Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kurikulum Tik Sd


Kurikulum Tik Sd

jelaskan peluang yang diberikan kepada guru selaku pengembangkurikulum pada kurikulum ips sd tahun 1994 dan kurikulum sd tahun 2006?​

1. jelaskan peluang yang diberikan kepada guru selaku pengembangkurikulum pada kurikulum ips sd tahun 1994 dan kurikulum sd tahun 2006?​


Jawaban:

Kurikulum 1994

a. Materi Kurikulum IPS 1994 ditata secara lebih terpadu dan lebih sederhana dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya.

b. Dilihat dari cakupan materi, terdiri dari pengetahuan sosial dan sejarah. Materi IPS ditata secara terpadu anatara pokok bahasan yang ditunjang oleh beberapa konsep yang bersasal dari berbagai ilmu atau disiplin ilmu sosial yaitu Geografi, Sejarah, Ekonomi, Lingkungan Hidup, Koperasi dan politik / pemerintah

c. Khusus materi Sejarah Nasional Walaupun merupakan sub bidang studi IPS. Namun disusun secara tersendiri dan diajarkan secara tersendiri dan diajarkan secara tersendiri pula mulai dari kelas IV sampai kelas VI

d. Ditinjau dari tujuan kurikuler, kurikulum 1994 lebih menekankan kepada unsur tujuan pendidikan kewarganegaraan, terwadahi dalam bidang studi PMP/ PPKN

e. Kedalaman dan keluasaan materi diserahkan sepenuhnya kepada guru selaku pegembang kurikulum

f. Dari segi lingkup bahan pengajaran, Kurikulum 1994 tetap menggunakan pendekatan spiral (yakni pengajaran yang dimulai dari lingkungan terdekat dan sederhana sampai kepada lingkungan yang makin luas dan kompleks)

g. Dalam proses belajar mengajar menggunakan prinsip Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)

Kurikulum 2006

Kurikulum 2006 atau dikenal dengan Model KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yakni model umum yang berisi kerangka acuan dan model kurikulum lengkap yang lansung diaplikasikan ke dalam satuan pendidikan. Kurikulum 2006 atau KTSP merupakan modifikasi dari model kurikulum yang sudah ada. Kurikulum ini memuat berupa standar isi dan standar kompetensi. Standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Standar kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/diobservasikan untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan mata pelajaran.

Adapun yang menjadi ruang lingkup mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, dapat dilihat pada tabel Aspek dan Sub Aspek Ilmu-ilmu Sosial


2. Apa saja variabel kurikulum sd?


pendahuluan, pengertian kurikulum,

3. Apa saja variabel kurikulum sd?


1 pengetahuan
2 pengertian kurikulum

4. rangkuman Bab 3 TIK kelas 7 kurikulum merdeka​


Penjelasan:

ini ya jangan lupa belajar


5. Bagaimana cara mengajarkan tik pada anak sd?


Jawaban:

pengalaman pribadi karena saya pernah sd juga

Penjelasan:

diawali dengan mengajari mengoperasikan PAINT sampai bisa saving file lalu setelah fasih dengan itu dilanjutkan dengan keluarga OFFICE


6. Karakteristik kurikulum terhadap anak SD


Jawaban:

kurikulum anak sd zaman sekarang menggunakan buku tema yg kebanyakan dengan kegiatan kita dan berisi tatakrama dan etika dalam menjadi masyarakat dan seorang pelajar tidak lupa pula terdapat soal soal, dan pengetahuan umum yg bersifat mendidik

Penjelasan:

semoga membantu


7. perkembangan kurikulum IPS di SD


Jawaban:

mgsd?

Penjelasan:

yg jelas pertanyaan nya

terimakasih


8. analislah beberapa perbedaan yang terdapat dalam kurikulum IPS SD tahun 1994 dan kurikulum IPS SD tahun 2006 (KTSP)​


Jawaban:

lebih spesifik kurikulum 2006 kaka


9. Seiring perkembangan zaman Kurikulum IPS SD di Indonesia semakin lama semakin berkembang dan mempunyai ciri karakteristik tersendiri di setiap kurikulum. Analislah beberapa perbedaan yang terdapat dalam kurikulum IPS SD Tahun 1994 dan Kurikulum IPS SD Tahun 2006 (KTSP)!​


Beberapa perbedaan yang terdapat dalam kurikulum IPS SD Tahun 1994 dan Kurikulum IPS SD Tahun 2006 (KTSP) antara lain:

Kurikulum IPS pada tahun 1994 antara PMP dan IPS terpisah, saat itu PMP diubah menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) dari kelas 1 sampai kelas 6 sedangkan untuk pelajaran IPS diajarkan sejak kelas 3 SD.Sedangkan IPS SD pada tahu 2006 bersifat memberikan rambu-rambu untuk mendalami dan keluasan dalam memberikan materi guna mencapai kompetensi dasar yang diharapkan. IPS SD pada tahun 2006 mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 SD.

