Bacaan Untuk Anak Sd Kelas 1
bacaan untuk anak sd kelas 1
1. bacaan untuk anak sd kelas 1
jagalh kesehtan karena kesehatan itu adl sebagian dari imanraihlah cita cita mu setinggi langit .
mengejar lah ilmu sampai ke negri china
2. Bacaan untuk soal no 1 dan 2Lina adalah siswa kelas VI SD Harapan .SD tersebut merupakan SD paling unggul. Lina anak yang pandai dan rajin sehingga nilainya Bagus,Ia merupakan anak paling teladan di SD Harapan. Selain mendapat beasiswa, Lina juga menjadi juara kelas dan memenangkan banyak lomba cerdas cermat. Semua karena Lina rajin belajar dan hidup disiplin ia tidak suka menunda Nunda pekerjaan dan selalu mengerjakan tugas tepat waktu. Pertanyaan:1.Sesuai dengan bacaan di atas sebutkan kewajiban Lina sebagai seorang pelajar 2.Sebutkan 3 hal yang terjadi ketika melaksanakan kewajiban di atas!tolong jawab ya
Jawaban:
Kewajiban Lina :Belajar dengan tekun di rumah.Mengerjakan PR yang diberikan di rumah.Tidak menunda Tugas yang telah diberikan.3 Hal yang terjadi setelah melaksanakan kewajiban:Bisa mengatur waktu yang dimiliki.Bisa mendapatkan beasiswa.Bisa beristirahat dengan santai karena tugas telah diselesaikanJawaban:
1.Kewajibananaksebagaipelajar:
a. Belajar dengan sungguh-sungguh.
b. Tidak menunda tugas sekolah atau pr.
c. Mengerjakan tugas dengan tepat waktu.
2.3Halyangterjadiketikamelaksanakankewajiban:
a. Mendapatkan beasiswa.
b. Nilai ujiannya bagus.
c. Menjadi anak yang teladan.
Penjelasan:
Kewajibanadalah sesuatu yang harus dilakukan sebelum mendapatkan hak.
3. 1.Pak Doni sedang mengajarkan siswa kelas 2 SD semester 2 dengan membacakan sebuah cerita anak. Setelah selesai membacakan cerita, Pak Doni meminta siswa untuk menceritakan kembali cerita yang dibacakan dengan menggunakan kalimat sendiri. Apakah aspek-aspek keterampilan yang dikembangkan dari pembelajaran Pak Doni tersebut? Berikan penjelasan dan alasan yang mendukung! Jawab!
Jawaban:
ada 2 aspek kebahasaan yang dikembangkan dalam pembelajaran pak doni, yaitu aspek keterampilan menyimak (mendengarkan) dan aspek keterampilan berbicara.
Penjelasan:
semoga membantu~~
4. ibu Pratiwi mengajar di kelas 1 SD. suatu hari,ibu Pratiwi membacakan sebuah cerita. Anak-anak mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Setelah selesai membacakan cerita tersebut Bu Pratiwi bertanya kepada anak-anak.Bu Pratiwi "siapa anak yang pintar dalam cerita tadi? Anak-anak menjawab serentak, "Dewi". Bu Pratiwi "bagus sekali anak-anak, sekarang coba tulis nama Dewi dibuku masing-masing. semua anak segera menulis. Bu Pratiwi berkeliling mengamati anak-anak menulis. Setelah semua anak kelihatan selesai menulis, Bu Pratiwi meminta seorang anak maju ke depan untuk menuliskan kata Dewi di papan tulis. Bu Pratiwi "siapa yang tulisannya sama dengan yang dipapan tulis? semua anak mengangkat tangan. Bu Pratiwi melanjutkan pertanyaan. Bu Pratiwi "Dewi tinggal dimana anak-anak? yang menjawab angkat tangan" Semua anak mengangkat tangan. Bu Pratiwi menunjuk seorang anak, Tika "di desa Bu". dari jawaban ini, Bu Pratiwi mengajak anak-anak bercerita tentang jenis-jenis tumbuhan yang ada di desa, tentang sawah, tentang penerangan yang digunakan orang-orang di desa, tentang jual beli di pasar desa, dan tentang sungai yang airnya sangat jernih dengan ikan-ikan yang berenang hilir mudik. Cerita itu menjadi menarik karena Bu Pratiwi juga membawa gambar-gambar yang menarik tentang desa yang dipajangnya di papan tulis.pertanyaan:1. Dilihat dari topik-topik yang dicakup dalam pembelajaran diatas, model pembelajaran apa yang diterapkan oleh Bu Pratiwi? Jelaskan secara singkat 3 (tiga) karakteristik model pembelajaran tersebut.2. Apakah model tersebut sesuai untuk anak kelas 1? Dukung jawaban anda dengan 3 (tiga) alasan yang terkait dengan perkembangan anak dan teori
s1 jawaban nya : Berpusat pada siswa (student centered). Pada dasarnya pembelajaran terpadu merupakan suatu sistem pembelajaran yang memberikan keleluasaan kepada siswa baik secara individu maupun secara kelompok. Siswa aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip dari suatu pengetahuan yang harus dikuasainya sesuai dengan tingkat perkembangan mereka.
