Rpp Kurtilas Kelas 1 Revisi 2017
Jawaban kegiatan soal 6.5 bahasa indonesia kelas 8 kurtilas revisi 2017.
1. Jawaban kegiatan soal 6.5 bahasa indonesia kelas 8 kurtilas revisi 2017.
Identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, dan evaluasi adalah lima struktur yang terdapat dalam sebuah teks ulasan. Teks ulasan sendiri dapat dimaknai sebagai teks yang menyajikan penilaian terhadap sebuah karya, baik karya sastra maupun pertunjukan dengan tujuan menyajikan wawasan mendalam bagi masyarakat tentang kualitas sebuah karya.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menjawab kegiatan 6.5 dari buku Bahasa Indonesia kelas VIII revisi 2017. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tentang struktur teks ulasan novel Atheis. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
IDENTITAS KARYA
Judul : Atheis
Pengarang : Achdiat K. Mihardja
Penerbit : Balai Pustaka
Tahun terbit : 1949 (cetakan pertama)
Tebal halaman : 232 halaman
ORIENTASI
Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa Inggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak tahun 1974 dengan judul yang sama.
SINOPSIS
Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididik menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya adalah pemeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO. Di sekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini. Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh seorang saudagar kaya. Ia menuruti nasihat orang tuanya dengan menerima pinangan saudagar kaya tersebut meski pernikahan itu tidak disertai rasa cinta.
Kejadian itu membuat hati Hasan hancur. Ia menjadi frustrasi. Untuk menghilangkan bayangan Rukmini dari hidupnya, ia mengikuti aliran tarekat seperti yang telah lama dianut orang tuanya. Ia semakin taat beribadah. Akan tetapi, kehidupannya berubah ketika dia bertemu teman lamanya, yaitu Rusli.
Temannya itu datang bersama seorang wanita cantik bernama Kartini. Ia adalah perempuan modern dan pergaulannya bebas. Ia juga seorang janda. Ternyata sejak perjumpaan itu, Hasan menaruh hati pada Kartini. Alasannya, Kartini memiliki karakter yang hampir sama dengan Rukmini.
Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan temanteman Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli dengan memberikan ceramah-ceramahnya. Akan tetapi, karena Rusli juga pandai bicara, kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. Tanpa disadari, pemikiranpemikiran Rusli melekat di kepala Hasan. Mulanya, Hasan tidak terpengaruh. Namun, keyakinannya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang yang tidak percaya Tuhan, yaitu Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan begitu luas.
...
ANALISIS
Novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Kita harus pandai bergaul dengan orang lain. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada akhirnya kita malah tersesat, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Kita harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini keberadaan Tuhan.
Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaakan kesalahan orang lain yang sudah bertobat. Jangan seperti tokoh ayah Hasan yang tidak mau memaakan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan Maha Pengampun,
Pengasih, dan Penyayang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaakan anaknya sendiri. Bahasa novel ini lugas dan mudah dipahami.
EVALUASI
Sayangnya, novel ini sudah sangat langka sehinga sulit diperoleh.
Pelajari lebih lanjutPada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:
brainly.co.id/tugas/14215924
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategori: 8.1.1
Kata kunci: kegiatan, kelas VIII, 6.5, teks ulasan, identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi
2. gagasan pokok dan pendukung paragraf 3 dari tema 1 kurtilas revisi 2017
Gagasan Pokok = Gagasan pokok terletak pada awal / akhir kalimat, sisanya hanya sebagai kalimat penjelas
3. Tolong dong, jelaskan tentang gambar ini. Himpunan, materi kelas 7 kurtilas revisi 2016.
Jawab:
Himpunan C - A
Penjelasan dengan langkah-langkah:
bisa dilihat kalau seluruh bagian yang diarsir itu di himpunan C tetapi bagian C∩A tidak dan bagian C∩B tetap diarsir. Maka gambar himpunan tersebut adalah himpunan C - A
4. tolong donk rangkuman IPS kurikulum 2013 revisi 2017 kelas 8 bab 1
Jawaban:
Ini rangkuman ips kls 8 semester 1
Penjelasan:
#semoga membantu dek
5. tabel 7.5 bahasa Indonesia kelas 8 revisi 2017
Bacalah teks di bawah ini dengan baik!
Secara berdiskusi, petakanlah struktur teks tersebut dengan jelas dan tepat!
Teks yang dibahas adalah teks Internet dan HAKI.
PembahasanStruktur Teks Persuasi:
1. Pengenalan isu
Paragraf: 1 dan 2
Alasan: berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu, yaitu mengenai hak-hak reproduksi.
2. Rangkaian argumen
Paragraf: 3 hingga 5
Alasan: pada paragarf 3 hingga 5 dikemukakan fakta-fakta yang memperkuat argumen-argumen, yaitu
paragraf 3 : mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja agar bertanggung jawab atas pilihannya.paragraf 4 : ketidakpedulian atas hak untuk mendapatkan informasi yang benar tentang diri, seksualitas, permasalahan reproduksi remaja lain, dan keimanan.paragraf 5 : orang tua tidak mudah untuk membicarakan soal seks, reproduksi remaja, dan berbagai isu lain.3. Ajakan-ajakan
Paragraf: 6
Alasan: terdapat ajakan terdapat pembaca untuk melakukan sesuatu, yaitu ajakan untuk berhati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan dikunjungi.
