Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rpp Kurtilas Kelas 1 Revisi 2017


Rpp Kurtilas Kelas 1 Revisi 2017

Jawaban kegiatan soal 6.5 bahasa indonesia kelas 8 kurtilas revisi 2017.

1. Jawaban kegiatan soal 6.5 bahasa indonesia kelas 8 kurtilas revisi 2017.


Identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, dan evaluasi adalah lima struktur yang terdapat dalam sebuah teks ulasan. Teks ulasan sendiri dapat dimaknai sebagai teks yang menyajikan penilaian terhadap sebuah karya, baik karya sastra maupun pertunjukan dengan tujuan menyajikan wawasan mendalam bagi masyarakat tentang kualitas sebuah karya.


Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menjawab kegiatan 6.5 dari buku Bahasa Indonesia kelas VIII revisi 2017. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tentang struktur teks ulasan novel Atheis. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.


IDENTITAS KARYA

Judul : Atheis

Pengarang : Achdiat K. Mihardja

Penerbit : Balai Pustaka

Tahun terbit : 1949 (cetakan pertama)

Tebal halaman : 232 halaman


ORIENTASI

Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan  Pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa  Inggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak  tahun 1974 dengan judul yang sama.

SINOPSIS

Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididik  menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya  adalah pemeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO.  Di sekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini.  Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah  cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh  kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh seorang saudagar kaya. Ia menuruti  nasihat orang tuanya dengan menerima pinangan saudagar kaya tersebut meski  pernikahan itu tidak disertai rasa cinta.

Kejadian itu membuat hati Hasan hancur. Ia menjadi frustrasi. Untuk  menghilangkan bayangan Rukmini dari hidupnya, ia mengikuti aliran tarekat  seperti yang telah lama dianut orang tuanya. Ia semakin taat beribadah. Akan  tetapi, kehidupannya berubah ketika dia bertemu teman lamanya, yaitu Rusli.

Temannya itu datang bersama seorang wanita cantik bernama Kartini. Ia adalah  perempuan modern dan pergaulannya bebas. Ia juga seorang janda. Ternyata  sejak perjumpaan itu, Hasan menaruh hati pada Kartini. Alasannya, Kartini memiliki karakter yang hampir sama dengan Rukmini.

Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan temanteman  Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli dengan  memberikan ceramah-ceramahnya. Akan tetapi, karena Rusli juga pandai bicara,  kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. Tanpa disadari, pemikiranpemikiran  Rusli melekat di kepala Hasan. Mulanya, Hasan tidak terpengaruh.  Namun, keyakinannya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang yang  tidak percaya Tuhan, yaitu Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan begitu  luas.

...


ANALISIS

Novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Kita harus  pandai bergaul dengan orang lain. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada  akhirnya kita malah tersesat, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Kita  harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini keberadaan  Tuhan.

Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaakan kesalahan  orang lain yang sudah bertobat. Jangan seperti tokoh ayah Hasan yang tidak mau  memaakan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia  adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi  suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan Maha Pengampun,

Pengasih, dan Penyayang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaakan  anaknya sendiri. Bahasa novel ini lugas dan mudah dipahami.

EVALUASI

Sayangnya, novel  ini sudah sangat langka sehinga sulit diperoleh.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:

brainly.co.id/tugas/14215924


Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 - Sastra

Kode kategori: 8.1.1


Kata kunci: kegiatan, kelas VIII, 6.5, teks ulasan, identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi


2. gagasan pokok dan pendukung paragraf 3 dari tema 1 kurtilas revisi 2017


Gagasan Pokok = Gagasan pokok terletak pada awal / akhir kalimat, sisanya hanya sebagai kalimat penjelas


3. Tolong dong, jelaskan tentang gambar ini. Himpunan, materi kelas 7 kurtilas revisi 2016.​


Jawab:

Himpunan C - A

Penjelasan dengan langkah-langkah:

bisa dilihat kalau seluruh bagian yang diarsir itu di himpunan C tetapi bagian C∩A tidak dan bagian C∩B tetap diarsir. Maka gambar himpunan tersebut adalah himpunan C - A


4. tolong donk rangkuman IPS kurikulum 2013 revisi 2017 kelas 8 bab 1​


Jawaban:

Ini rangkuman ips kls 8 semester 1

Penjelasan:

#semoga membantu dek


5. tabel 7.5 bahasa Indonesia kelas 8 revisi 2017


Bacalah teks di bawah ini dengan baik!

Secara berdiskusi, petakanlah struktur teks tersebut dengan jelas dan tepat!

Teks yang dibahas adalah teks Internet dan HAKI.

Pembahasan

Struktur Teks Persuasi:

1. Pengenalan isu

Paragraf: 1 dan 2

Alasan: berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu, yaitu mengenai hak-hak reproduksi.

2. Rangkaian argumen

Paragraf: 3 hingga 5

Alasan: pada paragarf 3 hingga 5 dikemukakan fakta-fakta yang memperkuat argumen-argumen, yaitu

paragraf 3 : mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja agar bertanggung jawab atas pilihannya.paragraf 4 : ketidakpedulian atas hak untuk mendapatkan informasi yang benar tentang diri, seksualitas, permasalahan reproduksi remaja lain, dan keimanan.paragraf 5 : orang tua tidak mudah untuk membicarakan soal seks, reproduksi remaja, dan berbagai isu lain.