Menekankan pembentukan pemahaman dan kebermaknaan. Pembelajaran terpadu mengkaji suatu fenomena dari berbagai macam aspek yang membentuk semacam jalinan antarskemata yang dimiliki oleh siswa, sehingga akan berdampak pada kebermaknaan dari materi yang dipelajari siswa. Hasil nyata yang didapat dari segala konsep yang diperoleh dan keterkaitannya dengan konsep-konsep lain yang dipelajari, dan mengakibatkan kegiatan belajar menjadi lebih bermakna. Dengan ini, dapat diharapkan kemampuan siswa untuk menerapkan perolehan belajaranya pada pemecahan masalah-masalah nyata dalam kehidupannya.
Belajar melaui proses pengalaman langsung. Pada pembelajaran terpadu siswa diprogramkan untuk terlibat secara langsung pada konsep dan prinsip yang dipelajari dan memungkinkan siswa belajar dengan melakukan kegiatan secara langsung, sehingga siswa akan memahami hasil belajarnya sesuai dengan fakta dan peristiwa yang mereka alami, bukan sekedar informasi dari gurunya. Guru lebih banyak bertindak sebagai fasilitator yang membimbing ke arah tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan siswa, berperan sebagaipencari fakta dan informasi untuk mengembangkan pengetahuannya
Lebih memperhatikan proses daripada hasil semata. Pada pembelajaran terpadu dikembangkan pendekatan penemuan terbimbing (discovery inquiry) yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran terpadu dilaksanakan dengan mempertimbangkan minat dan kemampuan siswa sehingga memungkinkan siswa untuk terus-menerus termotivasi untuk belajar.
Sarat dengan muatan keterkaitan. Pembelajaran terpadu memusatkan perhatian pada pengamatan dan pengkajian suatu gejala atau peristiwa dari beberapa mata pelajaran sekaligus, tidak dari sudut pandangnya yang terkotak-kotak sehingga memungkinkan siswa untuk memahami suatu fenomena pembelajaran dari segala sisi, yang pada gilirannya nanti akan membuat siswa lebih arif dan bijak dalam menyikapi dan menghadapi kejadian yang ada.
Bersifat fleksibel. Pembelajaran terpadu bersifat luwes (fleksibel), dimana guru dapat mengaitkan bahan ajar dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan mengaitkannya dengan kehidupan siswa dan keadaan lingkungan dimana sekolah dan siswa berada.
2. Sesuai dengan cara belajar anak. Anak yang duduk di kelas awal SD dalah anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa usia dini merupakan masa perkembangan yang sangat penting dan sering disebut periode emas (the golden years). Siswa pada usia seperti anak kelas 1 SD masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan, satu keterpaduan (berpikir holistik) dan memahami hubungan antar konsep secara sederhana. Piaget (1950) menyatakan bahwa setiap anak memiliki struktur kognitif yang disebut schemata, yaitu sistem konsep yang ada dalam pikiran sebagai hasil pemahaman terhadap objek yang ada dalam lingkungannya. Pemahaman tentang objek tersebut berlangsung melalui proses asimilasi (menghubungkan objek dengan konsep yang sudah ada dalam pikirannya) dan proses akomodasi (proses memanfaatkan konsep-konsep dalam pikiran untuk menafsirkan objek). Belajar dimaknai sebagai proses interaksi anak dengan lingkungannya.
Sesuai dengan tahap perkembangan intelektual anak yang berada pada tahap operasi konkret. Anak-anak belajar dari hal-hal konkret, yakni yang dapat dilihat, dapat didengar, dapat diraba, dapat dirasa, dan dapat dibaui. Proses pembelajaran masih bergantung pada objek-objek konkret dan pengalaman yang dialami mereka secara langsung, di mana hal ini sesuai dengan falsafah belajar bermakna (meaningful learning). Pembelajaran terpadu mengakomodasi kebutuhan anak untuk belajar dari hal-hal yang konkret sebagaimana yang telah dilakukan oleh Ibu Pratiwi. Belajar bermakna merupakan suatu proses dikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Kebermaknaan belajar menghasilkan pemahaman yang utuh sehingga konsep yang telah dipelajari akan dipahami dengan baik dan tak mudah dilupakan.
Saat proses belajar melalui pembelajaran terpadu, setiap anak, termasuk anak kelas 1 SD, tidak sekedar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi juga berupa kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang lebih utuh. Ini juga sejalan dengan falsafah konstruktivisme yang menyatakan bahwa anak mengkonstruksi pengetahuannya melalui interaksi dengan objek, fenomena, pengalaman dan lingkungannya. Pengetahuan tidak dapat ditransfer begitu saja dari seorang guru kepada anak.
