Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Rubrik Penilaian Portofolio


Contoh Rubrik Penilaian Portofolio

Contoh sebuah rubrik penilaian​

Daftar Isi

1. Contoh sebuah rubrik penilaian​


Jawaban:

Bagaimana cara membuat rubrik penilaian?

1.Cara Membuat Rubrik: Pendahuluan.

2.Langkah-langkah Membuat Rubrik.

3.Langkah 1: Tentukan Tujuan Anda.

4.Langkah 2: Pilih Jenis Rubrik.

5.Langkah 3: Tentukan Kriteria Anda.

6.Langkah 4: Buat Tingkat Kinerja Anda.

7. Langkah 5: Tulis Deskriptor untuk Setiap Level Rubrik Anda.


2. contoh rubrik penilaian puisi​


FORMAT PENILAIAN PEMBACAAN PUISI

Petunjuk:

Tulislah skor dari tiap aspek sesuai dengan pengamatan anda terhadap pembacaan puisi yang dilakukan dengan memperhatikan rubrik yang diberikan pada bawah tabel (rentang skor 1 -3 )

No.  Aspek  Skor Diperoleh

1.  Penghayatan / ekspresi / penjiwaan  

2.  Gerak meliputi mimik, gesture dan pantomimik  

3.  

Artikulasi / pelafalan  

4.  

Intonasi / penekanan  

RUBRIK PEMBERIAN SKOR:

1. Penghayatan / ekspresi / penjiwaan

Skor 3 bila pembaca puisi mampu menunjukkan ekspresi akan penghayatan dan penjiwaan yang sangat baik.

Skor 2 bila pembaca puisi mampu menunjukkan ekspresi akan penghayatan dan penjiwaan yang cukup baik.

Skor 1 bila pembaca puisi menunjukkan ekspresi akan penghayatan dan penjiwaan yang kurang baik.

2. Gerak meliputi mimik, gesture dan pantomimik

Skor 3 bila pembaca puisi mampu menunjukkan mimik, gesture, dan pantomimik yang sangat baik.

Skor 2 bila pembaca puisi mampu menunjukkan mimik, gesture, dan pantomimik yang cukup baik.

Skor 1 bila pembaca puisi menunjukkan mimik, gesture, dan pantomimik yang kurang baik.

3. Artikulasi/Pelafalan

Skor 3 bila pembaca puisi mampu menunjukkan artikulasi/pelafalan yang sangat baik.

Skor 2 bila pembaca puisi mampu menunjukkan artikulasi/pelafalan yang cukup baik.

Skor 1 bila pembaca puisi menunjukkan mimik, artikulasi/pelafalan yang kurang baik.

4. Intonasi dan penekanan

Skor 3 bila pembaca puisi mampu menunjukkan intonasi dan penekanan yang sangat baik.

Skor 2 bila pembaca puisi mampu menunjukkan intonasi dan penekanan yang cukup baik.

Skor 1 bila pembaca puisi menunjukkan intonasi dan penekanan yang kurang baik.


3. contoh instrument penilaian portofolio


Jawaban:

hasil proyek, penyelidikan, hasil pengamatan siswa.

Penjelasan:

0_0 semoga bermanfaat follow me^_^ maaf jika salah'-'

4. portofolio merupakan hasil karya siswa contohnya sebagai pengembangan level berikutnya dan untuk mempromosikan pengembangan berikutnya Buatlah tahapan-tahapan dalam perencanaan penilaian portofolio dan jelaskan keuntungan penilaian dengan portofolio tersebut​


Jawaban:

Tahap-tahap perencanaan penilaian portofolio :

1.menentukan kriteria dan atau standar yang akan digunakan sebagai dasar asesmen portofolio

2.Menerterjemahkan kriteria atau standar kedalam rumusan hasil belajar yang akan di amati

3.Memeriksa ruang lingkup dalan urutan materi dalam kurikulum untuk menentukan perkiraan waktu yang di perlukan

4.Menentukan jenis bukti yang harus dikumpulkan

5.Menentukan tahap cara yang akan digunakan untuk mengambil keputusan berdasarkan bukti

6.Menentukan sistem yang akab digunakan untuk membahas hasil portofolio

7.Mengatur bukti portofolio berdasarkan umur, kelas atau isi agar seluruh dapat kita bandingkan

Keuntungan penilaian dengan portofolio : bisa dapat di akses secara langsung oleh orang-orang yang berkepentingan terhadap menggunakan penilaian melalui portofolio


5. cara membuat rubrik penilaian praktikum


Jawaban:

KONSEPSI EVALUASI

Evaluasi merupakan suatu proses atau kegiatan pemil ihan, pengumpulan,

analisis dan penyajian informasi yang sesuai untuk mengetahui sejauh mana suatu

tujuan program, prosedur, produk atau strategi yang dijalankan telah tercapai,

sehingga bermanfaat bagi pengambilan keputusan sert a dapat menentukan beberapa

alternatif keputusan untuk program selanjutnya.