3. Ajakan-ajakan

Paragraf: 6

Alasan: terdapat ajakan terdapat pembaca untuk melakukan sesuatu, yaitu ajakan untuk berhati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan dikunjungi.

4. Penegasan kembali

Paragraf: 7

Alasan: berisi simpulan, yaitu menjadikan internet sebagai wahana penambah wawasan.

--------------------------

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab : Berbahasa Persuasif (Bab 7)

Kode: 8.1.7

Kata kunci: tabel 7.5 kelas 8, petakan struktur teks internet dan HAKI


6. kelas 8 buka lks hal 25 kurtilas revisi minta bantuan nya​


Jawaban:

1 .d

2c

3d

4c

5b

6c

7d

semoga benar semua


7. matematika ayo kita berlatih 3.3 kelas 8 revisi 2017


Matematika ayo kita berlatih 3.3 kelas 8 revisi 2017

Pembahasan :

1) Diketahui A = {0, 1, 4, 9} dan B = {0, 1, 2, 3, 4}

a. Relasi yang merupakan fungsi dari A ke B adalah "pangkat dua dari"

c. Rumus => f(x) = √x

Jawaban b, d dan e bisa dilihat dilampiran



2) f(x) = 3x - 2 dengan daerah asal adalah A = {-2, -1, 0, 1, 2}

a. Daerah hasil atau Range
f(-2) = 3(-2) - 2 = -6 - 2 = -8
f(-1) = 3(-1) - 2 = -3 - 2 = -5
f(0) = 3(0) - 2 = 0 - 2 = -2
f(1) = 3(1) - 2 = 3 - 2 = 1
f(2) = 3(2) - 2 = 6 - 2 = 4
Range = {-8, -5, -2, 1, 4}

b. (-2, -8) => kuadran III
(-1, -5) => kuadran III
(0, -2) => pada sumbu y
(1, 1) => kuadran I
(2, 4) => kuadran I

c. Bisa dilihat dilampiran



3) Daerah asal fungsi f dari x ke 4x - 3 adalah {x | -2 < x ≤ 5, x ∈ R}. Tentukan daerah hasilnya.

Karena x ∈ R, maka daerah hasilnya dalam bentuk interval juga.
Misal : y = 4x - 3

-2 < x ≤ 5 => bagaimana caranya si x menjadi 4x - 3 yaitu caranya kita kali 4 lalu dikurang 3

-2 < x ≤ 5 ==> kali 4
-2 . 4 < x . 4 ≤ 5 . 4
-8 < 4x ≤ 20 ====> kurangi 3
-8 - 3 < 4x - 3 ≤ 20 - 3
-11 < 4x - 3 ≤ 17
-11 < y ≤ 17

Jadi daerah hasilnya adalah = {y | -11 < y ≤ 17, y ∈ R}



4) f(x) = ax + b, f(-1) = 2, f(2) = 11

f(-1) = 2
a(-1) + b = 2
-a + b = 2 ......... (1)

f(2) = 11
a(2) + b = 11
2a + b = 11 ....... (2)

Eliminasi (1) dan (2)
-a + b = 2
2a + b = 11
---------------- -
-3a = -9
a = 3

-a + b = 2
-3 + b = 2
b = 5

Jadi
f(x) = ax + b
f(x) = 3x + 5



5) fungsi f dengan domain A = {6, 8, 10, 12} dan f(x) = 3x - 4.
a. f(6) = 3(6) - 4 = 18 - 4 = 14
f(8) = 3(8) - 4 = 24 - 4 = 20
f(10) = 3(10) - 4 = 30 - 4 = 26
f(12) = 3(12) - 4 = 36 - 4 = 32
Kesimpulan : semakin besar domain fungsinya (x nya), semakin besar juga nilai fungsinya

b. Tabel bisa dilihat dilampiran

c. Daerah hasilnya : Rf = {14, 20, 26, 32}

d. grafiknya bisa dilihat di lampiran



6) h(x) = ax + 9. Nilai h untuk x = 3 adalah -6, a = ....

a. h(3) = -6
=> a(3) + 9 = -6
=> 3a = -15
=> a = -5
Jadi nilai h untuk x = 6
h(x) = ax + 9
h(6) = -5(6) + 9
h(6) = -30 + 9
h(6) = -21

b. h(x) = ax + 9
=> h(x) = -5x + 9

c. -5x + 9 > 0
=> -5x > -9
=> 5x < 9
=> x < 9/5
=> x < 1,9
x = {...., -2, -1, 0, 1}



