktus. (Catatan informasi: Makanan kelelawar)Kelelawar dapat mendengar dari jarak satu kilometer. (Catatan informasi: Kemampuan pendengaran kelelawar)Mereka jenis nokturnal. (Catatan informasi: Waktu aktivitas kelelawar)Kelelawar melihat dengan pupil. Oleh sebab itu, mereka membuka matanya lebar-lebar untuk melihat. (Catatan informasi: Kemampuan penglihatan kelelawar)

Rantai Makanan di Antartika

Semua kehidupan di Antartika adalah di dalam laut. Di kedalaman laut biru ada jaringan makanan. (Catatan informasi: Kehidupan Antartika)Pertama, ada plankton, phyto plankton, (dua bentuk kehidupan yang sangat kecil, mikroskopik) dan diatom di dasar rantai makanan. (Catatan informasi: Kelompok produsen)Bentuk kehidupan kecil ini merupakan bagian dari kelas 'Produsen primer'. (Catatan informasi: Produsen primer)Mereka dimakan oleh konsumen primer yang lebih besar seperti Kriil, rebon (udang kecil), dan ikan-ikan kecil. (Catatan informasi: konsumen primer)Kriil adalah makhulk mirip ikan dengan sepuluh kaki. (Catatan informasi: Pengertian kriil)Rebon mirip udang. (Catatan informasi: penampilan rebon)Makhluk-makhluk ini memakan makhluk konsumen primer lebih kecil dan dimakan konsumen sekunder. (Catatan informasi: Peristiwa memakan dimakan)Konsumen sekunder terdiri atas paus (khususnya paus biru), anj*ng laut, ikan-ikan lebih besar, dan penguin. (Catatan informasi: konsumen sekunder)Paus biru dapat mencapai berat seratus tujuh puluh empat ton dan merupakan paus terbesar yang pernah ada. (Catatan informasi: Berat paus biru)Semua konsumen sekunder cukup tinggi dalam rantai makanan, tetapi tidak cukup tinggi (bukan predator). (Catatan informasi: Poisisi konsumen sekunder)Predator puncak di Antartika hanya memiliki satu anggota - paus pembunuh, karnivora mesin pembunuh sepanjang 27 kaki. (Catatan informasi: Predator puncak)Dengan gigi luar biasa, mereka adalah puncak dari jaring makanan. (Catatan informasi: puncak jaring makanan)

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang frasa nomina:

https://brainly.co.id/tugas/17131260

Detil jawaban

Kelas: IX

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: -

Kode kategori: -

Kata kunci: frasa nomina


4. TOLONG BANTU YA1. Tono berasal dari suku Jawa. Lubis berasal dari suku Batak. Meskipun berbeda asal daerah sikap mereka sebaiknya *a. bertengkarb. tetap rukunc. bermusuhand. saling mengejek2. Perhatikan bentuk kerja sama berikut ini !(1) Gotong royong mendirikan pos kamling.(2) Kerja bakti membersihkan halaman sekolah.(3) Kerja sama saat mengerjakan ulangan.(4) Kerja sama untuk berbohong pada guru.Bentuk kerja sama yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan oleh .... *a. (1) dan (2)b. (2) dan (3)c. (2) dan (4)d. (3) dan (4)3. Menerapkan sikap saling menghormati, menghargai, dan menyayangi antara sesama manusia dapat menciptakan .... *a. perpecahanb. perselisihanc. kerukunand. keributan4. Contoh peran serta siswa untuk ikut memperkuat persatuan bangsa Indonesia adalah .... *a. membantu korban bencana alamb. menjadi duta sekolah ke sekolah lainc. mengikuti upacara budaya asing yang masuk ke Indonesiab. membina kerukunan hidupbenderad. ikut serta dalam komponen pertahanan Negara5. Salah satu tindakan yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa adalah .... *a. menyaring budaya asingb. menghargai adat istiadatc. menganggap sukunya lebih tinggi dari suku laind. mempelajari budaya asing yang sesuai6. Pohon beringin merupakan lambang Pancasila sila .... *a. pertamab. keduac. ketigad. keempat7. Tono, Lubis, Ali, dan Melky berasal dari daerah yang berbeda-beda. Sehari-hari mereka berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Mereka juga selalu rukun saat bermain bersama. Sikap yang ditunjukkan oleh mereka merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan .... *a. pertikaianb. persatuanc. permusuhand. pertengkaran8. Apabila kamu berbeda agama dengan temanmu, maka kamu harus .... *a. menghardikb. menghormatic. mengganggud. membentak9. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh kegiatan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan antarwarga sekolah adalah .... *a. mengadakan belajar bersamab. menghormati bapak dan ibu guruc. bertengkar dengan temand. bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah10. Cara menjaga keutuhan negara Indonesia adalah dengan menjaga persamaan yang ada. Salah satu persamaan yang dimiliki bangsa Indonesia dan diikrarkan dalam Sumpah Pemuda adalah .... *a. agamab. bahasa daerahc. warna kulitd. tumpah darah11. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !(1) Menumbuhkan rasa kepedulian.(2) Menimbulkan keributan.(3) Meningkatkan kerukunan.(4) Memicu konflik.Manfaat hidup bersatu di lingkungan keluarga ditunjukkan oleh nomor .... *a. (1) dan (2)b. (1) dan (3)c. (2) dan (3)d. (2) dan (4)12. Berikut ini merupakan contoh perilaku yang menerapkan persatuan dan kesatuan dimasyarakat adalah .... *a. piket membersihkan kelasb. kerja bakti membuat taman sekolahc. gotong royong membangun pos kamlingd. kerja sama membersihkan halaman rumah13. Berikut ini yang bukan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah .... *a. tidak membeda-bedakan temanb. meningkatkan kerukunan antarwargac. menumbuhkan rasa menghargai temand. menciptakan rasa peduli terhadap teman14. Menjaga keutuhan bangsa serta menghindari adanya perpecahan merupakan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan .... *a. keluargab. masyarakatc. bangsa dan negarad. sekolah15. Negara Kesatuan Republik Indonesia bukanlah negara yang berdiri dengan sendirinya, tetapi melalui .... *a. pengorbanan jiwa, raga, dan harta seluruh rakyatb. pemberian pemerintah Jepangc. hasil perjuangan para pemimpin terdahulud. perjuangan para pahlawan semata16. Berikut ini yang tidak termasuk kata tanya adalah .... *a. siapab. adapunc. apad. kapan17. Kata tanya untuk menanyakan keadaan tentang suatu hal adalah *a. di manab. bagaimanac. mengapad. kapan18. Sebuah kalimat tanya diakhiri dengan tanda .... *a. (.)b. (!)c. (?)d. (,)19. Fungsi kalimat tanya dalam bahasa Indonesia adalah .... *a. untuk menanyakan sesuatu, baik berupa benda, perbuatan, atau situasib. untuk meminta orang lain melakukan kegiatan sesuai dengan permintaanc. sebagai penjelas dalam sebuah kalimatd. memenuhi unsur dari sebuah kalimat sempurna20. Indra "... sistem bercocok tanam yang baik?"Petani: "Harus mengolah tanah secara baik dan memilih bibit yang berkualitas."Kata tanya yang tepat diucapkan oleh Indra dalam percakapan tersebut adalah .... *a. Bagaimanab. Apakahc. Mengapad. Di mana21. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri pada pilihan jawaban yang benar pada kalimat efektif adalah ....a. ketegasanb. kecermatanc. kepaduand. ketidaksesuaian22. Keseimbangan antara gagasan dan struktur bahasa yang digunakan disebut juga .... *a. kesejajaranb. kesepadananc. kecermatand. kehematan​