Penjelasan:

Kurikulum dalam pendidikan mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Terdapat beberapa perbedaan antara kurikulum tahun 1994 dengan kurikulum KTSP.

Pada kurikulum KTSP bersifat desentralistik. Yang berarti segala tata aturan yang dicantumkan dalam suatu kurikulum yang sebelumnya sudah dirancang dan juga ditetapkan oleh pemerintah pusat, maka dalam KTSP sebagian dari tata aturan dalam kurikulum tersebut diserahkan agar dikembangkan dan juga diputuskan oleh pihak di daerah ataupun oleh pihak sekolah.

Walaupun terdapat kebebasan dalam pengembangan pada tingkat satuan pendidikan, tetapi pengembangan kurikulum tersebut harus mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang sudah ditetapkan BSNP.

Pelajari lebih lanjut

Ciri dan tujuan kurikulum

brainly.co.id/tugas/1674500

#Belajarbersamabrainly

#SPJ1


10. Kenapa sih pelajaran TIK tidak ada di kurikulum 2013 ? (cuman asal nanya)


Mungkin di gabung sama pelajaran lain. Padahal ini pelajaran yang menyenangkan. :|- Pemerintah menganggap kurang efektif karena anak SD pun sudah bisa internetan (Padahal TIK tidak hanya mengajari tentang internet)
- Jika TIK masuk ke kurikulum nasional maka Pemerintah harus menyediakan Laboratorium Komputer bagi semua sekolah di Indonesia dan pemerintah tidak sanggup melaksanakannya
(Padahal bisa dihapus dari Muatan Lokal dan diganti menjadi Muatan tambahan hanya untuk sekolah yang mampu menyediakan laboratorium komputer sendiri dan sekolah yang mampu dibiayai pemerintah)
- Banyak sekolah yang belum dialiri listrik
(Justru itulah pemerintah harus berusaha mengalirkan listrik di sekolah/daerah tersebut karena itu memang kewajiban pemerintah)

Alasan TIK Dihapus dan Kontra saya sebagai Murid :)

Semoga dapat membantu ^ ^
Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan

11. komponen pengembangan kurikulum sd


1. Komponen tujuan
2. Komponen isi/materi pelajaran
3. Komponen metode/strategi
4. Komponen evaluasimateri , tujuan dan jawaban

12. mengapa di kurikulum 2013 bahasa sunda dan TIK dihapuskan? jelaskan apa alasannya?


Karena pemerintah beranggapan bahwa Bahasa sunda/daerah itu adalah bahasa sehari hari masyarakat di daerahnya sedangkan TIK pemerintah beranggapan semua siswa siswi telah mengenal, mengetahui dan mempergunakan TIK d lam kesehariannya.kalau TIK katanya bisa bergabung dengan pelajaran lain, jadi kan biasanya pelajaran lain juga sering pake TIK jadi dihapus, diganti dengan prakarya.
Kalau bahasa daerah mungkin karena dianggap bisa dilakukan sambil belajar pelajaran lain?

13. apa fungsi strech pada materi TIK SD


Jawaban:

Fungsi stretch:mengubah sebagian dari obyek, baik memperbesar atau memperkecil


14. Beberapa perbedaan yang terdapat dalam kurikulum ips sd tahun 1994 dan kurikulum ips sd tahun 2006 (ktsp)


Jawaban:

Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dassar tahun 2006 yang ditetepakan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006, mempunyai karakteristik tersendiri karena kurikulum IPS yang mulai berlaku tahun ajaran 2006 itu tidak menganut istilah pokok bahasan, namun cukup simpel,yakni Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Hal ini jauh lebih sederhana dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya dan jam pelajarn relatif lebih sedikit per minggunya. Kesemuanya ini memberikan peluang yang luas bagi guru sebagai pengembang kurikulum untuk berkreasi dalam pengembangan kurikulum yang mengacu pada pembelajaran IPS yang PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan). Di tangan gurulah, kurikulum ini dapat hidup dan berkembang.

Kurikulum Pendidikan IPS SD tahun 2006 bersifat hanya memberi rambu-rambu untk kedalaman dan keluasan materi dalam mencapai kompetensi dasar yang diharapkan, di sini aspirasi setempat (muatan lokal) dapat dituangkan dalam proses pembelajaran IPS Terpadu. Di dalam kompetensi dasar, terdapat kata kerja operasionalyang menunjukan cara pembelajaran yang disarankan. Apabila ditelaah maka kata kerja operasional tersebut mengacu pada cara belajar aktif, misalnya membuat, menunjukan, menceritakan, mencari, menggunakan, mengamati, dan menggambar.

Materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar terdiri dari materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Materi IPS SD tidak nampak secara nyata, namun terata secara terpadu dalam standar kompetensi yang dimulai sejak kelas satu sampai dengan kelas enam. Pembelajaran IPS pada kelas 1 sampai kelas 6 dilaksanakan melalui pendekatan pembelajaran.

Kurikulum 2006 tertata dalam standar kompetensi tertata dalam kompetensi dari kelas 1 sampai kelas 6. Kurikulum 1994 materi pelajaran ditata lebih terpadu dan sederhana.