JADIIN JAWABAN SAYA TERBAIK YA JANGAN LUPA LIKE DAN BINTANG NYA DAN JANGAN LUPA JUGA FOLLOW SAYA TERIMA KASIHH...
5. QUIZ"_"Tina mendapatkan tugas dari guru untuk mengumpulkan data banyak siswa tiap kelas di SD bumi aksara tahun ajaran 2016/2017 dari informasi yang telah didapatkan Tina mencatatnya dalam bentuk data sebagai berikut siswa kelas 1 sebanyak 42 anak siswa kelas 2 sebanyak 40 anak siswa kelas 3 sebanyak 36 anak siswa kelas 4 sebanyak 36 anak siswa kelas 5 banyak 33 anak siswa kelas 6 sebanyak 30 anak dari data tersebut coba jawablah pertanyaan berikut ini 1 kelas manakah yang memiliki siswa paling banyak 12 manakah yang memiliki siswa paling sedikit 3 kelas manakah yang memiliki siswa sama banyak 4 sajikanlah data tersebut dalam bentuk table 5 sajikanlah data tersebut dalam bentuk diagram batangitu ada bacaan nya pliss di jawab besok mau di kumpul yg di jawab no 5 dan 4 ya bang buat gambar kak
maaf kl kepotong, kl ga kebaca bilangin aja
6. bacalah wancana berikut untuk menjawab soal no 13 dan 14 Rafa adalah anak yang berbakti. setiap hari Rafa membantu ibunya berjualan di pasar. hari itu telah ia lakukan sejak ia duduk kelas 3 SD. ia telah berada di pasar sejak pukul 6 pagi. siang harinya, ia izin kepada ibunya untuk kesekolah. hingga pukul 4 sore ia bersekolah. setelah setelah pulang sekolah ia kembali lagi lagi kepasaran untuk membantu ibunya berjualanjumlah paragraf dari wancana di atas adalaha 1b 2c 3d 4
Jawaban:
a. 1 paragraf
Penjelasan:
maaf kalo salah
Jawaban:
A. 1 paragraf
Penjelasan:
Sorry kalo salah :)
7. Bu Endang mengajar di kelas 1 SD Sekarharum yang terletak di ibukota sebuah kecamatan. Suatu hari Bu Endang mengajak anak-anak berbincang-bincang mengenai sayur-sayuran yang banyak dijual di pasar. Anak-anak diminta menyebutkan sayur yang paling disukainya dan menuliskannya di buku masing-masing. Anak-anak kelihatan gembira dan berlomba menyebutkan dan menuliskan sayur yang disukainya. Pada akhir perbincangan Bu Endang meminta seorang anak menuliskan nama sayur yang sudah disebutkan, sedangkan anak-anak lain mencocokkan pekerjaannya dengan tulisan di papan. Setelah selesai anak-anak diminta membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang ditulis di papan tulis. Bu Endang: "Anak-anak, lihat kata-kata ini. Ini nama sayur-sayuran. Baca baik-baik, buat kalimat dengan kata-kata itu ya." Anak-ank menjawab serentak: "Ya, Bu." Kemudian Bu Endang pergi ke mejanya dan memperhatikan apa yang dilakukan anak-anak. Karena tak seorangpun yang mulai bekerja, Bu Endang kelihatan tidak sabar. "Cepat bekerja, dan angkat tangan jika sudah punya kalimat." kata Bu Endang dengan suara keras. Anak-anak kelihatan bingung, namun Bu Endang diam saja dan tetap duduk di kursinya. Perhatian anak-anak menjadi berkurang, bahkan ada yang mulai mengantuk, dan sebagian mulai bermain-main. Mendengar suara gaduh, Bu Endang dengan keras menyuruh anak-anak diam dan menunjuk seorang anak untuk membacakan kalimatnya. Anak yang ditunjuk diam karena tidak punya kalimat yang akan dibacakan. Bu Endang memanggil kembali dengan suara keras agar semua anak membuat kalimat. Pertanyaan Kasus 1. Bandingkan suasana kelas yang diuraikan pada paragraf 1 dan paragraf selanjutnya, ditinjau dari segi guru, murid, dan kegiatan (skor 5). 2. Pendekatan pembelajaran mana yang sebaiknya diterapkan oleh Bu Endang ketika mengajar tentang sayur-sayuran untuk anak-anak kelas 1? Berikan alasan, mengapa pendekatan tersebut yang anda anggap sesuai. (skor 3). 3. Kembangkan topik sayur-sayuran yang akan anda sajikan dengan pendekatan yang anda sebut pada nomor 2 (skor 5)
Jawaban:
kak minjam poinnya bentar nanti aku kembalikan
8. Ayo Membaca3.7 dan 4.7 Bahasa IndonesiaBacalah teks berikut!Anak-Anak Peduli LingkunganKesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejakusia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadarantersebut. Semangat inilah yang mendasari Sekolah Dasar (SD) Avicenna Jagakarsa, bekerjasama dengan Medco Foundation, mengadakan kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan”.Bagi SD Avicenna Jagakarsa, kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan" merupakanbagian dari pelaksanaan misi sekolah tersebut. Guna membentuk makhluk sosial yangpeduli terhadap kebangsaan dan pelestarian lingkungan. Demikian juga bagi