Menurut Griffin & Nix (1991: 3), pengukuran, asesme n, dan evaluasi adalah

hirarki. Pengukuran membandingkan hasil pengamatan dengan kriteria, asesmen

menjelaskan dan menafsirkan hasil pengukuran, sed ang evaluasi adalah penetapan

nilai atau implikasi suatu perilaku. Bisa perilaku individu atau lembaga. Jadi menurut

definisi ini kegiatan evaluasi didahului dengan pen ilaian, sedang penilaian pada

umumnya didahului dengan kegiatan pengukuran.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpu lkan bahwa evaluasi

merupakan proses kegiatan mengumpulkan informasi ya ng dilakukan secara

sistematis melalui pengukuran, untuk selanjutnya in formasi tersebut digunakan

sebagai dasar menetapkan nilai (

worth ) sesuatu objek yang diikuti dengan tindak

lanjut dari ketetapan nilai tersebut. Esensi evalua si adalah penetapan nilai atau

value

judgement suatu objek berdasarkan kriteria tertentu. Kegiata n evaluasi selalu

didahului dengan kegiatan pengukuran, yaitu proses penetapan angka menurut aturan

tertentu, kemudian dilanjutkan penilaian dan diakhi ri evaluasi. Penilaian diartikan

sebagai suatu kegiatan menafsirkan data hasil pengu kuran. Dengan demikian evaluasi

merupakan suatu kegiatan yang kompleks dan terus me nerus untuk mengetahi

manfaat suatu kegiatan untuk selanjutnya digunakan sebagai pertimbangan dalam

menentukan suatu keputusan.

Dalam bidang pendidikan ditinjau dari sasarannya, e valuasi ada yang bersifat

makro dan ada yang mikro. Evaluasi yang bersifat ma kro sasarannya adalah program

pendidikan, yaitu program yang direncanakan untuk m emperbaiki bidang pendidikan.

Evaluasi mikro sering digunakan di tingkat kelas. J adi sasaran evaluasi mikro adalah

program pembelajaran di kelas dan yang menjadi pena nggungjawabnya adalah guru


6. Apa fungsi rubrik dalam penilaian ?


gydrthytygfrggfdgdgfgdfgtrgdfgdfgddgsiswa diharapkan secara jelas memahami dasar penilaian yang akan digunakan untuk mengukur suatu kinerja siswa. Kedua pihak (guru dan siswa) akan mempunyai pedoman bersama yang jelas tentang tuntutan kinerja yang diharapkan

7. contoh rubrik penilaian pebgetahuan kelas 6 tema 1 k1​


Jawaban:

Maaf Gk Tau ak

Penjelasan:

Maaf bnget


8. Bagaimana rubrik penilaian scientifik pada kurikulum 13?


Lebih ke aspek keterampilan dan sikap. Soalnya dalam kurnas siswa diajarkan menjadi aktif bukan guru yang aktif.
pada kurikulum 2013, guru hanya berpotensi sekitar 20% saja, sisanya murid yang diminta untuk aktif

9. apa yang di maksut rubrik penilaian autentik


Penilaian autentik adalah penilaian kinerja, termasuk di dalamnya penilaian portofolio dan penilaian projek. Penilaian autentik disebut juga penilaian responsif, suatu metode untuk menilai proses dan hasil belajar peserta didik yang memiliki ciri-ciri khusus, mulai dari mereka yang mengalami kelainan tertentu, memiliki bakat dan minat khusus, hingga yang jenius. 

