Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Format Supervisi Guru Kurikulum 2013 Excel


Format Supervisi Guru Kurikulum 2013 Excel

cara mengisi format analisis media kurikulum 2013

1. cara mengisi format analisis media kurikulum 2013


liat aja di situ nanti tinggal isi

2. format file yang dibuat menggunakan aplikasi MS Excel 2013 adalah​


Jawaban: .xlsx

Penjelasan:Data atau file dengan ekstensi .XLSX adalah sebuah file Microsoft Excel Open XML Spreadsheet yang dibuat memakai aplikasi Microsoft Excel. Namun, karena formatnya open XML, file ini bisa dibuka oleh sejumlah aplikasi, seperti Open Office, Google Docs, hingga Apple Numbers.

extensi file dri Ms Excel 2013 adalah : .xlsx

Semoga membantu

3. supervisi pelaksanaan kurikulum


2. Bidang Kegiatan Supervisi KurikulumBidang kegiatan utama supervisi kurikulum adalah membantu dan membimbing atau mengarahkan atau menggerakkan guru-guru untuk meningkatkan mutu kemampuan profesionalnya sehubungan dengan pelaksanaan kurikulum, diharapkan guru-guru menyadari kelemahan dan kekurangan, baik berkat rangsangan dari supervisor maupun berkat pemahaman diri sendiri.a. Pengertian Kemampuan Profesional GuruGuru adalah suatu pekerjaan profesional, yang menuntut persyaratan keahlian dalam bidang pendidikan. Dengan keahliannya itu, guru dapat mengabdikan dirinya berdasarkan hati nuraninyasendiri terhadap kepentingan masyarakat. Konsep berpikir ini sejalan dengan pandangan Prof. Dr. Sikun Pribadi yang mengemukakan, bahwa profesi itu hakikatnya ialah suatu pertanyaan atau suatu janji yang terbuka, bahwa seorang akan mengabdikan dirinya kepada suatu jabatan terbuka atau pekerjaan dalam arti biasa, karena orang tersebut merasa terpanggil untuk pengabdian sepenuh hati sesuai dengan etika yang dianut dalam profesi kependidikan.Pekerjaan profesional dapat diselenggarakan dengan baik dan berhasil, jika guru memilki kemampuan-kemampuan yang sesuai dengan tuntutan tugas dan perannya. Pengertian kemampuan (competency) Jhonson dalam hal ini merumuskan sebagai berikut: A competency as rational performance which satisfactirily meets the objectives for a desired condition. Rasional berarti sipelaku mempunyai arah dan tujuan tertentu setelah melalui berbagai pertimbangan. Performance berarti tingkah laku, baik dapat diamati maupun tidak dapat diamati. Satisfactorily berarti kemampuan itu kuat dan memadai untuk mencapai tujuan. Objectives berarti kemampuan sesuatu yang menunjukkan pada hasil-hasil yang diharapkan. A desired condition berarti keadaan dimana tingkah laku itu diinginkan. Keberhasilan pelaksanaan tugas dan peranan guru banyak ditentuka oleh faktor kemampuan yang dimilikinya. Karena itu guru harus mampu melaksanakantanggung jawab untuk mengembangkan kognitif siswa, yang berkenaan dengan perkembangan intelektualnya; tanggung jawab mengembangkan hubungan sosial para siswa, dan tanggung jawab mengembangkan aspek kepribadian siswa khususnya yang berkenaan dengan perkembangan emosional. Pelaksanaan tanggung jawab ini membutuhkan kemampuan profesional yakni yang berkenaan dengan kemampuan dalam proses belajar-mengajar. Kemampuan sosial berkenaan dengan hubungan kemampuan berkomunikasi dan membina. Hubungan sosial dengan para siswa, dan kemampuan ini penting maknanya kepribadian terutama aspek sikap dan nilai, yang berfungsi membantu pelaksanaan pengajaran, bahkan merupakan salah satu komponen dalam kemampuan profesional itu.Kemampuan profesional ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria: (1) kognitif yakin penguasaan pengetahuan atau intelektual; (2) performance yang berkenaan dengan kemampuan untuk kerja (perbuatan); (3) efektif yang berkenaan dengan aspek kepribadian atau sikap dan nilai; (4) produk yang berkenaan dengan hasil belajar siswa; dan (5) eksploratoris yang berkenaan dengan pengalaman-pengalaman khusus aspek kognitif meliputi penguasaan pengetahuan materi/spesialisasi pelajaran tertentu yang akan diajarkan.Penguasaan konsep, prinsip dan strategi mengajar dan belajar. Aspek performance merupakan perilaku yang dapat diamati dan diatur yang harus dirumuskan secara khusus, aspek efektif meliputi sikap-sikap, minat, penghargaan, dan nilai-nilai yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar kendatipun sulit merumuskan secara spesifik karena bersifat ekspresif.Aspek produk adalah perubahan tingkah laku siswa setelah mendapat pengajaran dari guru. Perubahan tingkah laku hakikatnya merupakan indikator kemampuan profesional guru bersangkutan, aspek eksploratoris adalah pengalaman khusus di luar sekolah, misalnya tentang masyarakat di sekitar sekolah, tentang sekolah lain, dan sebagainya.b. Bentuk Kegiatan Supervisi KurikulumUraian diatas menunjukkan, kompleksnya kemampuan guru sebagai tenaga profesional kependidikan. Semua kemapuan guru seyogianya mendapat perhatian dari supervisor (Penilik atau Pengawas), namun beberapa diantaranya khususnya yang bertalian dengan pelaksanaan kurikulum, yang perlu mendapat perhatian dengan seksama, yakni kemampuan-kemampuan, sebagai berikut:1) Kemampuan melaksanakan kurikulum yang berkaitan dengan pelaksanaan proses belajar-mengajar.2) Kemampuan memilih dan menggunakan material kurikulum, khususnya yang berkenaan dengan media intruksional dan bahan-bahan belajar.3) Kemampuan memberikan pelayanan terhadap perbedaan individual siswa dengan mempehatikan perilaku awal, kemampuan, bakat, minat, dan sebagainya.4) Kemampuan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang tentunya mencakup juga kegiatan ko kurikuler.5) Kemampuan memecahkan masalah-masalah khusus, misalnya dispilin kelas dan masalah sosial lainnya.

