Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pilihan Ganda Mengelola Peralatan Kantor


Contoh Soal Pilihan Ganda Mengelola Peralatan Kantor

tujuan pengelolaan perbekalan kantor

Daftar Isi

1. tujuan pengelolaan perbekalan kantor


1. Untuk menunjang aktivitas pekerjaan kantor.
2. Mempermudah dan mempercepat proses pelaksanaan kegiatan kantor.
3. Memperoleh hasil yang lebih maksimal, baik dan memuaskan.
4. Sebagai aset dan perlengkapan kantor.

2. tujuan pengelolaan perbekalan kantor


Pebekalan gedung, seperti ruang pimpinan, ruang guru, kamar kecil dsb. Perbekalan kantor, seperti mebelair pimpinan, mebelair karawan dsb. Perbekalan ruang kelas, seperti meja dan kursi guru, meja dan kursi murid, penggaris, papan tulis, kapur tulis dsb.

3. Rencanakan sistem pengelolaan makanan awetan dari bahan nabati yang meliputi : A. Bahan baku yang digunakan B. Alat yang digunakan C. Proses pembuatan D. Perencanaan desain kemasan (Please itu sebutkan bukan pilihan GANDA)


Jawaban:

a. ampas kelapa

b. gilingan, kompor masak

c. sangrai ampas kelapa menjadi minyak

d. daur ulang botol bekas


4. mengapa suatu organisasi atau kantor perlu mengelola arsipnya dengan baik


Perlu. Karena arsip berfungsi sebagai rekam jejak kegiatan operasional perusahaan. Dan sebagai bukti bahwa perusahaan tersebut memiliki administrasi yang baik.

5. apa peran pengelolaan sarana dan prasarana di kantor


1) Pengadaan

Pengadaan merupakan selurh kegiatan yang menyediakan sarana dan prasarana atau perbekalan di kantor untuk mendukung pelaksanaan tugas. Pengadaan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing organisasi atau perusahaan tersebut dengan menggunakan prosedur yang berlaku di organisasi tersebut. Perencanaan sangat dibutuhkan sebelum meLakukan pengadaan yang bertujuan untuk mengetahui dengan benar manfaat dan juga biaya yang harus dikeluarkan.


2) Penyimpanan

Penyimpanan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seluruh satuan kerja atau petugas gudang untuk menampung hasil dari pengadaan barang atau bahan di kantor, baik berasal dari pembelian instansi lain atau pun yang diperoleh dari bantuan. Tujuan penyimpanan sarana dan prasarana kantor adalah :


Agar sarana dan prasarana tidak mudah rusak

Agar tidak terjadi kehilangan barang-barang

Agar tersusun rapi sehingga ditemukan apabila barang tersebut sedang dibutuhkan.

Memudahkan dalam melakukan pengawasan.

Mempermudah dalam melakukan analisis barang.

Agar sarana dan prasarana selalu dalam keadaan bersih.

3) Pemeliharaan

Pemeliharaan merupakan kegiatan yang dilaukan secara terus menerus untuk mengusahakan agar barang atau sarana dan prasarana kantor tetap dalam kondisi baik atau siap untuk dipergunakan. Tujuan dari pemeliharaan sarana dan prasarana kantor, adalah :


Agar barang tidak mudah rusak karena faktor hama atau suhu (cuaca)

Agar barang tidak mudah hilang

Agar barang tidak mudah susut

Agar barang tidak kadaluarsa

Agar semua sarana dan prasarana selalu dalam keadaan bersih

4) Inventarisasi

Inventarisasi merupakan seluruh aktivitas dan usaha untuk mendapatkan data yang dibutuhkan mengenai sarana dan prasarana yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Inventarisasi yang dilakukan di setiap organisasi bisa saja berbeda antara satu dengan yang lain, namun pada dasarnya semua dilakukan dengan tujuan yang samam tujuannya adalah :


Agar peralatan tidak muadah hilang

Agar bukti secara tertulis terhadap kegiatan pengelolaan barang sehingga dapat dipertanggung jawabkan.

Memudahkan dalm pengecekan barang

Mempermudah dalam melakukan pengawasan

Mempermudah ketika mengadakan aktivitas mutasi atau penghapusan barang


6. Pengelola (manager)dalam koperasi dipilih melalui


Pengelola atau Manager dalam koperasi dipilih melalui = RAPAT ANGGOTA.

7. Apa yang akan terjadi jika pengelola kantor cabang tidak melaporkan setiap aktivitasnya kepada kantor pusat serta gegabah dalam mengambil keputusan sendiri?


Jawaban:

akan dipecat

Penjelasan:

maaf jika salah ya

no googles


8. Salah satu tugas kantor yaitu mengelola meliputi kegiatan


MENEJEMEN KANTOR MAAF KALO SALAHproyek dan kegiatan lainnya

9. sebutkan 5 contoh alat yg bisa digunakan sebagai pengelola data


Hardisk,Punched Card,Magnetic Tape,Floppy Disk

10. sebutkan bukan termasuk kegiatan pengelolaan kantor


Kegiatan pengelolaan kantor meliputi pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, inventarisasi, dan laporan sarana dan prasarana. Selain kegiatan tersebut bukanlah kegiatan pengelolaan kantor lagi.




Pembahasan

Kegiatan pengelolaan sarana dan prasarana kantor meliputi: pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, inventarisasi, dan laporan sarana dan prasarana.


Pengadaan

Adalah semua kegiatan penyediaan sarana dan prasarana (perbekalan) untuk menunjang pelaksanaan tugas.