Jawaban:

b. tetap rukuna. (1) dan (2)c. kerukunana. membantu korban bencana alamc. menganggap sukunya lebih tinggi dari suku lainc. ketigab. persatuanb. menghormatic. bertengkar dengan temanb. bahasa daerahb. (1) dan (3)c. gotong royong membangun pos kamlingb. meningkatkan kerukunan antarwargab. masyarakatc. hasil perjuangan para pemimpin terdahulub. adapunb. bagaimanac. (?)a. untuk menanyakan sesuatu, baik berupa benda, perbuatan, atau situasia. Bagaimanad. ketidaksesuaianc. kecermatan

Penjelasan:

THANK YOU


5. kak tolong di jawab ya nanti aku kasih jawaban terbaik sama aku followLatihan soal-soal PPKN Kls 6 menghadapi ujian Semester 1Jawabannya1. Nilai pertempuran yang menonjol dalam menyatukan ketidaksepakatan dalam prosesBPUPKI dan PPKI adalah nilai.A. keilahianB. siap berkorbanC. kebersamaanD. ketulusan2. Nilai pertempuran adalah sesuatu.A. berharga dalam pertempuranB. berguna dalam pertempuranC. menghalangi pertarunganD. menjadi alat perjuangan3. Berikut ini tidak termasuk dalam fase proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, yaitu pertemuan.A. BPUPKI IB. Komite SembilanC. PPKID. Majelis Konstituante4. Ketua BPUPKI adalah …A. Drs. Moh. HattaB. Ir. SoekarnoC. dr. Rajiman WedyodiningratD. Tuan Moh. Yamin5. Inilah nilai-nilai perjuangan yang tidak menghidupkan kembali para pejuang kemerdekaan pada saat perumusan Pancasila sebagai dasar negara, yaitu.A. String terlampirB. ketulusanC. ketahananD. kebersamaan6. Contoh wujud dari nilai kebersamaan dalam kehidupan siswa, misalnya.A. Lihat teman yang sakitB. Bantu orang untuk bertarungC. Beri makan orang miskinD. Membantu teman yang sedang ujian7. Tono, Lubis, Ali, dan Melky berasal dari daerah yang berbeda-beda. Sehari-hari mereka berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Mereka juga selalu rukun saat bermain bersama. Sikap yang ditunjukkan oleh mereka merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan ....a. pertikaianb. persatuanc. permusuhand. pertengkaran8. Apabila kamu berbeda agama dengan temanmu, maka kamu harus ....a. menghardikb. menghormatic. mengganggud. membentak9. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh kegiatan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan antarwarga sekolah adalah ....a. mengadakan belajar bersamab. menghormati bapak dan ibu guruc. bertengkar dengan temand. bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah10. Cara menjaga keutuhan negara Indonesia adalah dengan menjaga persamaan yang ada. Salah satu persamaan yang dimiliki bangsa Indonesia dan diikrarkan dalam Sumpah Pemuda adalah ....a. agamab. bahasa daerahc. warna kulitd. tumpah darah11. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !(1) Menumbuhkan rasa kepedulian.(2) Menimbulkan keributan.(3) Meningkatkan kerukunan.(4) Memicu konflik.Manfaat hidup bersatu di lingkungan keluarga ditunjukkan oleh nomor ....a. (1) dan (2)b. (1) dan (3)c. (2) dan (3)d. (2) dan (4)12. Berikut ini merupakan contoh perilaku yang menerapkan persatuan dan kesatuan dimasyarakat adalah ....a. piket membersihkan kelasb. kerja bakti membuat taman sekolahc. gotong royong membangun pos kamlingd. kerja sama membersihkan halaman rumah13. Berikut ini yang bukan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah ....a. tidak membeda-bedakan temanb. meningkatkan kerukunan antarwargac. menumbuhkan rasa menghargai temand. menciptakan rasa peduli terhadap teman14. Menjaga keutuhan bangsa serta menghindari adanya perpecahan merupakan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan ....a. keluargab. masyarakatc. bangsa dan negarad. TV melalui ....a. pengorbanan jiwa, raga, dan harta seluruh rakyatb. pemberian pemerintah Jepangc. hasil perjuangan para pemimpin terdahulud. perjuangan para pahlawan semata16. Perhatikan pernyataan pernyataan berikut !(1) Saling menyayangi.(2) Hidup tenteram.(3) Ada pertikaian.(4) Saling bermusuhan.Manfaat hidup rukun ditunjukkan oleh nomor ....a. (1) dan (2)b. (1) dan (3)c. (2) dan (3)d. (2) dan (4)17. Pancasila menanamkan sifat persatuan untuk menciptakan ....a. kerukunanb. permusuhanc. perdebatand. perselisihan18.Perhatikan pernyataan-pernyataan berkut !(1) Menjalin persahabatan.(2) Saling bertegur sapa.(3) Saling memusuhi.(4) Membuat fitnah.Cara menjaga kerukunan dengan tetangga ditunjukkan oleh nomor ....a. (1) dan (2)b. (1) dan (3)c. (2) dan (3)d. (2) dan (4)19. Menjaga persatuan dan kesatuan NKRI adalah tugas dari ....a. Presidenb. Menteric. TNId. semua warga Negara Indonesia20. Salah satu rumusan dasar negara yang disusun oleh Moh. Yamin adalah ....a. Peri kemanusiaanb. Persatuanc. Musyawarahd. Kesejahteraan nasional22. Tiga tokoh indonesia yang mengusulkan dasar negara pada waktu sidang BPUPKI adalah ....a. Moh. Hatta, Moh. Yamin dan Supomob. Moh. Hatta, Log yamin, Sukarnoc. Sukarno, Supomo, Moh. Yamind. Moh. Yamin, Sukarno, Subarjo23. Panitia perancang undang-undang beranggotakan ... oranga. 8b. 7c. 9d. 1124. Pancasila lahir pada tanggal ....a. 29 meib. 1 junic. 1 julid. 17 agustus25. Yang bukan anggota panitia sembilan adalah ....a. Ir. Sukarnob. K.H Agus salimc. Muzakird. Dr. Radjiman widyodiningrat​