Kolerasi dalam berbagai ilmu atau disiplin ilmu penunjang daripada kurikulum1986.

Kurikulum 1968 materi IPS masih bersiri sendiri-sendiri secara terpisah antara Ilmu Bumi, Sejarah, dan Pengetahuan Kewarganegaraan.

Kurikulum 1975 Pendidikan Kewarganegaraan dalam IPS mulai dipisahkan menjadi bidang studi sendiri dengan nama Pendidikan Moral Pancasila.

Kurikulum 1994PMP dan IPS tetap terpisah, PMP diubah menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 1 sampai dengan kelas 6. pelajaran IPS diajarkan sejak kelas 3 SD.

Ditinjau dari tujuan kurikuler :

Kurikulum 1964 dan 1968 menekankan unsur tujuan Pendidikan Kewargaan Negara/Moral. Unsur tersebut dalam kurikulum1975, 1986, 1994 terwadahi dalam bidang studi PMP/ PPKN.

\

Ditinjau dari segi penyusunan tujuan kurikuler :

Kurikulum 1994 sama dengan kurikulum1986 yakni 4 tujuan kurikuler IPS, masing-masing satu tiap kelas dan 3 tujuan kurikuler Sejarah Nasional masing-masing satu tiap kelas.

Ditinjau dari segi lingkup bahan pengajaran :

Kurikulum 1994 menggunakan pendekatan spiral (lingkup terdekat-luas). Pendekatan ini juga berlaku untuk kurikulum sebelumnya

Khusus Sejarah Nasional menggunakan pendekatan periodisasi (zaman kuno- sejarah kontem porer)

Kurikilum 1994materi sejarahnasional ditambah ditambah sejarah lokal.

Kurikulum 1986 disamping sejarah nasional ditambah PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa )

Dari materi Kurikulum

Kurikulum 1964 sd 1986 materinya semakin padat dan sarat .

Kurikulum 1994materi mulai di sederhanakan ,pengembanganmateridiserahkan kepada guru .

Kurikulum 1964ada 18 pokok bahasan

Kurikulum 1968 ada 19 pokok bahasan

Kurikulum1975 ada29 pokok bahasan

Kurikulum 1986 ada39 pokok bahasan

Kurikulum 1994 ada 29 pokok bahasan

Dari segi alokasi waktu

Kurikulum1986 dengan kurikulum 1994tidak mengalami perbedan.

Kukurikulum IPS 2006 relatif lebih sedikit yakni 3 jam dalam 1 minggu.

Perbedaan yang esensial terletak pada jumlah pokok bahasan. Kurikulum1986 sarat dan padat materi,sehingga kedalaman materi kurang.

Kurikulum 1994 kedalaman dan keluasandiserahkan kepadaguru selaku pengembang

Penjelasan:

*SEMOGA MEMBANTU*


15. 2. Seiring perkembangan zaman Kurikulum IPS SD di Indonesia semakin lama semakin berkembang dan mempunyai ciri karakteristik tersendiri di setiap kurikulum. Analislah beberapa perbedaan yang terdapat dalam kurikulum IPS SD Tahun 1994 dan Kurikulum IPS SD Tahun 2006 (KTSP)


Berikut ini adalah perbedaan penerapan Kurikulum IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Tahun 1994 dan Tahun 2006 (KTSP).

Kurikulum IPS SD Tahun 1994. Mata pelajaran di kurikulum ini ditata lebih terpadu dan lebih sederhana daripada materi Kurikulum IPS di  sebelumnya seperti Tahun 1986 dan 1975, dimana kurikulum tersebut masih berdiri sendiri-sendiri. Materi Kurikulum 1994 memiliki toleransi antara berbagai disiplin ilmu penunjangnya dan menekakan pada moral. Maka, dari itu pada kurikulum ini PMP berganti menjadi PPKN.Kurikulum IPS SD Tahun 2006 (KTSP). Kurikulum ini memiliki karakteristik tersendiri dalam menganut pokok bahasan, Standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang jauh lebih sederhana dengan jam pelajaran yang relative lebih sedikit. Pada kurikulum ini memberikan kesempatan pada guru untuk berkreasi dalam mengembangkan kurikulum yang mengacu pada pembelajaran IPS yang lebih PAKEM dan Kurikulum 2006 ini lebih simpel dan efektif.

Pembahasan:

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bukan tergolong sebagai disiplin ilmu, melainkan sebagai suatu program pengajaran mata pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial seperti ilmu sejarah, ilmu geografi, ilmu ekonomi, dan ilmu sosiologi.

Tujuan dari membelajaran Ilmu pengetahuan sosial adalah untuk membina perserta didik menjadi warga negara yang baik dalam memiliki pengetahuan, keterampilan dan kepedulian sosial yang sangat berguna bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat dan negara.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Kurikulum di Indonesia dapat disimak di https://brainly.co.id/tugas/3777707

#BelajarBersamBrainly #SPJ4


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Kurikulum Tik Sd"