4. Guru Kurikulum 2013 kelas 4 SD


maksudnya apa ya..
soalnya gak jelas.. Bu ngatemi , bu paijah, bu buibulan ?

5. 1.Apa saja kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013 bagi guru dan murid ? 2.Sudah efisienkah pelaksanaan kurikulum 2013 ? 3.Apa kendala yg akan dihadapi oleh guru-guru saat kurikulum baru diterapkan ? 4.apakah perubahan kurikulum ini nantinya akan membawa perubahan lebih baik bagi bangsa ? 5.Solusi pemecahan dalam implementasi kurikulum 2013 ?


1. Kelebihannya: - Mirid dapat mengemukakan pemikirannya.
- Materinya selalu berhubungan dari bab kebab, jadi tidak terlalu susah untuk dipelajari dan dimwngerti oleh guru maupun siswa.
- Murid yang memiliki pengetahuan dalam hal berbicara juga dapat aktif, karena pada kurikulum dulu hanya murid yang pintar dalam teori dikatakan aktif.

kekurangan: - Murid dipaksakan untuk berpikir lebih keras.
- Murid yang tidak terlalu pintar dalam berbicara maupun pintar dalam teori akan merasa pembelajaran yang diberikan akan sangat sulit dan tidak dimengerti.
- Murid akan merasa tertekan karena harus mencari sendiri jawabannya tanpa bantuan, karena kita dituntut mandiri.
- Pembelajaran harus tetap lanjut, jadi sangat besar kemungkinan guru dan merid akan kebingungan.
2. Sudah, karena mkurikulum 2013 mempercepat kita memahami pelajaran dengan memakai pemikiran kira tanpa perlu memakai pikiran dari buku.
3. Guru akan merasa bingung karena penetapan kurikulum baru yang sebenarnya guru sudah terbiasa dengan kurikulum yang ia pelajari dulu, guru juga akan pusing karena banyaknya kurikulum yang ia pelajari dan yang harus ia pakai kepada siswanya.
4. Menurut saya tidak, karena kurikulum yang mengajarkan siswa untuk madiri dan berpendapat serta mengeluarkan idenya dalam waktu yang terus menerus akan mengganggu mental siswi karena mereka dituntut mandiri dimana pemaksaan yang berlebihan dalam belajar itu tidak boleh.
5. Sebaiknya kurikulum ini diubah sedikit agar tidak menuntut siswa dalam belajar yang akan membuatnya merasa malas dan tertekan.