Jawaban:

1) C. Kebersamaan

2) A. Berharga dalam pertempuran

3) D. Majelis Konstituante

4) C. dr. Rajiman Wedyodiningrat

5) A. String terlampir

6) A. Lihat (Menjenguk) teman yang sakit

7) B. Persatuan

8) B. Menghormati

9) D. Bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah

10) D. Tumpah darah

11) B. 1 dan 3

12) C. Gotong royong membangun pos kamling

13) B. Meningkatkan kerukunan antarwarga

14) C. Bangsa dan negara

15) -------------

16) A. (1) dan (2)

17) A. Kerukunan

18) A. (1) dan (2)

19) D. Semua warga Negara Indonesia

20) A. Peri kemanusiaan

21) --------------

22) C. Sukarno, Supomo, Moh. Yamin

23) C. 9

24) B. 1 juni

25) D. Dr. Radjiman widyodiningrat

Penjelasan:

No. 15 dan 21 Tidak ada.

Semoga dapat membantu.


6. 1. Apakah فِي اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ …. *أ‌. مَنْب. اَيْنَج. هَلْد. مَاPertanyaan ini wajib diisi2. هَلْ مَكْتَبَةٌ اَمَامَ الفَصْلِ ؟ لاَ , بَلْ مَكْتَبَةٌ اَمَامَ مَسْجِدِ. Arti kalimat disamping adalah .... *أ‌. Apakah perpustakaan di depan kelas? ya, perpustakaan di depan masjidب. apakah perpustakaan di depan masjid?ج. Apakah perpustakaan di depan kelas? tidak, perpustakaan di depan masjidد. Tidak, perpustakaan di depan kelas3. المَكْتَبَةُ ....(Luas) *أ‌. نَظِيْفٌب. وَاسِعَةٌج. وَاسِعٌد. جَمِيْلٌ4. كَيْفَ Arti kata disamping adalah …. *أ‌. Apakahب. Bagaimanaج. Dimanaد. Apa5. “ Peta indonesia”. Jika diterjemahkan ke bahasa Arab … *أ‌. خَرِيْطُ اِنْدُوْنِيْسِيَّاب. خَرِيْطَةُ اِنْدُوْنِيْسِيَّاج. جَرِيْدَةُ اِنْدُوْنِيْسِيَّاد. مَجَلاَّتُ اِنْدُوْنِيْسِيَّا6. هَذَا مَكْتَبٌ وَ هذِهِ .... *أ‌. قَلَمٌب. جَرِيْدَةٌج. فَصْلٌد. كُتُبٌ7. Koran disamping majalah. "Disamping" bahasa Arabnya adalah.... *أ‌. وَرَاءَب. فِىج. أَمَامَد. جَانِبَ8. نَظِيْفَةٌ artinya .... *أ‌. Kotorب. Luasج. Bersihد. Tinggi9. "Peta di atas lemari". Bahasa Arabnya adalah ... *أ‌. الخَرِيْطَةُ فَوْقَ الخِزَانَةِب‌. الخَرِيْطَةُ تَحْتَ الخِزَانَةِج‌. الجَرِيْدَةُ فَوْقَ الخِزَانَةِد‌. الجَرِيْدَةُ تَحْتَ الخِزَانَةِ10. هَلْ مَجَلَّةُ فِى الرَّفِّ ؟ ... مَجَلَّةُ فِى الرَّفِّ *أ‌. لاَب‌. بَلْج‌. نَعَمْد‌. هَلْ11. يَذْهَبُ التَّلاَمِيْذُ اِلَى المَكْتَبَةِ. Artinya ... *أ‌. Hasan pergi ke masjidب‌. Hasan pergi ke halamanج‌. Hasan pergi ke perpustakaanد‌. Hasan pulang dari perpusatakaan12. "Di kebun", bahasa arabnya adalah .... *أ‌. فِى الْمَكْتَبَهِب‌. فِى الفَصْلِج‌. فِى الْمَسْجِدِد‌. فِى البَيْتِ13. مَجَلَّةُ ؟ الْمَجَلَّةُ ... الجَرِيْدَةُ ( disamping) *أ‌. اَمَامَب‌. وَرَاءَج‌. فِىد‌. جَانِبَ14. صَبَاحَ الخَيْرِ ! صَبَاحَ .... *أ‌. الخَيْرِب‌. النُّوْرِج‌. حَسَنُد‌. مَسَاءُ15. فِى الْمَكْتَبَةِ كُتُبٌ كَثِيْرَةٌ Artinya… *أ‌. Di kelas terdapat buku-buku yang banyakب‌. Di sekolah terdapat buku-buku yang banyakج‌. Di perpustakaan terdapat buku-buku yang sedikitد‌. Di perpustakaan terdapat buku-buku yang banyak16. Perpustakaan yang luas dan bersih. Bahasa arabnya adalah …. *أ‌. الْمَكْتَبَةُ نَظِيْفَةٌ وَ وَسِعَةٌب‌. الْمَكْتَبَةُ وَاسِعَةٌ وَ نَظِيْفَةٌج. الْمَكْتَبَةُ وَاسِيْعَةٌ وَ نَظِيْفَةٌد. الْمَكْتَبَةُ وَاسِعٌ وَ نَظِيْفٌ17. Buku matematika di atas meja. Bahasa arabnya adalah … *أ‌. كِتَابُ الرِّيَاضِيَّةِ فِى الْمَكْتَبِب‌. كِتَابُ الرِّيَاضِيَّةِ وَرَاءَ الْمَكْتَبِت‌. كِتَابُ الرِّيَاضِيَّةِ فَوْقَ الْمَكْتَبِث‌. كِتَابُ الرِّيَاضِيَّةِ جَانِبَ الْمَكْتَبِ18. “Dimana”, Bahasa arabnya adalah … *أ‌. هَلْب‌. كَيْفَت‌. اِلَى اَيْنَث‌. أَيْنَ19. مَجَلَّةٌ Artinya …. *أ‌. Luasب‌.Majalahج. Koranد. Lemari20. أَيْنَ مَكْتَبَةٌ ؟ Arti pertanyaan disamping adalah …. *أ‌. Perpustaaan di depan masjidب‌. Apa itu?ج. apakah itu perpustakaan?د. Dimana perpustakaan?tolong di jawab kak​