MedcoFoundation. Organisasi sosial ini mempunyai misi dan kegiatan-kegiatan di bidanglingkungan untuk masyarakat.Salah satu bagian dalam kegiatan "Avicenna Peduli Lingkungan" adalah pengenalandan pengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim Green Pots MedcoFoundation dan para guru SD Avicenna melatih para siswa untuk mengenal berbagaimedia tanam, metode menanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot,perawatan tanaman, pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswayang mengikuti kegiatan ini dibekali dengan buku Lembar Kerja Siswa untuk mencatat danmemonitor perkembangan tanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Merekamerupakan siswa kelas 4 dan kelas 5 SD Avicenna Jagakarsa. Siswa kelas 4 menanamtanaman sawi. Sementara untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot denganmetode hidroponik. Rangkaian kegiatan "Avicenna Peduli Lingkungan" yang dimulai sejak30 Oktober 2014 ini dipamerkan kepada para orang tua murid dalam acara "Workshop SDAvicennba Jagakarsa", 13 Desember 2014 lalu. Berbagai dokumentasi tentang kegiatanpara siswa dalam "Avicenna Peduli Lingkungan" disajikan. Anak-anak juga saling unjukkreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkungan. Para siswa dan gurupembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melalui lembaranAyo Berlatih3.7 dan 4.7 Bahasa IndonesiaBacalah kembali bacaan tersebut dengan saksama! Kemudian, jawablah pertanyaanberikut ini!1. Apa judul teks bacaan di atas?Jawab:2. Sebutkan kata kunci dalam teks bacaan di atas!Jawab:3. Apa saja informasi yang kamu peroleh dari teks bacaan?Jawab:4. Tuliskan rangkuman bacaan berdasarkan informasi yang kamu dapatkan!Jawab:
Jawaban:
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Penjajahan merupakan peristiwa yang menyedihkan karena rakyat yang dijajah mengalami ….
a. Pendidikan
b. Penindasan
c. Petualangan
d. Perjuangan
2. Dahulu banyak bangsa Eropa yang ingin menguasai Indonesia, antara lain dikarenakan ….
a. Indonesia mempunyai laut yang luas
b. Indonesia memiliki banyak harta karun di laut
c. Indonesia memiliki teknologi yang maju
d. Indonesia kaya akan rempah-rempah
3. Bangsa-bangsa di bawah ini pernah menjajah Indonesia, kecuali ….
a. Portugis
b. Belanda
c. Perancis
d. Jepang
4. Kedatangan bangsa-bangsa eropa ke Indonesia pada awalnya untuk ….
a. Berdagang
b. Penelitian
c. Mengabdi
d. Mencari kerja
5. Bangsa Belanda datang ke Indonesia pada tahun 1596 yang mendarat di Banten dipimpin oleh ….
a. Cornelis de Houtman
b. Vasso Da Gama
c. Pieter Both
d. Jan Pieterszoon
6. Daerah Maluku menjadi daya tarik bangsa Portugis untuk dikuasai, karena daerah tersebut merupakan penghasil ….
a. Tebu dan kopi
b. Emas dan perak
c. Cendana dan Jati
d. Cengkih dan Pala
7. Latar belakang bangsa-bangsa eropa ke Indonesia memiliki semboyan 3G, yaitu ….
a. God, Globe, Glory
b. Gold, Gospel, Glory
c. God, Gospel, Glory
d. God, Gold, Gospel
8. Penjajahan harus dihapuskan di dunia karena ….
a. Menyengsarakan rakyat
b. Membuat banyak negara baru
c. Menimbulkan budaya modern
d. Membuat negara yang dijajah cepat kaya
9. Benda-benda di bumi ini digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan sifatnya yaitu ….
a. Padat, angin dan panas
b. Padat, cair dan gas
c. Cair, beku dan uap
d. Padat, uap dan air
10. Benda yang memiliki sifat tidak mudah berubah bentuk jika dipindahkan adalah benda ….
a. Padat
b. Cair
c. Panas
d. Uap
11. Benda cair akan memiliki bentuk sesuai dengan ….
a. Warnanya
b. Rasanya
c. Wadahnya
d. Volumenya
12. Benda cair bisa merambat melalui serat-serat halus seperti pada benda yang berbahan ….
a. Besi
b. Emas
c. Kain
d. Kaca
13. Di bawah ini yang termasuk benda gas adalah ….
a. Oksigen
b. Detergen
c. Agar-agar
d. Bensin
14. Balon yang ditiup akan mengembang lebih besar, hal ini menandakan bahwa benda gas ….
a. Tidak dapat berubah bentuk
b. Hanya bisa berada dalam balon
c. Dapat menempati ruang
d. Bertambah banyak jika ditiup
15. Sistem tanam paksa yang diberlakukan Belanda pada rakyat Indonesia dinamakan ….
a. Rodi
b. Romusa
c. Land-Rente
d. Cultuurstelsel
16. Pemerintahan kolonial Inggris mengangkat Thomas Stamford Rafles sebagai Letnan Gubernur di Indonesia, kedmuan ia membuat kebijakan bahwa setiap tanah adalah milik negara. Sehingga setiap rakyat diharuskan untuk ….