7) f(x) = ax + b, f(4) = 5, f(-2) = -7

a. Nilai a dan b
f(4) = 4a + b = 5
f(-2) = -2a + b = -7
---------------------------- -
......... 6a = 12
......... a = 2
4a + b = 5
4(2) + b = 5
8 + b = 5
b = -3

b. f(x) = ax + b
f(x) = 2x - 3



8) f(x) = 5 - 3x, dengan daerah asal = {-2, -1, 0, 1, 2, 3}

a. Tabel bisa dilihat dilampiran
Himpunan pasangan berurutannya = {(-2, 11), (-1, 8), (0, 5), (1, 2), (2, -1), (3, -4)}

b. Grafik bisa dilihat pada lampiran



9) f(x) = ax + b, f(2) = -2 dan f(3) = 13, nilai f(4) = ...

f(2) = 2a + b = -2
f(3) = 3a + b = 13
--------------------------- -
......... -a = -15
......... a = 15

2a + b = -2
2(15) + b = -2
30 + b = -2
b = -32

f(x) = 15x - 32
f(4) = 15(4) - 32
f(4) = 60 - 32
f(4) = 28



10) f(x) = -3x + 6

a. bayangan dari -3
=> f(-3) = -3(-3) + 6 = 9 + 6 = 15
bayangan dari 2
=> f(2) = -3(2) + 6 = -6 + 6 = 0

b. f(a) = -9
-3a + 6 = -9
-3a = -15
a = 5



11) A = {x | -2 < x < 6, x ∈ B}
A = {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
n(A) = a = 7

B = {x | x bilangan prima < 11}
B = {2, 3, 5, 7}
n(B) = b = 4

a. banyaknya pemetaan dari A ke B
= bᵃ
= 4⁷
= 16.384

b. banyaknya pemetaan dari B ke A
= aᵇ
= 7⁴
= 2.401



12) pada grafik, pasangan yang pas angkanya adalah pada x = -2 dan x = 2

a. Himpunan pasangan berurutannya
= {(-2, -1), (-2, 1), (2, -2), (2, 2)}

b dan c bisa dilihat pada lampiran

==========================

Untuk contoh soal lainnya, bisa dilihat di link berikut

https://brainly.co.id/tugas/875217

===========================

Kelas : 8
Mapel : Matematika
Kategori : Fungsi
Kata Kunci : Rumus Fungsi, Range, Ayo kita berlatih 3.3
Kode : 8.2.2

8. Please jawab soalnya dibuku matematika kelas 1 smp revisi 2017​


makasih jangan lupa di follow ya


9. B. Inggris hal 13 kurikulum 2017 edisi revisi 2017 bab 1 kelas 7


English book page 13 curricullum 2017 revised edition chapter 1 class 7

10. b indonesia kelas 11 (revisi 2017) hal 152 bantu dong


Jawaban:

sertakan soalnya ya lain kali


11. Tujuan pendidikan yang ada pada kurtilas revisi tahun 2016


untuk memajukan pendidikan yang bermoral

12. Tolong dijawab ya nomor 46-50 (Bahasa Indonesia Kurtilas Revisi Kelas 8)


Jawaban:

nomor 46

terjadi banjir bandang di sungai ciliwang

Jawaban:poster adalah kertas yg berisi ajakan untuk semua orang

Iklan adalah sesuatu yang gunanya untuk mengajak orang untuk membeli produk tersebut

Penjelasan:

Sorry ya semuanya itu aja yang aku tahu


13. cara membuat RPP kurtilas yang benar dan secara rinci...#mohonbntuannya#H-3lagiberangkat


1. Mempunyai silabus mapel
2. Membuat Program tahunan dan program semester
3. Memahami setiap KD
4. Susun RPP sesuai promes, sudah ada pembagian jam ajar.
5. Struktur RPP (Judul (mapel, materi, alokasi waktu), K1-K4, KD, Materi, Tujuan Pembelajaran, Metode, Sumber materi, Kegiatan (pembukaan (doa dan bertanya seputar pertemuan sebelumnya), kegiatan (langkah-langkah pembelajaran) penutup, Instrumen penilaian, Penilaian sikap)

14. b indonesia kelas 11 (revisi 2017) hal 152bantu dong


Ya ini informasi tentang apa
Apa saya sendiri yg bikin informasi???

15. PRAKARYA KELAS 8, info buku: prakarya kelas 8 semester 1, edisi revisi 2017​


Jawaban:

1. Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan).

2. Alat:

- Meja putar

- Kawat

- Kuas

- Pisau pahat

-Kayu giling

- Pembakar

Bahan:

-Tanah

- Abu

-Kayu bakar

3. -Proses pemilihan dan pengambilan tanah liat.

-Proses pengolahan tanah liat.

-Proses pembentukan tanah liat.

-Proses penjemuran gerabah.

-Proses pembakaran gerabah.

-Proses finishing atau penyempurnaan.

4. -Menyiapkan alat dan bahan membuat patung dari sabun.

-Membuat/menyiapkan sketsa patung.

-Merapikan permukaan sabun.

-Membuat pola ukiran patung pada sabun.

-Menajamkan pola ukiran.

-Merapikan hasil ukiran patung pada sabun.

-Mengemas patung.

5. Untuk menghindari dari benturan keras serta guncangan tertentu, dan pencegahan kerusakan produk karena cuaca ekstrem.

Semoga bermanfaat ya dan maaf kalo salah


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Rpp Kurtilas Kelas 1 Revisi 2017"