Jawaban:

1.A

2.c

3.b

4.b

5.b

6.b

7.d

8.c

9.a

10.c

11.c

12.d

13.d

14.b

15.d

16.c

17.a

18.d

19.b

20.d

Penjelasan:

jangan lupa follow yah


7. PKN1. Mendapatkan pelajaran ketika di kelas, merupakan…di sekolah.a. Kewajiban siswa c. hak siswab. Persatuan siswa d. hak guru2. Segala sesuatu yang harus kita kerjakan disebut…a. Hak c. kewajibanb. Disiplin d. tanggung jawab3. Contoh hak di rumah adalah..a. Melaksanakan tugas piket c. mendapat pelajaran dari gurub. Mendapat nafkah dari orang tua d. mendapatkan perhatian teman4. Contoh tanggung jawab pada diri sendiri adalah..a. Beribadah c. menjaga kebersihanb. Menjadi juara kelas d. membantu orang tua5. Menaati peraturan undang-undang berlaku membayar pajak ikut berpartisipasi dalam pembangunan dan kesejahteraan umum merupakan kewajiban..a. Warga negara c. komunitas tertentub. Sebagian negara d. warga negara asingBAHASA INDONESIA6. Teks eksplanasi ilmiah adalah yang menerangkan suatu proses yang bersifat..a. Menguntungkan c. ilmu logika dan akalb. Ilmu pengetahuan alam d. ilmu ekonomi dan bisnis7. Teks eksplanasi terdiri dari…a. Penjelasan, uraian, dan kesimpulanb. Pembukaan, kesimpulan, dan penutupc. Kesimpulan, keterangan, penjelas, dan tambahand. Pernyataan umum, deretan penjelas, dan kesimpulan8. Para siswa-siswa sedang belajar di kelas.Kalimat tersebut adalah kalimat yang tidak efektif, perbaikan yang benar adalah..a. Siswa-siswa sedang belajar-belajar di kelas.b. Para siswa sedang belajar di kelas-kelas.c. Para-para siswa sedang belajar di kelas. d. Para siswa sedang belajar di kelas. 9. Kalimat di bawah ini yang tidak efektif adalah..a. Semua bola gudang sudah rusak.b. Para guru sedang rapat di aula sekolah.c. Murid-murid sedang istirahat di halaman sekolah.d. Setiap warga-warga harus membayar iuran kebersihan10. Kosakata baku adalah kosakata bahasa Indonesia yang sesuai dengan..a. Undang-Undang Dasar c. Kamus Besar Bahasa Indonesiab. Norma kesopanan dan kesusilaan d. Pedoman umum ejaan bahasa IndonesiaIPS11. Penemuan- penemuan yang di lakukan oleh manusia akan berdampak baik bagi kehidupan jika di gunakan dengan cara..a. Benar dan bijak c. terbuka dan bebasb. Bijak dan tertutup d. mencari keuntungan12. Seorang ahli matematika yang menjadi penggagas utama dalam penemuan komputer adalah..a. Charles Babbage c. Nikola Teslab. Albert Einstein d. Michael Faraday13. Salah satu manfaat komputer dalam dunia pendidikan adalah..a. Untuk mencari hiburan dan lagu-lagub. Untuk membuat naskah soal ujianc. Untuk membuat desain bangunand. Untuk membuat kasir di toko14. Salah satu hal yang membuat para penemu dikenang sampai sekarang adalah..a. Berasal dari negara lain c. memiliki banyak kekayaanb. Memiliki nama yang bagus d. hasil temuanya bermanfaat15. Tokoh penemu lampu adalah..a. William Gilbert c. Michael Faradayb. Thomas Alva Edison d. Gugliemo MaroniIPA16. Susunan berbagai alat listrik dari sumber energi listrik disebut..a. Rangkaian seri c. rangkaian paralelb. Rangkaian listrik d. rangkaian monorail17. Lampu senter menggunakan rangkaian secara…a. Seri c. campurab. Paralel d. bersambung18. Berikut dampak positif di temukannya listrik adalah..a. Meningkatkan pengeluaran c. mempermudah pekerjaanb. Tidak terjadi apa-apa d. mempermudah dalam berbuat kriminal19. Rangkaian listrik paralel yang disusun secara bersusun atau bercabang disebut..a. Seri c. campuranb. Paralel d. seri paralel20. Lampu dapat menyala karena adanya..a. Stop kontak b. kabel listrik c. aliran listrik d. daya SBDP21. Nada ke enam pada tangga nada adalah..a. Mi b. sol c. fa d. la22. Jarak antara dua nada disebut..a. Interval b. melodi c. kuarted d. ritmis23. Berikut nada yang memiliki jarak 2 adalah..a. c-d b. c-e c. c-f d. c-c124. Nada berikut merupakan merupakan nada berjarak 1 yaitu..a. Do re b. do mi c. si la d. re fa25. Nada do mi memiliki jarak nada..a. ½ b. 1 c. 1 ⁄ d. 2plzz Minta tolong bnggttt:> (semampu kalian ajh:/)​


Jawaban:

1.A

2.D

3.C

4.D

5.A

6.B

7.B

8.D

9.A

10.B

11.A

12.A

13.B

14.D

15.B

16.B

17.A

18.A

19.B

20.C

21.D

22.A

23.??