a. Menjual sawahnya
b. Membayar pajak
c. Bercocok tanam
d. Membeli tanah
17. Berikut ini yang merupakan peristiwa membeku adalah ….
a. Perubahan kapur barus yang lama-lama menghilang
b. Air yang menguap karena dipanaskan
c. Air yang menjadi es di dalam kulkas
d. Mentega yang meleleh di atas wajan
18. Proses perubahan benda cair menjadi gas dinamakan ….
a. Menyublim
b. Menguap
c. Membeku
d. Mengembun
19. Santi mempunyai es krim, ia lupa meletakkannya di atas meja. Setelah berapa lama es krim tersebut sudah lumer dan meleleh. Hal ini termasuk peristiwa ….
a. Membeku
b. Menyublim
c. Mencair
d. Menguap
20. Salah satu tokoh Belanda yang menentang adanya tanam paksa adalah ….
a. Van Den Bosch
b. Herman W. Daendels
c. Douwes Dekker
d. Jan Pieterszoon
21. Sultan Ali Mughayat Syah adalah salah satu tokoh yang berhasil membebaskan rakyat dari usaha penguasaan bangsa Portugis di daerah ….
a. Banten
b. Cirebon
c. Tidore
d. Aceh
22. Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional, pemilihan tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya sebuah organisasi di awal pergerakan nasional yaitu organisasi ….
a. Perhimpunan Indonesia
b. Sarekat Islam
c. Indische Partij
d. Budi Utomo
23. Hal-hal berikut ini merupakan faktor internal adanya pergerakan nasional yang dilakukan rakyat Indonesia, kecuali ….
a. Kemenangan Jepang atas Rusia
b. Lahirnya golongan pelajar
c. Kesengsaraan rakyat yang berkepanjangan
d. Sejarah gemilang di masa lampau
24. Peristiwa sumpah pemuda terjadi pada tanggal ….
a. 27 Nopember 1908
b. 20 Mei 1908
c. 28 Oktober 1928
d. 17 Agustus 1945
25. Di bawah ini yang bukan merupakan isi dari sumpah pemuda adalah ….
a. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
b. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bernegara yang sama, negara Indonesia
c. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui berbangsa satu, bangsa Indonesia
d. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Bangsa Eropa pertama yang menjajah Indonesia adalah ….
9. ANAK-ANAK PEDULI LINGKUNGANKesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejakusia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadarantersebut. Semangat inilah yang mendasari Sekolah Dasar (SD) Avicenna Jagakarsa, bekerjasama dengan Medco Foundation, mengadakan kegiatan Avicenna Peduli Lingkungan.Salah satu bagian dalam kegiatan Avicenna Peduli Lingkungan adalah pengenalan danpengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim Green Pots Medco Foundationdan para guru SD Avicenna melatih para siswa untuk mengenal berbagai media tanam, metodemenanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot, perawatan tanaman,pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswa yang mengikuti kegiatanini dibekali dengan buku Lembar Kerja Siswa untuk mencatat dan memonitor perkembangantanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Mereka merupakansiswa kelas 4 dan kelas 5 SD Avicenna Jagakarsa. Siswa kelas 4 menanam tanaman sawi,sedangkan untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot dengan metode hidroponik.Berbagai dokumentasi tentang kegiatan para siswa dalam Avicenna Peduli Lingkungan disajikan.Anak-anak juga saling unjuk kreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkungan. Parasiswa dan guru pembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melaluilembaran testimoni yang disediakan.1.apa saja informasi yang kamu peroleh dari teks bacaan di atas? 2.tuliskan rangkuman bacaan berdasarkan informasi yang kamu dapatkan!
Jawaban:
1.Kesadaran untuk menjaga kelesatarian perlu di mulai sejak masih masa anak anak.
2.Keaadaran untuk menjaga kelestarian perlu dibagikan kepada anak anak sejak usia dini.