Penyimpanan

Adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan kerja atau petugas gudang untuk menampung hasil pengadaan barang/bahan kantor, baik berasal dari pembelian, instansi lain, atau yang diperoleh dari bantuan.


Pemeliharaan

Adalah kegiatan terus menerus untuk mengusahakan agar barang/bahan kantor tetap dalam keadaan baik atau siap untuk dipakai


Inventarisasi

Tujuan inventarisasi sarana dan prasarana;

·        Agar peralatan tidak mudah hilang

·        Adanya bukti secara tertulis terhadap kegiatan pengelolaan barang sehingga dapat dipertanggungjawabkan

·        Memudahkan dalam pengecekan barang

·        Memudahkan dalam pengawasan

·        Memudahkan ketika mengadakan kegiatan mutasi/penghapusan barang

Untuk memudahkan inventarisasi diperlukan buku-buku atau format pencatatan.


Laporan sarana dan prasarana

Adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk melaporkan keadaan sarana dan prasarana kantor, baik persediaan, mutasi maupun keadaan fisik dari sarana dan prasarana tersebut dalam periode waktu tertentu. Laporan ini biasanya dibuat dalam jangka waktu tiga bulan, enam bulan atau satu tahun.





Pelajari lebih lanjut

1. Materi contoh kegiatan kantor brainly.co.id/tugas/724592

2. Materi kegiatan dalam pengaturan administrasi kantor brainly.co.id/tugas/13034951

3. Materi Tugas manajemen perkantoran brainly.co.id/tugas/4691071


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Detil Jawaban  


Kelas : X (SMA)  


Mapel : Ekonomi


Bab : Konsep Manajemen


Kode : 10.12.6


Kata kunci : pengelolaan kantor, kegiatan kantor


11. Contoh soal dan jawaban tentang pengelolaan Sumber daya manusia beserta penjelasannya


Dalam praktek, orang yang melakukan produktivitas disebut "orang produktif" yang memiliki salah satu ciri-ciri sebagai berikut …

a. Sportif

b. Memegang amanah

c. Agamis

d. Cerdas

Penjelasan:

B. Memegang amanah

Amanah adalah orang yang terpercaya


12. Yang dimaksut dengan pengelolaan alat dan pengelolaan bahan


pengelolaan alat adalah cara kita menyimpan,membersihkan dan menggunakan alat
pengelolaan bahan adalah pengolahan bahan makanan dari mentah ke matangpengelolaan alat adalah penggunaan dan perawatan barang
pengelolaan bahan adalah menjaga dan menggunakan barang

13. apa peranan teknologi perkantoran dalam proses pengelolaan data/informasi?


Apa peranan teknologi perkantoran dalam proses pengelolaan data/informasi? Peranan teknologi perkantoran dalam proses pengelolaan data/informasi adalah sebai alat bantu. Dengan banyaknya data atau informasi yang ada, maka kita tidak mungkin mengitungnya dan mengolahnya secara manual. Diperlukan adanya aplikasi perkantoran untuk mempermudah kita dalam pengolahan data dan informasi tersebut.

Dengan adanya teknologi perkantoran, pekerjaan kita akan semakin mudah karena sebelum adanya teknologi perkantoran, semua perhitungan kita lakukan dengan cara manual. Sekarang untuk mencari jumlah, rata-rata bahkan hingga membuat grafik kita bisa menggunakan aplikasi perkantoran yang terinstall pada komputer kita.

Demikian pembahasan mengenai peranan teknologi perkantoran dalam proses pengelolaan data/informasi, peranan yang terpenting adalah sebagai alat bantu untuk mempercepat kita dalam pengolahan data dan informasi. Percepatan ini perlu dilakukan karena setiap harinya pekerjaan akan selalu ada, sehingga perlu adanya bantuan dari aplikasi perkantoran untuk mempercepat pekerjaan kita. Untuk membaca materi lainnya mengenai aplikasi perkantoran dan materi lainnya dapat dibaca pada link berikut

Aplikasi perkantoran dengan menu bahasa Indonesia brainly.co.id/tugas/5815477

Aplikasi perkantoran yang digunakan untuk mengolah angka brainly.co.id/tugas/14502075

Lima macam aplikasi perkantoran beserta manfaat dan kegunaaanya brainly.co.id/tugas/5952390

Detil tambahan

Kelas : 3 SMP

Materi : Peranan teknologi perkantoran dalam proses pengelolaan data/informasi

Kata kunci : Peranan teknologi perkantoran dalam proses pengelolaan data/informasi


14. jelaskan bagaimana seharusnya sikap seorang administrasi kantor atau sekretaris dalam mengelola dana kas kecil


-selalu senantiasa menjaga keamanan dana kas
-tidak mencuri dana kas
-

15. Kantor adalah tempat atau gedung yang digunakan untuk melakukan pekerjaan terus-menerus dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Berikut merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan di sebelah kantor adalah... A.Mencatat,menyimpan,mengelola,dan mengiventarisasiB.Menghimpun,menggandakan,mencetak,dan mengirimC.Menyimpan,memfotokopi, dan menginputD.Menghimpun,mencatat,mengelola,manggandakan,mengirim,dan menyimpanE.Mengelola,mencetak,mengetik,menyimpan,dan membuat dokumen​


Jawaban:

A.Mencatat,menyimpan,mengelola,dan mengiventarisasi.

maaf klo salah


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pilihan Ganda Mengelola Peralatan Kantor"