24.A

25.A

Penjelasan:

Maaf ya kalo ada yang salah:'/


8. 1.kalimat perintah dibawah ini yang bernada menyidir terdapat pada....a.besok kamu jangan terlambat datang!b.saya minta kamu tetap menunggu disini!c.katanya pendekar,silahkan pukul aku!d.mari kita berdoa sejenak bagi korban bencana alam!e.jangan sekali kali menginjak halaman rumah itu!2.dibawah ini yg bukan cara untuk menghalus kalimat perintah,yaitu...a.pemakaian partikel/lah/b.penggunaan kata tolong atau sebaiknya c.pengubahan kestuktur tanyad.pengubahan kebentuk inversi 3.berikut ini yg bukan merupakan contoh kalimat perintah yg menggunakan partikel -lah adalaha.bersihkanlah kamarmu setiap hari!b.berdamailah dengan keadaan!c.berdoalah sebelum mengerjakan tugasmu hari ini!e.baiklah rekan² mari kita selesaikan pekerjaan kita!4.tabunglah uangmu untuk disempanan hari tua.kalimat perintah yg sepadan dengan kalimat diatas ialah...a.belajarlah hingga akhir hayatmu!b.kerjakanlah soal ini sampai selesai!c.pelajari halaman10,besok ulangan!d.pergilah segera,nenekmu sudah menunggu!e.hendaknya seseorang anak berbakti kepada orang tua!5.sebutkan bunga apa saja tang kamu miliki!kalimat diatas adalah contoh kalimat perintah yg...a.tidak membutuhkan responb.menghendaki respon sesaatc.menghendaki respon tindakand.menghendaki respon jawabane.responnya membutuhkan waktu lama6.kalimat perintah tidak ditandai oleh hal² sebagai berikut...a.penggunaan pola susun inversi (p-s)b.dalam bahasa tulis diakhir tanda titik (.)c.penggunaan partikel lah pada predikat verbae.penggunaan tanda seru(!) dalam bahasa tulis7.penulisan partikel/pun/dibawah ini yg tepat a.ia tetap tabah walaupun sedang menerimab.adik tetap berangkat biarpun hari hujanc.meskipun hidup pas-pasan,pak tono tampak bahagiad.untuk menghidupi keluarganya,mengamen pun ia lakukane.pergi pun saya mau kalau mau hendaki8.kalimat yg mengandung perintah atau permintaan agar orang lain melakukan suatu hal yg diinginkan disebut kalimat....a.kalimat langsungb.kalimat beritac.kalimat permintaan d.kalimat perintahe.kalimat tanya9.berikut ini merupakan contoh kalimat perintah,kecuali...a.siapa yg mengatakan hal itu?b.kerjakan soal ini sebaik²nya?c.letakkan buku² itu atas meja!d.laporkan segera anggaran pengeluaran bulan ini!e.tolong sampaikan kepada nya bahwa ia boleh datang besok!10.berikut ini yg merupakan contoh kalimat perintah yg menghendaki respon jawaban adalaha.tuliskan namamu dengan huruf balok!b.deklamasikan puisi didepan kelas!c.jelaskan pengertian rima!d.majulah beberapa langkah!e.bersihkan kamarmu sekarang! 11.Agar dalam penyusunan sebuah cerita dapat dilakukan dengan mudah,sebaiknya terlebih dahulu disusun...a.judul karanganb.pikiran penjelasc.pikiran utama d.kerangka karangane.pendahuluan12.proses tawar menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) yang lain disebut...a.tanya jawabb.bercakap-cakapc.diskusi d.negosiasie.debat13.pertukaran pikiran,pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan dengan tujuan mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat...a.negosiasib.debatc.tanya jawabd.diskusie.bercakap² 14.berikut ini yang bukan pihak yg terlibat dalam diskusia.moderator/ketua diskusi b.penanggung jawabc.peserta diskusid.sekretarise.peninjau maupun pengunjung15.Hal² yg tidak perlu diperhatikan oleh seorang moderator adalah...a.mendengarkan diskusi secara saksama b.membiarkan peserta diskusi berbicarac.memastikan semua peserta diskusi memperoleh kesempatan yg sama untuk berbicara d.mempersiapkan diri secara saksamae.mempertimbangkan faktor kenyamanan peserta16.hal yg sebaiknya dihindari dalam memberikan tanggapan,baik tanggapan setuju maupun tidak setuju seorang anggota diskusi adalah...a.menerima saja keputusam yg diambilb.menggunakan bahasa indonesia yg baik dan benarc.menghargai tanggapan orang laind.tata karma berdiskusie.menggunakan kalimat efektif


1) A
2) B
3) D
4) E
5) D
6) B
7) A
8) D
9) A
10) C
11) A
12) D
13) D
14) D
15) C
16) C

9. Mengidentifikasi Isi Teks Editorial "Kado Tahun Baru 2014 dari Pertamina"(Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/K Kurikulum 2013 Revisi 2018 | Halaman 87-88)1. Coba tulis kembali judul tulisan yang kamu baca.2. Apa yang kamu pahami dari judul tersebut? Rumuskan dalam kalimat baru pemahamanmu tersebut.3. Apa kata kunci dalam paragraf pertama?4. Rumuskan kembali dalam kalimat baru pernyataan umum dalam paragraf pertama kata kunci yang kamu temukan.5. Apa kata kunci dalam paragraf kedua?6. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf kedua berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.7. Apa kata kunci dalam paragraf ketiga?8. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf ketiga berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.9.Apa kata kunci dalam paragraf keempat?10. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf keempat berdasarkan kata kunci yang kamu temukan?11.Apa kata kunci dalam paragraf kelima?12. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf kelima berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.13.Apa kata kunci dalam paragraf keenam?14. Rumuskan kembali dalam kalimat baru penegasan dalam paragraf ketujuh berdasarkan kata kunci yang kamu temukan?15. Apa saja fakta-fakta yang disajikan dalam tulisan tersebut?16.Apa yang menjadi opini redaktur atas fakta tersebut?17.Menurutmu, tanggapan redaktur tersebut ditujukan kepada siapa? masyarakat atau pemerintah?18. Bagaimana sikap redaksi terhadap peristiwa tersebut? Mendukung, menolak atau netral?19. Bagaimana saran atau rekomendasi redaksi terhadap pihak yang dituju dalam teks editorial tersebut ?20. Buatlah ringkasan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu sebelumnya!


Jawaban:

1. Coba tulis kembali judul tulisan yang kamu baca.

Kado Tahun Baru 2014 dari Pertamina.

