Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran Ips Smk Ktsp


Perangkat Pembelajaran Ips Smk Ktsp

Tentukan proses pembelajaran ips KTSP dan KURTILAStolong di bantu ya..

1. Tentukan proses pembelajaran ips KTSP dan KURTILAStolong di bantu ya..


KTSP merupakan kurikulum tingkat satuan pendidikan sedangkan KURTILAS adalah kurikulum tiga belas yang pembelajaranya sama,namun kurtilas lebih lebih dijabarkan tentang sifat murid dibanding ktsp

2. Perbedaan kurikulum pembelajaran IPS SD di kelas rendah pada kurikulum 2013 dan KTSP? Jelaskan


Jawaban:

kurikulum 2013 membahas tdak terlalu detail tentang materi pembelajaran IPS SD dan penjabarannya tdak terlalu bnyak, karna kurikulum ini mendidik siswa2 untuk mengembangkan daya pikir dan kurikulum ini tingkatannya lebih tinggi d bandingkan KTSP yg banyak dan lengkap pembahasan


3. Yang di sebut keterampilan sosial dalam ktsp ips sd.


Penjelasan:

Keterampilan-keterampilan sosial meliputi: (1) Kemampuan berkomunikasi, (2) Menjalin hubungan dengan orang lain, (3) Menghargai diri sendiri dan orang lain, (4) Mendengarkan pendapat atau keluhan dari orang lain, (5) Memberi atau menerima umpan balik (feedback), (6) Memberi atau menerima kritik, dan (7) Bertindak sesuai norma dan aturan yang berlaku (Thalib, 2010).


4. Perikanan termasuk SMK IPA atau SMK IPS?


SMK IPA




#maaf kalau salah

5. SMK pemasaran termasuk SMK IPA atau SMK IPS?


Jawaban:

SMK IPS

Penjelasan:

mengapa demikian? sebab mereka hanya membahas bagaimana cara agar kebutuhan ekonomi selalu terpenuhi


6. Pilihan ganda KTSP ips semester dua hal 63


Bisa di tunjukan gambar buku Ipsnya ?

7. tolong buatkan soal ips kelas 6 ktsp


Sebutkan 3 negara di benua eropa Ada berapa provinsi di indonesia saat ini? Apakah nama provinsi baru di indonesia dan apa ibukotanya?

8. Jurusan akuntansi termasuk SMK IPA/SMK IPS?


Jurusan AKUNTASI pada SMK tidak tergolong sebagai jurusan IPA atau IPS selayaknya pada SMA. Di SMK, pembagian jurusan tidak sama dengan SMA sebab penjurusan lebih spesifik sehingga akuntansi dikategorikan sebagai jurusan tersendiri.

» Pembahasan

Jika pada Sekolah Menengah Atas atau SMA kita dihadapkan dengan dua pilihan jurusan yakni IPA atau IPS maka di SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan, pilihan jurusan jauh lebih spesifik seperti jurusan tata boga, jurusan teknik mesin, jurusan tata busana, jursan teknik listrik, jurusan akuntansi, jurusan tata niaga, jurusan keuangan dan masih banyak lagi lainnya.

Masing-masing jurusan ini berdiri sendiri dan tidak dikategorikan ke dalam kelompok umum seperti IPA atau IPS. Di SMA sendiri, pelajaran akuntansi ditemukan pada jurusan IPS namun pada SMK pelajaran ini berdiri sendiri dan disebut sebagai jurusan

» Pelajari Lebih Lanjut: Materi tentang jurusan yang ada di SMK https://brainly.co.id/tugas/22089306Materi tentang jurusan yang bisa dipilih di SMK https://brainly.co.id/tugas/7208369

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

» Detil Jawaban

Kode           : -

Kelas          : SMP

Mapel         : SBMPTN

Bab             : Akuntansi

Kata Kunci : Jurusan, SMK, SMA, Kejuruan, IPS


9. jawabal pilihan ganda lks kelas 3 smk. ktsp


mungkin maksudnya pelemparan 2 buah dadu ya....

jumlah 2 = (1,1) = ada 1 kejadian
jumlah 8 = (2,6),(3,5),(4,4),(5,3),(6,2) = ada 5 kejadian
so,
P(2 atau 8) = P(2) + P(8) = 1/36 + 5/36 = 6/36 = 1/6

10. Administrasi Perkantoran termasuk Kelompok SMK apa ? smk ipa , smk ips ,atau smk bahasa ???


jawabanya adalah smk ipssmk ips............... .

11. jurusan smk administrasi perkantoran termasuk smk ipa atau smk ips?


admisnistrasi semua termasuk SMK IPS....

SMK IPA itu seperti teknik...