Penjelasan:
Semoga membantu♥~
10. Perhatikan teks percakapan berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 1 dan 2!soal-soal berikut dengan benar dan tedemi terciptanya lingkungan bersih dan nyaman, pada hari sabtu anak-anak sdpelita jaya membersihkan ruang kelas mereka. hari senin besok sekolah mereka akankedatangan tamu tim juri lomba kebersihan sekolah tingkat kota. mereka sangatantusias menyambut lomba tersebut. bel sekolah berbunyi di pagi hari, hampir semuamurid sudah hadir di sekolah.1. kalimat utama teks bacaan di atas adalah?jawab:2.kalimat penjelas pada teks percakapan di atas adalahjawab:3. apa yang dilakukan anak-anak sd pelita untuk menciptakan lingkungan bersih dannyaman?jawab:tolong jawab dong sekarang ini mau dikumpul sekarang juga nih tolong jawab
1. Kalimat utama teks bacaan di atas adalah?
Demi terciptanya lingkungan bersih dan nyaman, pada hari sabtu anak-anak SD Pelita Jaya membersihkan ruang kelas mereka.2. Kalimat penjelas pada teks percakapan di atas adalah
Hari senin besok sekolah mereka akan kedatangan tamu tim juri lomba kebersihan sekolah tingkat kota.Mereka sangat antusias menyambut lomba tersebut.Bel sekolah berbunyi di pagi hari, hampir semua murid sudah hadir di sekolah.3. Apa yang dilakukan anak-anak SD Pelita Jaya untuk menciptakan lingkungan bersih dan nyaman?
Mereka membersihkan ruang kelas mereka masing-masing.Pembahasan
Kalimat utama dalam sebuah bacaan yaitu merupakan sebuah kalimat yang umumnya berisi gagasan utama di dalam sebuah bacaan yang tentunya akan membutuhkan kalimat penjelas untuk memaparkan isi paragraf dengan lebih secara detail.
Kalimat penjelas adalah kalimat yang digunakan untuk menjelaskan isi dan maksud dari gagasan pikiran yang dimiliki oleh seorang penulis agar tulisannya dapat dengan mudah dimengerti secara keseluruhan dan jelas oleh pembacanya.
Dari bacaan di atas kita bisa mengetahui bahwa kalimat pertama merupakan sebuah kalimat utama dalam paragraf yang berisi gagasan utama dan hal yang bersifat umum. Sedangkan kalimat yang kedua dan ketiga berfungsi sebagai kalimat penjelas yang membantu penulis untuk menjelaskan apa isi dari bahasan paragraf pada pembaca.
Pelajari lebih lanjut
Penjelasan kalimat utama
https://brainly.co.id/tugas/2978762
Penjelasan kalimat penjelas
https://brainly.co.id/tugas/84696
#BelajarBersamaBrainly
11. KodeSOALBacalah kasus benkut ini :Bu Rita sadah lima tahun mengajar di Kelas 1 SD. Pada awal tahun ini,Bu Rita mencoba mengelompokkan anak yang sudah dapat membaca, yang belumdapat membaca tetapi sudah mengenal huruf, dan anak yang sama sekali belummengenal huruf. Pengelompokkan ini dilakukan berdasarkan informasi dari orangtua. Hasil pengelompoklan tersebut menunjukan bahwa dari 25 orang anak, tiga orangsudah dapat membaca, 15 orang belum dapat membaca, tetapi sudah mengenal huruf,dan sisanya 7 orang sama sekali belum mengenal huruf. Setelah mengetahui perbedaankemampuan anak tersebut. Bu Rita sebenarnya memberikan perlakuan yang berbedakepada setiap kelompok, namun ia mendapat kesulitan karena masalah waktu yangterbatas. Oleh karena itu, ia mengajar seperti biasa, seolah-olah kemampuan semuaanak sama. Ketika mulai mengajarkan membaca dan menulis permulaan (MMP), BuRita menemui masalah. Pada waktu mula membaca gambar, kelompok anak yangsudah dapat membaca malah tidak ikut membaca, ada yang bermain, ada yangmenggambar, bahkan ada yang membaca buku yang dibawanya. Kelompok yangsungguh-sungguh mengikuti langkah membaca gambar adalah kelompok yang samasekali belum mengenal huruf. Ketika giliran membaca gambar diberikan kepadakelompok yang sudah mengenal huruf, mereka langsung menunjuk ke kartu kata dibawah gambar dan menyebutkan nama huruf pada kartu itu, sedangkan ketikakelompok yang sudah dapat membaca diberi giliran membaca gambar, dua diantaraanak-anak tersebut mengucapkan kata-kata yang tidak terkait dengan gambar, duadiantara anak-anak tersebut mengucapkan kata-kata yang tidak terkait dengan gambar.Bu kita menjadi bingung. Ia memerlukan bantuan untuk mengatasi masalah tersebut.Pertanyaan :a. Identifikasi fakta/informasi yang terkait dengan masalah ini. Tentukan minimallima informasi yang terkait dengan karakteristik/kemampuan anak dan prosespembelajaran MMP yang sedang merisaukan Bu Ritab.Berdasarkan kelima informasi tersebut, rumuskan masalah utama yang dihadapioleh Bu Rita.c. Untuk membantu Bu Rita, susunlah sebuah rencana singkat tindakan kelas (PTK)agar ketiga kelompok siswa dengan kemampuan awal yang berbeda tersebut dapatbelajar bersama-sama. Rencana tersebut minimal mengandung kelompok : (1)masalah, (2) cara pemecahan masalah beserta alasan memilih cara tersebut yangmengacu kepada landasan teori, serta (3) rencana tindakan yang rinci danoperasional