2. Apa yang kamu pahami dari judul tersebut? Rumuskan dalam kalimat baru pemahamanmu tersebut.

3. Apa kata kunci dalam paragraf pertama?

4. Rumuskan kembali dalam kalimat baru pernyataan umum dalam paragraf pertama kata kunci yang kamu temukan.

Untuk jawaban dari soal nomor 2, 3 dan 4 ini dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/24171934

5. Apa kata kunci dalam paragraf kedua?

6. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf kedua berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

7. Apa kata kunci dalam paragraf ketiga?

8. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf ketiga berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Untuk jawaban dari soal no 5, 6, 7, dan 8 dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/24549460

9. Apa kata kunci dalam paragraf keempat?

Langkah cekatan pemerintah, mengapresiasi, kenaikan harga elpiji non-subsidi 12 kg, pertanyaan, rencana Pertamina, Menko Ekuin, Menteri BUMN, tidak tahu, pendapat

10. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf keempat berdasarkan kata kunci yang kamu temukan?

Langkah cekatan pemerintah dalam mengapresiasi kenaikan harga elpiji non-subsidi 12 kg tetap menimbulkan pertanyaan apakah rencana Pertamina ini tidak ketahui Menko Ekuin dan Menteri BUMN serta tidak dimintai pendapat?

11. Apa kata kunci paragraf kelima?

dugaan, langkah pemerintah, reaksi semu, kekagetan, reaksi keras, pimpinan DPR RI, DPD RI, masyarakat luas, politisi, pencitraan, kesan, melindungi kebutuhan rakyat

12. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumen dalam paragraf kelima berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Dugaan atas langkah pemerintah ini merupakan reaksi semu karena kekagetan atas reaksi keras pimpinan DPR RI, DPD RI, dan masyarakat luas. Politisi menunjukkan pencitraan yang berkesan melindungi kebutuhan rakyat.

13. Apa kata kunci dalam paragraf keenam?

tidak bisa menerima, alasan, merugi, Rp22 triliun, 6 tahun, regulator elpiji, Pertamina, harga pasar dunia, kiblat keputusan, perusahaan, keuntungan besar, tambang minyak dan gas

14. Rumuskan kembali dalam kalimat baru penegasan dalam paragraf keenam berdasarkan kata kunci yang kamu temukan?

Kita tidak bisa menerima alasan merugi Rp22 triliun dalam 6 tahun menjadi regulator elpiji. Pertamina tidak seharusnya menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat keputusan padahal perusahaan memperoleh keuntungan besar dari tambang minyak dan gas.

Penjelasan:

Kata kunci dalam teks editorial merupakan kata-kata penting yang terdapat di dalam teks tersebut. Sedangkan kalimat argumentasi adalah kalimat yang berisi pendapat atau argumentasi yang diungkapkan dalam paragraf tersebut.

Pelajari lebih lanjut jawaban untuk nomor 15 hingga 20 dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/24685893

#BelajarBersamaBrainly


10. 1. Jangan mencontek ketika ulangan! Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintah a. permintaan b. larangan c. perintah biasa d. permohonan e. harapan 2. Dengan hormat, kami mohon hadirin tenang! Perintah lisan pada kalimat di atas merupakan kalimat a. perintah biasa b. permohonan larangan c. ajakan d. permintaan e. pemberitahuan 3. Berikut ini merupakan contoh kalimat perintah, kecuali a. Kerjakan soal ini sebaik-baiknya! b. Tolong sampaikan kepadanya, bahwa ia boleh datang besok! c. Siapa yang mengatakan hal itu? d. Letakkan buku-buku itu di atas meja! e. Laporkan segera anggaran pengeluaran bulan ini! 4. Kalimat perintah yang berbentuk kalimat berita a. biarlah dia bersamaku b. saya harap Anda datang tepat waktu c. jangan ada yang pergi dari sini d. hendaknya ada yang mengoordinasi kegiatan ini e. sebaiknya kami pulang sekarang 5. Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat perintah, kecuali a. intonasi keras (terutama perintah biasa dan larangan) b. kata kerja yang mendukung isi perintah itu biasanya merupakan kata dasar c. memakai intonasi tanya Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 37 d. mempergunakan partikel penghalus -lah. e. berbentuk perintah 6. Kalimat perintah sindiran a. Terima kasih Anda tidak menolak. b. Saya mohon Anda mengoordinasi sumbangan ini. c. Hendaknya Saudara pikirkan penawaran ini. d. Pulanglah kamu sekarang. e. Sudikah Anda mampir ke rumahku? 7. Kalimat perintah berpola kalimat inversi (P-S) a. Diamlah, jangan berisik! b. Simpanlah dokumen ini! c. Makanlah hidangan ini! d. Harap wakili saya pada rapat besok! e. Bersihkan tempat ini! 8. Kalimat perintah himbauan di bawah ini adalah a. Sebaiknya, uang itu dikembalikan. b. Bantulah aku dalam mengerjakan tugas ini! c. Lestarikan budaya bersih. d. Jagalah kelestarian lingkungan kita. e. Janganlah kauganggu adikmu ! 9. Tujuan kalimat perintah adalah a. untuk mendapatkan respons berupa jawaban b. untuk mendapatkan informasi c. mendapatkan respons berupa tindakan d. menyampaikan keinginan e. untuk mendapatkan inspirasi 10. Yang termasuk contoh perintah ajakan terdapat pada kalimat a. Lebih baik kamu berbisnis dalam bidang otomotif. b. Sebaiknya kita istirahat dahulu. c. Marilah kita bernyanyi bersama-sama. d. Kita berhenti di sini saja. e. Tidurlah, hari sudah malam. 11. Kalimat perintah pembiaran adalah a. Sudahlah, aku mau pergi. 38 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI b. Marilah kita lanjutkan pekerjaan. c. Biarkan buku itu di mejaku. d. Saya minta kalian belajar sungguh-sungguh. e. Pergilah sekarang. 12. Langkah yang dapat ditempuh dalam menanggapi perintah kecuali a. merumuskan kembali isi perintah b. isi perintah dituliskan berbentuk kerangka c. mengecek kebenaran kegiatan yang akan dilaksanakan, apakah sesuai perintah d. membuat perencanaan dalam bentuk karangan e. membuat perencanaan dalam bentuk kerangka/bagan 13. Ambillah bagian paling bawah hingga atas. Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintah a. berbentuk berita b. yang memutus proses kerja c. pembiaran d. ajakan e. himbauan 14. Kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat perintah biasa adalah. a. Per langkah! b. Antarkan surat ini ke Pak RT. c. Ayolah, kita bersenam pagi agar tubuh kita sehat. d. Sebaiknya Bapak memakai helm demi keselamatan berkendara. e. Marilah kita gunakan tekstil dalam negeri. 15. Kalimat perintah berikut yang dikategorikan kalimat perintah halus a. Sudilah Anda mampir ke rumahku. b. Sebaiknya telepon ia sekarang. c. Tidurlah, hari sudah malam. d. Makanlah hidangan ini. e. Cepat pergi dari sini! 16. Contoh kalimat perintah ajakan a. Marilah ketetanggamu kalau kauberani. b. Kami berharap Anda datang tepat waktu. Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 39 c. Tempat ini bukan untuk membuang sampah. d. Saya mohon kamu segera melunasi utangmu. e. Bawa oleh-oleh ini untuk nenekmu. 17. Kalimat perintah dengan nada bersahabat a. Ambillah kembali kado yang kauberikan kalau kamu tidak mau. b. Kami mohon Anda bersedia bekerja di sini. c. Kami sangat berterima kasih bila Anda membuang sampah pada tempatnya. d. Anda diminta kesediaannya menjadi pembawa acara pada malam reuni nanti. e. Pulanglah kamu sekarang. 18. Kalimat perintah yang berkesan harapan adalah a. Saya ingin Anda belajar dengan semangat! b. Hadirin saya minta berdiri! c. Semuanya saya sarankan kembali ke kelas. d. Hapuslah papan itu! e. Katakan dengan sejujurnya! 19. Tabunglah uangmu untuk simpanan hari tua. Kalimat perintah yang sepadan dengan kalimat di atas ialah a. Belajarlah hingga akhir hayatmu! b. Pelajari halaman 10, besok ulangan! c. Kerjakanlah soal ini sampai selesai! d. Hendaknya seorang anak berbakti kepada orang tua! e. Pergilah segera, nenekmu sudah menunggu! 20. Di bawah ini yang bukan perintah berisi nasihat ialah a. Berhati-hatilah selama dalam perjalanan! b. Mimpi indahlah dalam tidurmu! c. Simpanlah baik-baik surat wasiat ini! d. Jagalah bicaramu di mana saja kauberada. e. Hendaknya selalu waspada dalam segala suasana.