4. Penegasan kembali
Paragraf: 7
Alasan: berisi simpulan, yaitu menjadikan internet sebagai wahana penambah wawasan.
--------------------------
Detil jawabanKelas: VIII
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab : Berbahasa Persuasif (Bab 7)
Kode: 8.1.7
Kata kunci: tabel 7.5 kelas 8, petakan struktur teks internet dan HAKI
6. kelas 8 buka lks hal 25 kurtilas revisi minta bantuan nya
Jawaban:
1 .d
2c
3d
4c
5b
6c
7d
semoga benar semua
7. matematika ayo kita berlatih 3.3 kelas 8 revisi 2017
Matematika ayo kita berlatih 3.3 kelas 8 revisi 2017
Pembahasan :
1) Diketahui A = {0, 1, 4, 9} dan B = {0, 1, 2, 3, 4}
a. Relasi yang merupakan fungsi dari A ke B adalah "pangkat dua dari"
c. Rumus => f(x) = √x
Jawaban b, d dan e bisa dilihat dilampiran
2) f(x) = 3x - 2 dengan daerah asal adalah A = {-2, -1, 0, 1, 2}
a. Daerah hasil atau Range
f(-2) = 3(-2) - 2 = -6 - 2 = -8
f(-1) = 3(-1) - 2 = -3 - 2 = -5
f(0) = 3(0) - 2 = 0 - 2 = -2
f(1) = 3(1) - 2 = 3 - 2 = 1
f(2) = 3(2) - 2 = 6 - 2 = 4
Range = {-8, -5, -2, 1, 4}
b. (-2, -8) => kuadran III
(-1, -5) => kuadran III
(0, -2) => pada sumbu y
(1, 1) => kuadran I
(2, 4) => kuadran I
c. Bisa dilihat dilampiran
3) Daerah asal fungsi f dari x ke 4x - 3 adalah {x | -2 < x ≤ 5, x ∈ R}. Tentukan daerah hasilnya.
Karena x ∈ R, maka daerah hasilnya dalam bentuk interval juga.
Misal : y = 4x - 3
-2 < x ≤ 5 => bagaimana caranya si x menjadi 4x - 3 yaitu caranya kita kali 4 lalu dikurang 3
-2 < x ≤ 5 ==> kali 4
-2 . 4 < x . 4 ≤ 5 . 4
-8 < 4x ≤ 20 ====> kurangi 3
-8 - 3 < 4x - 3 ≤ 20 - 3
-11 < 4x - 3 ≤ 17
-11 < y ≤ 17
Jadi daerah hasilnya adalah = {y | -11 < y ≤ 17, y ∈ R}
4) f(x) = ax + b, f(-1) = 2, f(2) = 11
f(-1) = 2
a(-1) + b = 2
-a + b = 2 ......... (1)
f(2) = 11
a(2) + b = 11
2a + b = 11 ....... (2)
Eliminasi (1) dan (2)
-a + b = 2
2a + b = 11
---------------- -
-3a = -9
a = 3
-a + b = 2
-3 + b = 2
b = 5
Jadi
f(x) = ax + b
f(x) = 3x + 5
5) fungsi f dengan domain A = {6, 8, 10, 12} dan f(x) = 3x - 4.
a. f(6) = 3(6) - 4 = 18 - 4 = 14
f(8) = 3(8) - 4 = 24 - 4 = 20
f(10) = 3(10) - 4 = 30 - 4 = 26
f(12) = 3(12) - 4 = 36 - 4 = 32
Kesimpulan : semakin besar domain fungsinya (x nya), semakin besar juga nilai fungsinya
b. Tabel bisa dilihat dilampiran
c. Daerah hasilnya : Rf = {14, 20, 26, 32}
d. grafiknya bisa dilihat di lampiran
6) h(x) = ax + 9. Nilai h untuk x = 3 adalah -6, a = ....
a. h(3) = -6
=> a(3) + 9 = -6
=> 3a = -15
=> a = -5
Jadi nilai h untuk x = 6
h(x) = ax + 9
h(6) = -5(6) + 9
h(6) = -30 + 9
h(6) = -21
b. h(x) = ax + 9
=> h(x) = -5x + 9
c. -5x + 9 > 0
=> -5x > -9
=> 5x < 9
=> x < 9/5
=> x < 1,9
x = {...., -2, -1, 0, 1}
7) f(x) = ax + b, f(4) = 5, f(-2) = -7
a. Nilai a dan b
f(4) = 4a + b = 5
f(-2) = -2a + b = -7
---------------------------- -
......... 6a = 12
......... a = 2
4a + b = 5
4(2) + b = 5
8 + b = 5
b = -3
b. f(x) = ax + b
f(x) = 2x - 3
8) f(x) = 5 - 3x, dengan daerah asal = {-2, -1, 0, 1, 2, 3}
a. Tabel bisa dilihat dilampiran
Himpunan pasangan berurutannya = {(-2, 11), (-1, 8), (0, 5), (1, 2), (2, -1), (3, -4)}
b. Grafik bisa dilihat pada lampiran
9) f(x) = ax + b, f(2) = -2 dan f(3) = 13, nilai f(4) = ...