SOAL BAGIAN A
Berikut 5 lebih fakta atau informasi yang didapatkan dari bacaan di atas:
Bu Rita mengakar MMP pada murid kelas 1 Sekolah Dasar.Informasi dan data yang didapatkan Bu Rita kurang akan anak didik yang ia hadapi.Bu Rita belum bisa menguasai kelas dengan baik.Waktu proses belajar Bu Rita terbatas.Total anak 25 dan 3 anak dapat membaca, 15 anak belum dapat membaca namun mengenal huruf, 7 anak tak bisa membaca dan tak mengenal huruf.Bu Rita mengajarkan muridnya dengan beranggapan semua kemampuannya sama.Bu Rita tak menggunakan media pembelajarannya yang disiapkan secara maksimal.Bu Rita tidak menjelaskan bacaan gambarnya pada anak didiknya secara maksimal.Pada waktu mulai membaca gambar, kelompok anak yang sudah dapat membaca malah tidak ikut membaca.Kelompok yang sungguh-sungguh mengikuti kegiatan membaca gambar adalah yang belum mengenal huruf dan belum bisa membaca.Ketika kelompok yang sudah dapat membaca diberi giliran membaca gambar, dua di antara anak ini mengucapkan kata-kata yang tak terkait dengan gambar.SOAL BAGIAN B
Rumusan masalah utama yang dihadapi Bu Rita adalah:
Mengapa Bu Rita mengajarkan muridnya dengan cara yang sama?Bagaimana cara Bu Rita agar dapat menguasai dan mengelola kelas dengan baik?Strategi atau media apa yang tepat digunakan Bu Rita dalam proses pembelajaran di kelas dengan masalah perbedaan kemampuan membaca dengan waktu yang terbatas?SOAL BAGIAN C
RENCANA PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR KELAS 1 SD
Kegiatan Awal
Kegiatan dibuka dengan salam.Apersepsi: mengajukan pertanyaan, mengaitkan materi dengan pelajaran sebelumnya, atau dengan pengalaman siswa sehari-hari.Menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan.Kegiatan Inti
Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok yang heterogen di mana dalam 1 kelompok terdiri atas 1 anak yang sudah dapat membaca, 3 anak yang sudah mengenal huruf dan 1 anak yang belum mengenal huruf.Guru mengajak anak-anak menyanyikan lagu ‘A, B, C, D’.Guru memperlihatkan media yang akan ia gunakan yakni kartu bergambar pada anak-anak. Anak bersama-sama diminta menyebutkan satu per satu nama gambar yang ada di kartu lalu guru menempelkan gambar di papan tulis. Guru memilih gambar dengan nama benda yang sederhana terlebih dahulu seperti baju, topi, apel.Guru memberi kartu kata berbeda pada setiap kelompok siswa di mana kelompok yang sudah mendapatkan kartu diminta mencoba membaca kata yang ada.Guru meminta setiap kelompok maju ke depan kelas dan membaca kata pada kartu yang kelompoknya terima.Secara bergiliran, setiap anggota kelompok membaca kata tersebut dengan mula-mula menyebutkan satu per satu hurufnya kemudian dibaca dua huruf lalu dibaca sebagai satu kata.Setelah semua anggota kelompok selesai membaca, kata tersebut ditempelkan pada gambar yang sesuai di papan tulis dan dilanjutkan dengan kelompok berikutnya.Kelompok yang menunggu giliran maju ke depan kelas diberi tugas lain yakni menjodohkan gambar sesuai kata yang tersedia.Kegiatan Penutup
Siswa memberikan teks tertulis dan membahas hasil tes dan memberikan umpan balik.Siswa dan guru melakukan aktivita stanya jawab bersama dan menyimpulkan materi yang dibahas.Kegiatan belajar mengajar ditutup dengan salam.PembahasanSoal di atas tidak ditujukan bagi siswa melainkan untuk mahasiswa. Soal ini berkaitan dengan mata kuliah TAP atau Tugas Akhir Program untuk mahasiswa keguruan (PGRI) di Universitas Terbuka. Salah satu instruksi soal untuk menuliskan PTK atau Penelitian Tindakan Kelas yang terlalu kompleks untuk dijawab. PTK sendiri secara singkat bisa diartikan sebagai penelitian yang dilaksanakan guru pada kelas-kelas tempat ia mengajar lewat refleksi diri yang bertujuan memperbaiki kinerja dalam proses belajar-mengajar sehingga kemampuan siswa dalam memahami materi meningkat.