1. B
2. D
3. C
4.
5.
6.
7.
8.


11. 1.Jangan mencontek ketika ulangan! Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintah a. permintaan b. larangan c. perintah biasa d. permohonan e. harapan 2. Dengan hormat, kami mohon hadirin tenang! Perintah lisan pada kalimat di atas merupakan kalimat a. perintah biasa b. permohonan larangan c. ajakan d. permintaan e. pemberitahuan 3. Berikut ini merupakan contoh kalimat perintah, kecuali a. Kerjakan soal ini sebaik-baiknya! b. Tolong sampaikan kepadanya, bahwa ia boleh datang besok! c. Siapa yang mengatakan hal itu? d. Letakkan buku-buku itu di atas meja! e. Laporkan segera anggaran pengeluaran bulan ini! 4. Kalimat perintah yang berbentuk kalimat berita a. biarlah dia bersamaku b. saya harap Anda datang tepat waktu c. jangan ada yang pergi dari sini d. hendaknya ada yang mengoordinasi kegiatan ini e. sebaiknya kami pulang sekarang 5. Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat perintah, kecuali a. intonasi keras (terutama perintah biasa dan larangan) b. kata kerja yang mendukung isi perintah itu biasanya merupakan kata dasar c. memakai intonasi tanya Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 37 d. mempergunakan partikel penghalus -lah. e. berbentuk perintah 6. Kalimat perintah sindiran a. Terima kasih Anda tidak menolak. b. Saya mohon Anda mengoordinasi sumbangan ini. c. Hendaknya Saudara pikirkan penawaran ini. d. Pulanglah kamu sekarang. e. Sudikah Anda mampir ke rumahku? 7. Kalimat perintah berpola kalimat inversi (P-S) a. Diamlah, jangan berisik! b. Simpanlah dokumen ini! c. Makanlah hidangan ini! d. Harap wakili saya pada rapat besok! e. Bersihkan tempat ini! 8. Kalimat perintah himbauan di bawah ini adalah a. Sebaiknya, uang itu dikembalikan. b. Bantulah aku dalam mengerjakan tugas ini! c. Lestarikan budaya bersih. d. Jagalah kelestarian lingkungan kita. e. Janganlah kauganggu adikmu ! 9. Tujuan kalimat perintah adalah a. untuk mendapatkan respons berupa jawaban b. untuk mendapatkan informasi c. mendapatkan respons berupa tindakan d. menyampaikan keinginan e. untuk mendapatkan inspirasi 10. Yang termasuk contoh perintah ajakan terdapat pada kalimat a. Lebih baik kamu berbisnis dalam bidang otomotif. b. Sebaiknya kita istirahat dahulu. c. Marilah kita bernyanyi bersama-sama. d. Kita berhenti di sini saja. e. Tidurlah, hari sudah malam. 11. Kalimat perintah pembiaran adalah a. Sudahlah, aku mau pergi. 38 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI b. Marilah kita lanjutkan pekerjaan. c. Biarkan buku itu di mejaku. d. Saya minta kalian belajar sungguh-sungguh. e. Pergilah sekarang. 12. Langkah yang dapat ditempuh dalam menanggapi perintah kecuali a. merumuskan kembali isi perintah b. isi perintah dituliskan berbentuk kerangka c. mengecek kebenaran kegiatan yang akan dilaksanakan, apakah sesuai perintah d. membuat perencanaan dalam bentuk karangan e. membuat perencanaan dalam bentuk kerangka/bagan 13. Ambillah bagian paling bawah hingga atas. Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintah a. berbentuk berita b. yang memutus proses kerja c. pembiaran d. ajakan e. himbauan 14. Kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat perintah biasa adalah. a. Per langkah! b. Antarkan surat ini ke Pak RT. c. Ayolah, kita bersenam pagi agar tubuh kita sehat. d. Sebaiknya Bapak memakai helm demi keselamatan berkendara. e. Marilah kita gunakan tekstil dalam negeri. 15. Kalimat perintah berikut yang dikategorikan kalimat perintah halus a. Sudilah Anda mampir ke rumahku. b. Sebaiknya telepon ia sekarang. c. Tidurlah, hari sudah malam. d. Makanlah hidangan ini. e. Cepat pergi dari sini! 16. Contoh kalimat perintah ajakan a. Marilah ketetanggamu kalau kauberani. b. Kami berharap Anda datang tepat waktu. Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 39 c. Tempat ini bukan untuk membuang sampah. d. Saya mohon kamu segera melunasi utangmu. e. Bawa oleh-oleh ini untuk nenekmu. 17. Kalimat perintah dengan nada bersahabat a. Ambillah kembali kado yang kauberikan kalau kamu tidak mau. b. Kami mohon Anda bersedia bekerja di sini. c. Kami sangat berterima kasih bila Anda membuang sampah pada tempatnya. d. Anda diminta kesediaannya menjadi pembawa acara pada malam reuni nanti. e. Pulanglah kamu sekarang. 18. Kalimat perintah yang berkesan harapan adalah a. Saya ingin Anda belajar dengan semangat! b. Hadirin saya minta berdiri! c. Semuanya saya sarankan kembali ke kelas. d. Hapuslah papan itu! e. Katakan dengan sejujurnya! 19. Tabunglah uangmu untuk simpanan hari tua. Kalimat perintah yang sepadan dengan kalimat di atas ialah a. Belajarlah hingga akhir hayatmu! b. Pelajari halaman 10, besok ulangan! c. Kerjakanlah soal ini sampai selesai! d. Hendaknya seorang anak berbakti kepada orang tua! e. Pergilah segera, nenekmu sudah menunggu! 20. Di bawah ini yang bukan perintah berisi nasihat ialah a. Berhati-hatilah selama dalam perjalanan! b. Mimpi indahlah dalam tidurmu! c. Simpanlah baik-baik surat wasiat ini! d. Jagalah bicaramu di mana saja kauberada. e. Hendaknya selalu waspada dalam segala suasana.