10. Berikan contoh rubrik penilaian drama - Brainly


rubrik penilaian drama berisi :
1. nama kelompok
2. judul drama yang dipentaskan
3. komponen yang dinilai yang dibagi menjadi :
a. pelafalan dialog :
-kualitas vokal
-kejelasan
-ketepatan jeda nada dan intonasi
b. pemeranan pelaku :
-ekspresi
-kesesuaian gerak
-posisi pemain saat pementasan di panggung
c. lain lain :
-tata panggung
-kostum
-musik
4. keterangan nilai (a, b, c, atau d)
5. rumusan skor pementasan

semoga membantuu!!

11. 1. Bagaimana langkah-langkah dalam menyusun asesmen kinerja siswa agar dapat menilai kualitas kinerja siswa, baik proses maupun produk? 2 Rubrik adalah pedoman pemberian skor yang digunakan untuk menilai mutu kinerja atau hasil kinerja siswa. Berkaitan dengan konsep tersebut, bagaimana langkah-langkah dalam pengembangan rubrik? 3 Fortofolio merupakan hasil karya siswa, contohnya sebagai pengembangan level berikutnya dan untuk mempromosikan pengembangan berikutnya. Buatlah tahapan-tahapan dalam perencanaan penilaian portofolio dan jelaskan keuntungan penilaian dengan portofolio tersebut!​


1. Langkah-langkah membuat performance assessment yaitu :

Melakukan identifikasi ttentang langkah-langkah penting yang diperlukan.Menuliskan perilaku kemampuan khusus.Membuat ukuran kemampuan yang akan diukur.Mengurutkan ukuran kemampuan.Periksa kembali dan bandingkan dengan ukuran kemampuan yang dibuat sebelumnya.

2. Langkah Pengembangan Rubrik yakni :

Menentukan konsep, keterampilan atau kinerja yang akan diasesmen.Merumuskan atau mendefinisikanMenentukan urutan konsep  yang akan diasesmen ke dalam rumusan  yang menggambarkan aspek kognitif dan aspek kinerja.

3. Tahapan penilaian portofolio yaitu :

Menetapkan tujuan portofolio, Menetapkan isi portofolio, Menetapkan seleksi portofolio, Menetapkan yang akan dinilai dan kriteria penilaian seperti apa, Menetapkan metode yang akan di gunakan untuk estimasi dan pelaporan kedudukan peserta didik di dalam peta kemampuan.PEMBAHASAN

1. Langkah-langkah membuat performance assessment yaitu :

Melakukan identifikasi ttentang langkah-langkah penting yang diperlukan.Menuliskan perilaku kemampuan khusus.Membuat ukuran kemampuan yang akan diukur.Mengurutkan ukuran kemampuan.Periksa kembali dan bandingkan dengan ukuran kemampuan yang dibuat sebelumnya.

2. Langkah Pengembangan Rubrik yakni :

Menentukan konsep, keterampilan atau kinerja yang akan diasesmen.Merumuskan atau mendefinisikanMenentukan urutan konsep  yang akan diasesmen ke dalam rumusan  yang menggambarkan aspek kognitif dan aspek kinerja.

3. Tahapan penilaian portofolio yaitu :

Menetapkan tujuan portofolio, Menetapkan isi portofolio, Menetapkan seleksi portofolio, Menetapkan yang akan dinilai dan kriteria penilaian seperti apa, Menetapkan metode yang akan di gunakan untuk estimasi dan pelaporan kedudukan peserta didik di dalam peta kemampuan.

Keuntungan penilaian portofolio yakni penilaian portofolio berguna sebagai alat sumatif maupun formatif. Portofolio sebagai alat formatif biasanya digunakan untuk memantau kemajuan peserta didik dan mendorong peserta didik dalam merefleksikan pembelajaran.

pelajari lebih lanjut

pelajari lebih lanjut mengenai portofolio : https://brainly.co.id/tugas/6317902?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly & #SPJ1


12. berilah penilaian terhadap ringkasan tersebut dengan menggunakan rubrik berikut


coba perhatikan rubriknya baik-baik, lalu nilai lah seusuai penilaianmu


13. contoh rubrik penilaian ketrampilan berbicara​


Jawaban:

penilaian yang tepat

Penjelasan:

maaf kalau salah


14. Please urgent!, penilaian portofolio​


A. 2

semoga bermanfaat!


15. susunlah rubrik dari asesmen portofolio yang anda berikan kepada siswa dan pilih salah satu subtema dari kelas yang anda ajar


Jawaban:

bangun ruang 3 dimensi


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Rubrik Penilaian Portofolio"