Pelajari Lebih LanjutMateri tentang pertanyaan tentang strategi dalam pendidikan https://brainly.co.id/tugas/34229661Materi tentang Apa usulan kegiatan di sekolah agar siswa semakin senang dan semangat dalam belajar https://brainly.co.id/tugas/38334582Materi tentang 10 hak dan kewajiban siswa https://brainly.co.id/tugas/8004861• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •
Detail JawabanKelas : SMA
Mapel : Bukan Mata Pelajaran
Bab : -
Kode : -
#AyoBelajar
#SPJ2
12. A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!1. Bacalah kutipan berita berikut!Kompas.com - Seperti teman-temannya sebayanya Muhammad Bilal yang kini duduk di kelas 3 SD SekolahCikal Serpong juga senang bermain game. Namun, ada satu hobi yang begitu disukainya, yang nyatanyabelum tentu diminati oleh anak-anak lain, yaitu bermain wayang kulit. Saking senang bermain wayang, Bilalkini dikenal sebagai Dalang Cilik dan sering kali diundang untuk pentas wayangBuatlah kalimat tanggapan berdasarkan isi teks berita tersebut!
gak jelasssssssssssss
13. Ibu Anik mengajar di kelas 1 SD. Suatu hari, Ibu Anik membacakan sebuah cerita. Anak-anak mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Setelah selesai membacakan cerita tersebut, Bu Anik bertanya kepada anak-anak. Bu Anik: "Siapa nama anak yang pintar dalam cerita tadi?" Anak-anak menjawab serentak: "Dewi". Bu Anik: " Bagus sekali anak-anak, sekarang coba tulis nama Dewi di buku masing-masing". Semua anak segera menulis. Bu Anik berkeliling mengamati anak-anak menulis. Setelah semua anak kelihatan selesai menulis, Bu Anik meminta seorang anak maju ke depan untuk menuliskan kata dewi di papan tulis. Bu Anik: "Siapa yang tulisannya sama dengan yang di papan tulis?" Semua anak mengangkat tangan. Bu Anik melanjutkan pertanyaan. Bu Anik: "Dewi tinggal di mana anak-anak? Yang menjawab, angkat tangan" Semua anak mengangkat tangan. Bu Dewi menunjuk seorang anak. Tika: "Di desa, Bu". Dari jawaban ini, Bu Anik mengajak a
Jawaban:
jalan jalan ke desa bersama
14. Bacalah Cerita ini dengan seksama!Olga adalah anak perempuan yang cantik. Tubuhnya sehat Dan saat ini dia duduk di kelas 2 SD. Olga lebih suka diam Dan menyendiri. ia jarang terlihat tertawa atau bermain dengan teman temannya. Olga memang anak yang baik, tetapi Olga belum dapat menulis atau membaca seperti anak anak lainnya. itulah sebabnya Olga malu kepada teman temannya.Jawablah pertanyaan ini dengan tepat!1. Menurut pendapatmu, mengapa Olga belum dapat membaca dan menulis seperti teman temannya?2. Menurut pendapatmu, apa yang harus dilakukan oleh papa Dan mamanya agar Olga dapat berkembang seperti anak anak lainnya?3. Selain papa Dan mama, siapakah yang dapat membantu perkembangan Olga agar ia dapat membaca dan menulis?4. Jalan keluar apa yang kamu tawarkan untuk mengatasi permasalahan ini?tolong bantu kak pointnya banyak
Jawaban:
1. Olga kurang giat belajar
2. mendukung dan mengajarkan Olga membaca dan menulis
3. teman dan orang yang ada di sekitar Olga
4. sebaiknya Olga harus selalu giat belajar dan tidak boleh selalu diam dan menyendiri
15. B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!1. Dafa adalah anak semata wayang Ibu dan Ayahnya. Arti unkapan dari anaksemata wayang adalah ....2. Lawan kata dari ungkapan besar hati adalah ....3. Hari ini Nisa mendapatkan tugas membaca puisi ke depan kelas, karenaia merasa demam panggung, akhirnya ia latihan membaca puisi terlebihdahulu. Arti ungkapan demam paggung adalah ....4. Karena sedang membicarakan obrolan yang penting, ayah dan ibu Bagasberbicara hanya empat mata saja. Arti ungkapan empat mata adalah ....5. Para koruptor itu dihukum dengan hukum rimba. Arti hukum rimba adalah ....ATema 1. Hidun Rukun untuk Siswa SD/MI Kelas II
Jawaban:
1.Anak tunggal
Penjelasan:
karena tidak mempunyai adik atau kakak
Jawaban:
1. arti dari kata semata wayang adalah anak satu-
satunya.
2. rendah hati/kecil hati.
3. gugup dan percaya diri saat mau menampil.
4.berbicara dengan 1 orang saja, jadi mata kamu ada dua kan trus si lawan bicaramu punya mata dua juga kan,yaudah namanya bicara empat mata
5. siapa yang kuat dia menang.
Penjelasan:
maaf kalau salah
terimakasih
Posting Komentar untuk "Bacaan Untuk Anak Sd Kelas 1"