1)b
2)d
3c
maaf 3 aja
maaf kalau salah1.b, 2.d, 3.c, 4.b, 6.d, 8.d, 10.a.
maaf ya sampai 10 aja
maaf jg ya kalau salah
angka yg ga ada berarti aku kurang ngerti

12. 1.kalimat perintah dibawah ini yang bernada menyidir terdapat pada....a.besok kamu jangan terlambat datang!b.saya minta kamu tetap menunggu disini!c.katanya pendekar,silahkan pukul aku!d.mari kita berdoa sejenak bagi korban bencana alam!e.jangan sekali kali menginjak halaman rumah itu!2.dibawah ini yg bukan cara untuk menghalus kalimat perintah,yaitu...a.pemakaian partikel/lah/b.penggunaan kata tolong atau sebaiknya c.pengubahan kestuktur tanyad.pengubahan kebentuk inversi 3.berikut ini yg bukan merupakan contoh kalimat perintah yg menggunakan partikel -lah adalaha.bersihkanlah kamarmu setiap hari!b.berdamailah dengan keadaan!c.berdoalah sebelum mengerjakan tugasmu hari ini!e.baiklah rekan² mari kita selesaikan pekerjaan kita!4.tabunglah uangmu untuk disempanan hari tua.kalimat perintah yg sepadan dengan kalimat diatas ialah...a.belajarlah hingga akhir hayatmu!b.kerjakanlah soal ini sampai selesai!c.pelajari halaman10,besok ulangan!d.pergilah segera,nenekmu sudah menunggu!e.hendaknya seseorang anak berbakti kepada orang tua!5.sebutkan bunga apa saja tang kamu miliki!kalimat diatas adalah contoh kalimat perintah yg...a.tidak membutuhkan responb.menghendaki respon sesaatc.menghendaki respon tindakand.menghendaki respon jawabane.responnya membutuhkan waktu lama6.kalimat perintah tidak ditandai oleh hal² sebagai berikut...a.penggunaan pola susun inversi (p-s)b.dalam bahasa tulis diakhir tanda titik (.)c.penggunaan partikel lah pada predikat verbae.penggunaan tanda seru(!) dalam bahasa tulis7.penulisan partikel/pun/dibawah ini yg tepat a.ia tetap tabah walaupun sedang menerimab.adik tetap berangkat biarpun hari hujanc.meskipun hidup pas-pasan,pak tono tampak bahagiad.untuk menghidupi keluarganya,mengamen pun ia lakukane.pergi pun saya mau kalau mau hendaki8.kalimat yg mengandung perintah atau permintaan agar orang lain melakukan suatu hal yg diinginkan disebut kalimat....a.kalimat langsungb.kalimat beritac.kalimat permintaan d.kalimat perintahe.kalimat tanya9.berikut ini merupakan contoh kalimat perintah,kecuali...a.siapa yg mengatakan hal itu?b.kerjakan soal ini sebaik²nya?c.letakkan buku² itu atas meja!d.laporkan segera anggaran pengeluaran bulan ini!e.tolong sampaikan kepada nya bahwa ia boleh datang besok!10.berikut ini yg merupakan contoh kalimat perintah yg menghendaki respon jawaban adalaha.tuliskan namamu dengan huruf balok!b.deklamasikan puisi didepan kelas!c.jelaskan pengertian rima!d.majulah beberapa langkah!e.bersihkan kamarmu sekarang! 11.Agar dalam penyusunan sebuah cerita dapat dilakukan dengan mudah,sebaiknya terlebih dahulu disusun...a.judul karanganb.pikiran penjelasc.pikiran utama d.kerangka karangane.pendahuluan12.proses tawar menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) yang lain disebut...a.tanya jawabb.bercakap-cakapc.diskusi d.negosiasie.debat13.pertukaran pikiran,pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan dengan tujuan mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat...a.negosiasib.debatc.tanya jawabd.diskusie.bercakap² 14.berikut ini yang bukan pihak yg terlibat dalam diskusia.moderator/ketua diskusi b.penanggung jawabc.peserta diskusid.sekretarise.peninjau maupun pengunjung15.Hal² yg tidak perlu diperhatikan oleh seorang moderator adalah...a.mendengarkan diskusi secara saksama b.membiarkan peserta diskusi berbicarac.memastikan semua peserta diskusi memperoleh kesempatan yg sama untuk berbicara d.mempersiapkan diri secara saksamae.mempertimbangkan faktor kenyamanan peserta16.hal yg sebaiknya dihindari dalam memberikan tanggapan,baik tanggapan setuju maupun tidak setuju seorang anggota diskusi adalah...a.menerima saja keputusam yg diambilb.menggunakan bahasa indonesia yg baik dan benarc.menghargai tanggapan orang laind.tata karma berdiskusie.menggunakan kalimat efektif​


Penjelasan:

1)C

2)D

3)C

4)A

5)D

6)B

7)C

8)D

9)A

10)D

11)D

12)D

13)D

14)E

15)E

16)A


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 14-16"