6. PERHATIAN UNTUK KAKAK KAKAK ATAU GURU GURU YANG SUDAH MENJALANI KURIKULUM 2013 !! SAYA INGIN BERTANYA APAKAH DI DALAM KURIKULUM 2013 ADA "RAPOT SISIPAN"??? TOLONG DIJAWAB DENGAN FAKTA.


rapot sisipan dalam konteks ini yang saya tau adalah tidak hanya nilai akademik saja tetapi juga non akademik. misalnya anak itu berprestasi di luar akademik, maka jika dia tidak naik kelas gara-gara nilai akademiknya jelek dapat dibantu dengan nilai non akademik
raport sisipan??
raportnya itu seperti anak kuliahan..sudah pke nilai IP..berkisar dri 1-4...

7. JAWABLAH!Format Laporan Percobaan Kelas 9Bhs Indonesia,Kurikulum 2013,Hal 31​


Jawaban:

Soal:Hasil:Apa yang kerja di catat semua hal yang terjadi dan tidak terjadi sesuai harapan jangan hilangkan kesalahan yang terjadi......

Penjelasan:


8. pegangan guru kurikulum 2013 hal 129​


Jawaban:

Lebih Baik Jika Bertanya Soal Di Foto Saja Ya (Tolong Di Foto Entar Saya Jawab) #SEJUTAPOHON


9. bagaimana cara penilaian guru pada kurikulum 2013


Gru lebih banyak menilai sikap80%penilaian dy ambil dari sikap/akhlak
yg 20%nya dy ambil dri kmampuan otak

10. saya ingin mendaftar di ruang guru tetapi buku paket kita KTSP, Lks kita Kurikulum 13. Nah kita pilih KTSP atau Kurikulum 2013?


kurtilas edisi revisi

kalau saya milih ktsp dek


11. apa tuntutan profesional guru pada kurikulum 2013


lebih disiplin lebih aktif serta kreatif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif seta kondusifHarus lebih aktif untuk membuat siswa lebih giat belajar,Dan aktif

12. Apa saja metode guru mengajar pada kurikulum 2013 dan penjelasannya ?


-metode menalar,siswa disuruh berpikir menalar dalam setiap pembelajaran
-metode mencari sumber sendiri,siswa disuruh mencari sumber terlebih dahulu atau siswa dibuat untuk dapat berusaha mencari referensi.

13. Format file dokumen microsoft Excel 2007, 2010, 2013 dan yang terbaru pada umumnya ber-extention


Format file Microsoft Excel 2007 keatas adalah *.xlsx
Format file Microsoft Excel 2007 kebawah adalah *.xls

14. Kumpulan pertanyaan supervisi pelaksanaan kurikulum


Kontooooolll lah, pake nanya lagi. Ngah lah bercanda Bro, CLASSMEETING JAWABANNYA, Maaf Jika ada salah

15. ciri-ciri kurikulum 2013 untuk siswa dan guru bagaimana?


Ciri-ciri kurikulum 2013 untuk siswa dan guru:
1. harus mengutamakan sopan, santun, senyum, dan sapa kepada teman dan guru.
2. tidak boleh mengejek teman, tidak boleh berkata kasar kepada guru.
3. di kurikulum 2013, peringkat tidak di-perioritaskan. yang akan diperioritaskan nanti adalah sopan, santun, senyum, dan sapa kepada teman dan guru.
4. harus membuang sampah pada tempatnya, jika kita lewat dan ada sampah bungkus permen pun klo tidak dibuang, itu bisa mengurangi nilai kepedulian sosial.


Semoga Membantu :)
Siswa harus lebih aktif dibanding guru, siswa harus belajar sendiri. Siswa aktif sekitar 80% sedangkan guru 20%.
Siswa harus mempelajari praktek dan ketrampilan juga.
Ada penilaian sikap

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Format Supervisi Guru Kurikulum 2013 Excel"