f(2) = 2a + b = -2
f(3) = 3a + b = 13
--------------------------- -
......... -a = -15
......... a = 15
2a + b = -2
2(15) + b = -2
30 + b = -2
b = -32
f(x) = 15x - 32
f(4) = 15(4) - 32
f(4) = 60 - 32
f(4) = 28
10) f(x) = -3x + 6
a. bayangan dari -3
=> f(-3) = -3(-3) + 6 = 9 + 6 = 15
bayangan dari 2
=> f(2) = -3(2) + 6 = -6 + 6 = 0
b. f(a) = -9
-3a + 6 = -9
-3a = -15
a = 5
11) A = {x | -2 < x < 6, x ∈ B}
A = {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
n(A) = a = 7
B = {x | x bilangan prima < 11}
B = {2, 3, 5, 7}
n(B) = b = 4
a. banyaknya pemetaan dari A ke B
= bᵃ
= 4⁷
= 16.384
b. banyaknya pemetaan dari B ke A
= aᵇ
= 7⁴
= 2.401
12) pada grafik, pasangan yang pas angkanya adalah pada x = -2 dan x = 2
a. Himpunan pasangan berurutannya
= {(-2, -1), (-2, 1), (2, -2), (2, 2)}
b dan c bisa dilihat pada lampiran
==========================
Untuk contoh soal lainnya, bisa dilihat di link berikut
https://brainly.co.id/tugas/875217
===========================
Kelas : 8
Mapel : Matematika
Kategori : Fungsi
Kata Kunci : Rumus Fungsi, Range, Ayo kita berlatih 3.3
Kode : 8.2.2
8. Please jawab soalnya dibuku matematika kelas 1 smp revisi 2017
makasih jangan lupa di follow ya
9. B. Inggris hal 13 kurikulum 2017 edisi revisi 2017 bab 1 kelas 7
English book page 13 curricullum 2017 revised edition chapter 1 class 7
10. b indonesia kelas 11 (revisi 2017) hal 152 bantu dong
Jawaban:
sertakan soalnya ya lain kali
11. Tujuan pendidikan yang ada pada kurtilas revisi tahun 2016
untuk memajukan pendidikan yang bermoral
12. Tolong dijawab ya nomor 46-50 (Bahasa Indonesia Kurtilas Revisi Kelas 8)
Jawaban:
nomor 46
terjadi banjir bandang di sungai ciliwang
Jawaban:poster adalah kertas yg berisi ajakan untuk semua orang
Iklan adalah sesuatu yang gunanya untuk mengajak orang untuk membeli produk tersebut
Penjelasan:
Sorry ya semuanya itu aja yang aku tahu
13. cara membuat RPP kurtilas yang benar dan secara rinci...#mohonbntuannya#H-3lagiberangkat
1. Mempunyai silabus mapel
2. Membuat Program tahunan dan program semester
3. Memahami setiap KD
4. Susun RPP sesuai promes, sudah ada pembagian jam ajar.
5. Struktur RPP (Judul (mapel, materi, alokasi waktu), K1-K4, KD, Materi, Tujuan Pembelajaran, Metode, Sumber materi, Kegiatan (pembukaan (doa dan bertanya seputar pertemuan sebelumnya), kegiatan (langkah-langkah pembelajaran) penutup, Instrumen penilaian, Penilaian sikap)
14. b indonesia kelas 11 (revisi 2017) hal 152bantu dong
Ya ini informasi tentang apa
Apa saya sendiri yg bikin informasi???
15. PRAKARYA KELAS 8, info buku: prakarya kelas 8 semester 1, edisi revisi 2017
Jawaban:
1. Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan).
2. Alat:
- Meja putar
- Kawat
- Kuas
- Pisau pahat
-Kayu giling
- Pembakar
Bahan:
-Tanah
- Abu
-Kayu bakar
3. -Proses pemilihan dan pengambilan tanah liat.
-Proses pengolahan tanah liat.
-Proses pembentukan tanah liat.
-Proses penjemuran gerabah.
-Proses pembakaran gerabah.
-Proses finishing atau penyempurnaan.
4. -Menyiapkan alat dan bahan membuat patung dari sabun.
-Membuat/menyiapkan sketsa patung.
-Merapikan permukaan sabun.
-Membuat pola ukiran patung pada sabun.
-Menajamkan pola ukiran.
-Merapikan hasil ukiran patung pada sabun.
-Mengemas patung.
5. Untuk menghindari dari benturan keras serta guncangan tertentu, dan pencegahan kerusakan produk karena cuaca ekstrem.
Semoga bermanfaat ya dan maaf kalo salah
Posting Komentar untuk "Rpp Kurtilas Kelas 1 Revisi 2017"