12. Ips kls 9 ktsp 2006 hal 27


soalnya mana om ,ini gak ada soalnya mau ngerjain apaini soalnya mana. apakah soalnya transparan makanya nggak bisa dilihat dan di baca.

maaf jika tersinggung. terimakasih

13. Beberapa perbedaan yang terdapat dalam kurikulum ips sd tahun 1994 dan kurikulum ips sd tahun 2006 (ktsp)


Jawaban:

Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dassar tahun 2006 yang ditetepakan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006, mempunyai karakteristik tersendiri karena kurikulum IPS yang mulai berlaku tahun ajaran 2006 itu tidak menganut istilah pokok bahasan, namun cukup simpel,yakni Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Hal ini jauh lebih sederhana dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya dan jam pelajarn relatif lebih sedikit per minggunya. Kesemuanya ini memberikan peluang yang luas bagi guru sebagai pengembang kurikulum untuk berkreasi dalam pengembangan kurikulum yang mengacu pada pembelajaran IPS yang PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan). Di tangan gurulah, kurikulum ini dapat hidup dan berkembang.

Kurikulum Pendidikan IPS SD tahun 2006 bersifat hanya memberi rambu-rambu untk kedalaman dan keluasan materi dalam mencapai kompetensi dasar yang diharapkan, di sini aspirasi setempat (muatan lokal) dapat dituangkan dalam proses pembelajaran IPS Terpadu. Di dalam kompetensi dasar, terdapat kata kerja operasionalyang menunjukan cara pembelajaran yang disarankan. Apabila ditelaah maka kata kerja operasional tersebut mengacu pada cara belajar aktif, misalnya membuat, menunjukan, menceritakan, mencari, menggunakan, mengamati, dan menggambar.

Materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar terdiri dari materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Materi IPS SD tidak nampak secara nyata, namun terata secara terpadu dalam standar kompetensi yang dimulai sejak kelas satu sampai dengan kelas enam. Pembelajaran IPS pada kelas 1 sampai kelas 6 dilaksanakan melalui pendekatan pembelajaran.

Kurikulum 2006 tertata dalam standar kompetensi tertata dalam kompetensi dari kelas 1 sampai kelas 6. Kurikulum 1994 materi pelajaran ditata lebih terpadu dan sederhana.

Kolerasi dalam berbagai ilmu atau disiplin ilmu penunjang daripada kurikulum1986.

Kurikulum 1968 materi IPS masih bersiri sendiri-sendiri secara terpisah antara Ilmu Bumi, Sejarah, dan Pengetahuan Kewarganegaraan.

Kurikulum 1975 Pendidikan Kewarganegaraan dalam IPS mulai dipisahkan menjadi bidang studi sendiri dengan nama Pendidikan Moral Pancasila.

Kurikulum 1994PMP dan IPS tetap terpisah, PMP diubah menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 1 sampai dengan kelas 6. pelajaran IPS diajarkan sejak kelas 3 SD.

Ditinjau dari tujuan kurikuler :

Kurikulum 1964 dan 1968 menekankan unsur tujuan Pendidikan Kewargaan Negara/Moral. Unsur tersebut dalam kurikulum1975, 1986, 1994 terwadahi dalam bidang studi PMP/ PPKN.

\

Ditinjau dari segi penyusunan tujuan kurikuler :

Kurikulum 1994 sama dengan kurikulum1986 yakni 4 tujuan kurikuler IPS, masing-masing satu tiap kelas dan 3 tujuan kurikuler Sejarah Nasional masing-masing satu tiap kelas.

Ditinjau dari segi lingkup bahan pengajaran :

Kurikulum 1994 menggunakan pendekatan spiral (lingkup terdekat-luas). Pendekatan ini juga berlaku untuk kurikulum sebelumnya

Khusus Sejarah Nasional menggunakan pendekatan periodisasi (zaman kuno- sejarah kontem porer)

Kurikilum 1994materi sejarahnasional ditambah ditambah sejarah lokal.

Kurikulum 1986 disamping sejarah nasional ditambah PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa )

Dari materi Kurikulum

Kurikulum 1964 sd 1986 materinya semakin padat dan sarat .

Kurikulum 1994materi mulai di sederhanakan ,pengembanganmateridiserahkan kepada guru .

Kurikulum 1964ada 18 pokok bahasan

Kurikulum 1968 ada 19 pokok bahasan

Kurikulum1975 ada29 pokok bahasan

Kurikulum 1986 ada39 pokok bahasan

Kurikulum 1994 ada 29 pokok bahasan

Dari segi alokasi waktu

Kurikulum1986 dengan kurikulum 1994tidak mengalami perbedan.

Kukurikulum IPS 2006 relatif lebih sedikit yakni 3 jam dalam 1 minggu.

Perbedaan yang esensial terletak pada jumlah pokok bahasan. Kurikulum1986 sarat dan padat materi,sehingga kedalaman materi kurang.

Kurikulum 1994 kedalaman dan keluasandiserahkan kepadaguru selaku pengembang

Penjelasan:

*SEMOGA MEMBANTU*


14. sebutkan langkah langkah penyusunan rencana perangkat pembelajaran di sekolah berdasarkan kurikulum ktsp dengan kurikulum 2013


pokoknya menyiapkan soal lembar kertas

15. SMK pemasaran termasuk SMK IPA atau SMK IPS?​


Jawaban:

Smk ips

Penjelasan:

karena membahas bagaimana cara kebutuhan ekonomi selalu terpenuhi


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Perangkat Pembelajaran Ips Smk Ktsp"